3 Rekomendasi Tes IELTS Resmi di Jakarta

IELTS merupakan sertifikasi berskala internasional yang berfungsi untuk mengevaluasi kemampuan berbahasa Inggris dari penutur asli bahasa lain. Umumnya, mereka yang mengambil sertifikasi IELTS mau melanjutkan studi atau bekerja di negara berbahasa Inggris. 

Kenapa IELTS dibandingkan sertifikasi bahasa Inggris lainnya?

Dibandingkan dengan sertifikasi bahasa Inggris lainnya, IELTS bisa dibilang lebih diterima secara global. Terbukti, pada tahun 2017, IELTS tercatat memiliki lebih dari 2,9 juta peserta tes di seluruh dunia. Tes bahasa Inggris IELTS menjadi tolok ukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang oleh lebih dari 10.000 organisasi di 140 negara. Baik itu untuk sekolah, universitas, lembaga profesional, dan otoritas imigrasi. Selain memiliki reputasi internasional yang baik, IELTS juga dikenal hingga seluruh dunia lantaran kriterianya tinggi. Maka dari itu, ketika kamu sudah mencapai skor tinggi pada tes IELTS, kemampuan bahasa Inggris-mu dijamin tak akan diragukan lagi.

4 keahlian yang diujikan pada tes IELTS

IELTS menguji empat keahlian dalam berbahasa Inggris yaitu membaca (reading), mendengar (listening), menulis (writing) dan berbicara (speaking) yang terbagi menjadi empat section atau bagian. Dari keempat section (reading, listening, writing, speaking) dihitung skor rata-rata yang akan menjadi skor keseluruhan. Umumnya kamu dianggap berkompetensi baik jika memperoleh skor 5.5 hingga 7, meskipun tiap institusi memiliki standar yang berbeda-beda.  

Berencana untuk mengambil sertifikasi IELTS? Ketahui dulu 3 rekomendasi tempat tes IELTS di Jakarta

Sebaiknya kamu ketahui dulu standar yang ditetapkan oleh institusi yang kamu targetkan. Setelah itu, latih dirimu agar mendapatkan skor terbaik pada tes IELTS nanti. Nah, bicara soal tes bahasa Inggris IELTS, tentu tak terlepas dari daftar lembaga resmi yang menyediakan tes untuk mendapatkan sertifikat bahasa Inggris IELTS. Ada 3 lembaga resmi untuk melakukan tes IELTS di Jakarta. 

  1. British Council

Lembaga ini sudah terjamin untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris dalam IELTS. British Council sendiri memang ditunjuk langsung oleh ETS (lembaga resmi yang mengurus IELTS dari Amerika Serikat). Secara biaya, per November 2019, British Council sendiri mematok biaya Rp2.900.000 untuk tes IELTS General dan Academic Training. Sedangkan untuk UKVI sebesar Rp3.780.000, dan Life Skills sebesar Rp2.835.000, Biaya nya dipatok dalam jumlah rupiah sehingga sudah pasti dan tidak berfluktuasi sesuai kurs. Tesnya diadakan tiga sampai empat kali setiap bulan di berbagai kota di Indonesia, termasuk di Jakarta. Selain menyediakan layanan untuk tes IELTS di Jakarta, British Council juga membuka kelas persiapan tes IELTS secara intensif. Informasi selengkapnya seputar tes atau pun kursus bisa kamu dapatkan di situs resmi British Council Indonesia. 

  1. International Education Specialists (IDP)

IDP juga jadi salah satu lembaga yang ditunjuk resmi oleh ETS. Selain tes IELTS di Jakarta, kamu juga bisa ikut tes di IDP berbagai kota di Indonesia. Terkait biaya, tergantung dari tes IELTS versi apa yang diikuti. Per November 2019, biaya yang dipatok IDP adalah sebesar 215 Dolar AS untuk IELTS General dan Academic. Apabila dikurskan dengan kurs 17 November 2019 dimana satu Dolar AS sebesar Rp14.073, maka biaya tes menjadi Rp3.025.000. Apabila kurs dolar AS mengalami penurunan atau kenaikan, otomatis harga tes IELTS di IDP akan mengikuti. Lokasi tes IELTS melalui lembaga IDP di Jakarta ada banyak, di antaranya di Pancoran, Kelapa Gading, Puri Kembangan, UKRIDA Grogol, dan Pondok Indah. Sama seperti British Council, IDP juga membuka kelas persiapan IELTS. 

  1. IALF

IALF merupakan institusi pelatihan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, persiapan dan tes IELTS, serta Pelatihan Guru bagi pengajar Bahasa Inggris. IALF adalah organisasi nirlaba, yang berkomitmen memberikan layanan pelatihan bahasa yang berkualitas tinggi ke seluruh Indonesia dan wilayah Asia Pasifik.

IALF memiliki tiga cabang pelatihan, di Jakarta, Surabaya dan Bali, semua dengan sumber dan fasilitas kelas atas guna mendukung kegiatan pembelajaran. IALF juga memiliki cabang di Dili, Timor Leste.

Biaya untuk mengambil tes IELTS di IALF adalah sebesar Rp2.900.000 untuk tes IELTS General and Academic Paper Based. Sedangkan untuk tes IELTS Computer Based biayanya sama. 

Pastikan untuk perbanyak riset sebelum memilih yang terbaik!

Nah, bagaimana? Sudahkah kamu menentukan pilihan? Ketiga tiganya tentu merupakan lembaga test terpercaya yang bisa kamu andalkan, sesuaikan saja dengan lokasi test, biaya dan fasilitas ya!

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: