4 Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak yang Mudah dan Efektif

Belajar bahasa Inggris untuk anak sejak dini sagat bermanfaat untuk masa depan mereka - Edu2Review
Belajar bahasa Inggris untuk anak sejak dini sangat bermanfaat untuk masa depan mereka – Edu2Review

Mengajar Bahasa Inggris kepada anak-anak merupakan hal esensial. Sebab, ilmu ini akan mereka bawa hingga dewasa. Para orang tua, baik yang merupakan penutur bahasa Inggris atau sama-sama sedang belajar bahasa Inggris, tak ada salahnya untuk membiasakan diri mulai berbicara bahasa Inggris dengan anak-anak sejak dini. 

Dan kamu akan senang mengetahui bahwa mengajar anak-anak untuk berbicara bahasa Inggris dari rumah kini semakin mudah. Ada banyak sumber daya bahasa Inggris online yang menyenangkan hanya untuk belajar bahasa inggris untuk anak, ditambah teknik pembelajaran bahasa sederhana untuk seluruh keluarga.

Jadikan Belajar Menyenangkan dengan Aplikasi Bahasa Inggris Online

Cara terbaik untuk memulai adalah membuat belajar bahasa Inggris menyenangkan sehingga anak-anak bahkan tidak akan menyadari bahwa kamu mencoba mengajar mereka bahasa baru. Download aplikasi belajar bahasa Inggris online seperti Duolingo misalnya. Buat seakan-akan anak-anak sedang bermain, bukan belajar. Animasi yang ditampilkan juga tak akan membuat mereka cepat bosan. Alat bahasa Inggris online di bawah ini akan menarik perhatian mereka dengan animasi, lagu, dan cerita yang menyenangkan.

Tetapkan Jadwal Rutin Bicara dengan Bahasa Inggris di Rumah

Jadikan belajar bahasa Inggris menjadi rutin dalam keluarga kamu. Pilih waktu hari ketika anak-anak kamu paling waspada dan mudah diajak bekerja sama, bukan saat mereka mengantuk atau lapar. Beri nama seperti “Waktu Bahasa Inggris” yang akan mereka kenali dan nantikan setiap hari. Ini akan menjadi waktu sehari-hari yang kamu habiskan dengan kegiatan Bahasa Inggris, seperti melakukan percakapan Bahasa Inggris.

Anak yang lebih kecil biasanya memiliki rentang perhatian yang lebih pendek, jadi mulailah dengan 10 hingga 15 menit per sesi. Perpanjang waktu seiring bertambahnya usia dan mampu mempertahankan perhatian mereka dengan lebih baik. Meskipun sebisa mungkin tetap berpegang pada rutinitas kamu, kamu juga bisa bersikap fleksibel.

Tak jarang suasana hati dan tingkat energi anak kamu dapat memengaruhi motivasi mereka untuk belajar. Anak-anak tidak penuh perhatian ketika mereka sangat lelah, terganggu atau tidak sehat. Jadi, gunakan suasana hati dan tingkat energi anak kamu sebagai panduan suatu hari.

Cobalah Juga Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Anak Berikut Ini!

Pilih Topik Bahasa Inggris yang Menarik untuk Anak kamu

Untuk membuat anak bersemangat berbicara bahasa Inggris dan bisa belajar bahasa Inggris otodidak, ajarkan melalui topik yang mereka minati. Mulailah dengan memperhatikan minat anak kamu sehingga kamu akan tahu permainan, lagu atau kegiatan apa yang akan memotivasi mereka untuk belajar. Misalnya, jika anak kamu suka anjing, kamu bisa membacakan “101 Dalmatians” kepada mereka sebelum tidur atau menonton versi animasi bersama pada Sabtu pagi.

Kemudian selama “Waktu Bahasa Inggris,” kamu dapat mengajar kosakata atau vocab bahasa Inggris seperti kulit kayu, anak anjing dan cakar, dan mintalah anak kamu menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan anjing dalam sebuah kalimat. Karena kamu berfokus pada topik yang disukai anak kamu, akan jauh lebih sulit bagi mereka untuk bosan!

Pelajari Kosakata Baru

Waspadai peluang untuk menunjukkan kosakata baru kepada anak kamu saat kamu menjalani kehidupan sehari-hari. Misalnya, jika kamu sering mengajak anak kamu jalan-jalan di alam, kamu bisa menarik perhatian mereka pada kata-kata menarik untuk burung, serangga, binatang, pohon, yang kamu lihat di sepanjang jalan.

Kamu dapat menarik minat anak dengan menunjukkan sesuatu yang menarik. Itulah dia beberapa cara belajar bahasa inggris untuk anak yang bisa diterapkan di rumah!

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: