3 Tips Persiapan Anak Menghadapi Ujian Bahasa Inggris dengan Mudah

Para orang tua sebaiknya melakukan ini agar ujian bahasa Inggris anak berjalan lancar - Edu2Review
Para orang tua sebaiknya melakukan ini agar ujian bahasa Inggris anak berjalan lancar – Edu2Review

Ujian bahasa Inggris kerap menjadi hal yang menakutkan bagi anak-anak. Apalagi jika si anak belum betul-betul fasih. Di sinilah PR orang tua untuk membantu anak supaya bisa menghadapinya. Memang sih, keterampilan di pengaplikasian bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari lebih penting. Namun lulus ujian juga merupakan langkah penting dalam perjalanan menuju kesuksesan. 

Nah, Para orang tua jangan sampai ikutan panik karena melihat anak-anak merasa kesulitan. Ada beberapa tips untuk membuat mereka lebih tenang dan lebih siap. Apabila ujian bahasa Inggris yang akan dihadapi oleh anak sudah mulai tinggi tingkatannya, misalnya seperti ujian kenaikan level di tempat les, atau persiapan tes bahasa Inggris IELTS untuk remaja, maka kemungkinan besar akan ada penilaian yang berbeda ketimbang ujian di sekolah. Bukan hanya bahasa Inggris dasar, tapi penting juga untuk mempelajari kumpulan kosakata baru, lalu tata bahasa, dan struktur bahasa. 

Lalu, apa saja tips untuk menaklukan ujian bahasa Inggris bagi anak-anak? Berikut sejumlah tips yang bisa kamu terapkan saat mendukung anakmu!

Buat Jadwal Latihan yang Rutin

Practice makes perfect, begitu kata pepatah. Semakin sering latihan, tentu saja hasilnya juga akan maksimal. Namun, anak-anak masih sering lalai untuk latihan secara rutin. Maka dari itu, orang tua harus mengambil peran untuk membuat jadwal latihan yang rutin. Sebab, semakin banyak latihan, semakin ketahuan bagian mana yang masih harus diperbaiki, mana yang menjadi kelebihan si anak, dan sebagainya. Satu bulan sebelum ujian, pastikan anak-anak memiliki waktu latihan paling tidak 2 hingga 3 minggu sekali dengan waktu sekitar 40 menit sekali latihan. Buat kalender countdown menuju tanggal ujian supaya anak semakin terpicu untuk segera memahami semua topik yang akan diuji. 

Jangan Lupa Juga Beristirahat Agar Tidak Mengganggu Konsentrasi Ujian Bahasa Inggris!

Dari latihan rutin yang dilakukan, kamu akan bisa melihat area mana yang menjadi kekuatan anak, dan mana yang masih kurang. Pada area yang menjadi kekuatan anak, kamu bisa mengurangi latihan untuk materi tersebut. Perbanyak latih mereka di area yang masih kurang. 

Hal ini lebih efektif karena kemampuan anak akan merata. Walaupun ada sesi latihan rutin, para orang tua juga harus memerhatikan waktu istirahat mereka agar terhindar dari stres. Selain itu, waktu tidur juga sangat memengaruhi konsentrasi anak.

Buat Daftar Kosakata

Kosa kata yang kaya adalah salah satu aspek terpenting dalam penguasaan vocab bahasa Inggris. Tidak hanya membantu anak dalam memahami pertanyaan yang ditanyakan, melainkan juga membuat jawaban semakin mengesankan, terutama dalam jenis pertanyaan essay. Sekali lagi, melalui latihan, para orang tua bisa melihat seberapa banyak kosa kata yang telah  dikuasai anak. 

Pelajari Pertanyaan yang Mungkin Keluar

Ujian bahasa Inggris banyak yang serupa pertanyaannya. Baik itu ujian sertifikasi, atau ujian di sekolah, para orang tua bisa mencari jenis pertanyaan untuk tingkatan tertentu. Buat daftar kemungkinan pertanyaan yang akan keluar, lalu lempar pertanyaan tersebut pada anakmu. Jangan lupa catat juga kunci jawabannya agar kamu semakin mudah dalam mengecek benar salahnya jawaban si anak. 

Nah, jadi itulah dia 3 tips teratas untuk mempersiapkan diri kamu dalam menghadapi ujian bahasa Inggris untuk anak. Selamat mencoba tips belajar bahasa Inggris untuk anak di atas, dan semoga buah hatimu berhasil mendapatkan skor bagus!

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: