15 Situs Terbaik untuk Belajar IELTS Online

Belajar IELTS online nampaknya menjadi pilihan terbaik di era teknologi saat ini. Di bawah ini adalah daftar 15 situs terbaik yang bisa membantumu menaklukan ujian IELTS!

Integrasi antara teknologi dan globalisasi tak dapat dipungkiri membuka banyak peluang bagi banyak orang untuk berkembang. Bukan hanya dalam bentuk perangkat elektronik yang memudahkan aktivitas keseharian, melainkan juga menyediakan cara efektif untuk belajar. Salah satunya dalam mempelajari IELTS, yang kini bisa dilakukan melalui situs belajar IELTS online.

Apakah kamu sudah tahu situs mana yang harus dipilih? Kamu akan segera mendapatkan jawabannya!

List buku Novel yang dapat membantu kamu meningkatkan skill reading dan writing IELTS 

5 alasan untuk berlatih dan belajar IELTS secara online

Sebelum mencari tahu situs online mana yang terbaik, sebaiknya ketahui dulu alasan mengapa kamu sebaiknya memilih belajar IELTS secara online!

  • Hemat waktu dan biaya perjalanan, kamu tidak perlu pergi ke tempat kursus dengan jadwal tetap, dan bisa belajar sesuai dengan rencanamu sendiri
  • Hemat biaya untuk kursus karena situs tersebut telah menyediakan bahan dan materi yang diperlukan bagi kamu untuk berlatih secara efektif
  • Banyak situs online asing yang memiliki program persiapan ujian berkualitas sesuai standar internasional, sehingga bisa membantumu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang masih kurang
  • Dengan belajar IELTS secara online, kamu yang punya kesibukan lain bisa memanfaatkan waktu luang, tanpa terbatas oleh jadwa yang pasti
  • Dapat mengikuti tes IELTS dengan judul terbaru yang tak tersedia di negaramu, dan belajar dari mereka yang telah berhasil mencapai skor yang diinginkan dengan metode belajar online

article 4.1Belajar IELTS secara online memberi Anda banyak keuntungan yang tidak terduga (Sumber: Rawpixel)

Situs terbaik untuk belajar IELTS secara online

  1. IELTS For Free

Website: http://ieltsforfree.com/

IELTS For Free merupakan situs persiapan IELTS gratis yang sangat populer. Konten pada situs ini sangat beragam. Banyak materi IELTS yang berguna, seperti tes komprehensif untuk keempat keterampilan. Terdapat kursus yang disediakan dalam bentuk video. Visualisasi dalam video bisa membuatmu mempelajari materi dengan lebih mudah. Kamu juga bisa menjawab pertanyaan dari komunitas persiapan IELTS di situs tersebut.

  1. IELTS Simon

Website: http://ielts-simon.com/

Simon adalah guru IELTS yang terkenal, dan penguji IELTS yang sudah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun. Simon akan memberikanmu latihan, ringkasan e-book, atau pertanyaan sekaligus jawaban dari ujian-ujian IELTS beberapa tahun terakhir. Konten di dalam situs ini selalu di-update secara berkala, dengan berbagai pengetahuan, dan tips-tips yang sangat berguna dan mudah dimengerti.

IELTS Simon menarik pembaca karena ia memiliki cara untuk mengimplementasikan keterampilan penulisan dengan ringkas dan efektif, sangat ideal bagi mereka yang mau mendapatkan skor IELTS 7.0 ke atas.  

article 4.2Tampilan situs IELTS Simon (Sumber: ielts-simon)

  1. IELTS Mentor

Website: http://www.ielts-mentor.com/

IELTS Mentor dirancang sedemikian rupa untuk kedua modul IELTS: modul akademik (bagi yang mau mendaftar di perguruan tinggi), dan modul umum (bagi yang mau bekerja). Situs ini juga menyediakan banyak template untuk setiap keterampilan IELTS, disertai dengan tips yang efektif. Salah satu keterampilan yang difokuskan pada situs IELTS Mentor adalah Menulis. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan kemampuan menulismu, mulai dari mencari topik, hingga mengasah kreativitas tanpa batas.

  1. IELTS Exam

Website: https://www.ielts-exam.net/

Jika kamu mau merasakan ujian IELTS yang sebenarnya dan menguji keterampilan bahasa Inggris-m, maka IELTS Exam adalah situs yang tepat untukmu! Interface atau antarmuka situs ini dirancang dengan sederhana dan mudah dilihat. Kontennya pun tak kalah menarik. Terdapat banyak referensi ujian, sehingga kamu bisa berlatih meningkatkan kosakata, dan secara komprehensif meningkatkan keempat keterampilan. Kamu juga bisa mengunduh ujian dalam format PDF, sehingga kamu bisa lebih nyaman untuk dijadikan simulasi tes.

article 4.3Tampilan situs IELTS Exam (Source: ielts-exam)

  1. Using English

Website: https://www.usingenglish.com/

Dalam situs ini, kamu akan diuji secara online untuk meningkatkan keempat keterampilan yang akan diujikan pada tes IELTS. Using English lebih terfokus pada keterampilan Menulis. Kamu diberi kesempatan untuk berlatih menulis, dan akan menerima umpan balik tentang kesalahan ekspresi dan kosakata. Cara ini bisa membuatmu mampu menilai kemampuan dengan cepat.

  1. IELTS-Blog

Website: https://www.ielts-blog.com/

IELTS-Blog adalah situs “klasik” yang mendukung calon peserta ujian dari seluruh dunia untuk berlatih IELTS secara gratis. Yang membuat situs ini menarik adalah kamu bisa menemukan contoh artikel, melihat perbedaannya, lalu mempelajari rahasia dari para penerima skor tinggi.

  1. IELTS Material

Website: https://ieltsmaterial.com/

Situs persiapan IELTS online ini merangkum tips-tips pembelajaran yang paling berguna, bahan ujian yang diperbarui secara berkala, beserta contoh jawaban, dan tips dari para master IELTS. Keuntungan dari belajar IELTS online melalui situs ini adalah setiap item dijelaskan dengan mudah. Kamu pun bisa memilih dan mengikuti rute pembelajaran.

article 4.4Tampilan situs IELTS Material (Source: ieltsmaterial)

  1. DC IELTS

Website: http://www.dcielts.com/

Jika kamu mencari situs persiapan IELTS online yang berisi banyak tips atau modul untuk keempat keterampilan, pilih DC IELTS. Situs ini dirancang secara ilmiah dengan pengetahuan yang diperbarui secara berkala dan sangat bermanfaat.

  1. IELTS Essentials

Website: https://www.ieltsessentials.com/

Situs yang bermanfaat ini menggabungkan materi-materi persiapan IELTS, mulai dari contoh tes, tips-tips belajar, hingga referensi buku untuk berlatih. Secara khusus, IELTS Essentials memiliki materi yang telah disesuaikan dengan tujuan pelatihan peserta: modul akademik, atau modul pelatihan umum.

  1. IELTS.org

Website: https://www.ielts.org/

Untuk membantu peserta berlatih IELTS dari dasar hingga tingkat lanjutan, dengan cara yang masuk akal, IELTS.org telah menawarkan program untuk belajar IELTS secara mandiri dari rumah. Program ini melatih keempat keterampilan: Mendengarkan – Berbicara – Membaca – Menulis, serta memberikan tips rahasia sehingga kamu bisa belajar secara efektif.

article 4.5Tampilan situs IELTS.org (Source: ielts.org)

  1. IELTS buddy

Website: https://www.ieltsbuddy.com/

IELTS buddy adalah salah satu situs persiapan ujian yang terkenal. Kamu akan mendapatkan pelajaran untuk pemula hingga level tinggi sekalipun, seperti 7.0 atau 8.0. Yang kamu butuhkan untuk meningkatkan skor IELTS adalah tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, dan ini adalah situs web yang membantumu mencapai hasil tinggi.

  1. Goodluck IELTS

Website: http://www.goodluckielts.com/

Goodluck IELTS merupakan situs yang menyediakan informasi dan materi pembelajaran untuk seluruh keterampilan tes IELTS. Namun, situs ini lebih terfokus pada keterampilan berbicara. Terdapat banyak contoh topik dan pidato untuk meningkatkan kemampuan berbicaramu. Keterampilan ini memang kerap menjadi hambatan bagi peserta yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, bukan bahasa utama.

  1. Fetsystem

Website: http://www.fetsystem.com/

Fetsystem adalah situs bahasa Inggris yang memberikan peserta pengetahuan yang diperlukan, sehingga kamu bisa meningkatkan level bahasa Inggris-mu untuk menaklukan berbagai tes seperti IELTS maupun TOEIC dengan skor tinggi. Pelajaran diberikan melalui tutorial video dengan sangat rinci dan spesifik, sehingga peserta bisa mudah mengikuti dan mendapatkan pengetahuan yang berguna.

  1. English Ryan

Website: http://englishryan.com/

English Ryan telah berdiri sejak lama dan dikenal memiliki konten yang khusus persiapan IELTS. Meskipun beberapa materi dalam situs ini berbayar, secara umum, situs ini memberikan banyak konten bermanfaat yang berkaitan dengan keterampilan Mendengarkan dan Menulis, dua keterampilan yang dikenal cukup sulit pada tes IELTS.

article 4.6Tampilan situs English Ryan (Source: englishryan)

  1. IELTS Master

Website: https://www.ielts-master.com/

Terakhir yang tak kalah bagus adalah IELTS Master, yang menyediakan kursus online IELTS jangka pendek, dirancang langsung oleh Macquarie University of Australia. Situs ini memberikanmu tips serta materi lengkap untuk simulasi ujian IELTS yang sebenarnya, untuk dipraktikkan selama 90 hari. Latihan dirancang untuk 4 keterampilan. Kamu bisa fokus pada keterampilanmu yang paling lemah terlebih dahulu.

15 situs belajar IELTS online di atas bisa membantumu mempersingkat proses persiapan IELTS dengan cepat. Namun, mengingat ini adalah situs web asing, sebagian besar pengetahuan dan instruksi sepenuhnya dalam bahasa Inggris. Tentunya kamu memerlukan dasar bahasa Inggris yang kuat untuk dapat menyerap materi dalam sejumlah situs tersebut secara efektif.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: