5 Cerita Fabel Bahasa Inggris Terpopuler untuk Anak

GettyImages-1077558148.jpg

Dongeng adalah cara yang indah untuk mengajarkan anak kamu tentang moral, pelajaran hidup, dan menanamkan kebijaksanaan zaman dengan cara yang menarik. Fabel adalah kisah yang telah diceritakan sepanjang generasi terakhir, mengalir hingga saat ini untuk menyampaikan pelajaran penting tentang kehidupan, alam, cinta, persahabatan, dan menjadi orang yang baik. Seringkali dongeng melibatkan satu atau lebih hewan yang dapat berbicara dan berhubungan dengan anak kamu.

Karakter-karakter ini biasanya terlibat dalam semacam teka-teki moral atau dihadapkan dengan tantangan unik yang mengaktifkan kreativitas anak. Ini menggairahkan imajinasi mereka dan memberi mereka pengetahuan yang diperlukan dengan cara yang menghibur. Fabel bahasa Inggris sangat filosofis tetapi cukup sederhana untuk dipahami bahkan oleh yang lebih muda. Dengan membaca dongeng bersama anak kamu, kamu akan memberikan kebenaran kepada mereka yang jika tidak demikian tidak menyenangkan untuk diajarkan.

Setiap kali kamu membuka buku dongeng, anak kamu akan belajar bagaimana menjadi berani dalam menghadapi kesulitan, bagaimana bekerja sama dengan mereka yang dekat dengan mereka, cara menerima semua orang apa adanya, dan bagaimana membedakan pilihan yang salah dari yang lain yang benar. Ini adalah alat yang efektif yang akan tinggal bersama anak kamu sepanjang hidup mereka karena anak-anak seperti spons kecil yang mudah menyerap materi.

Apa yang kamu pilih untuk dibacakan kepada mereka ketika mereka masih muda dapat memiliki dampak yang jauh jangkauannya. Anak-anak secara konsisten suka membaca dongeng, atau membacakan dongeng, jadi jangan kaget ketika mereka meminta buku dongeng lebih dari yang lain yang biasanya mereka nikmati. Membaca dongeng sangat penting dalam perkembangan anak.

Manfaat membaca dongeng bagi seorang anak bersifat eksponensial. Anak kamu akan :

  •   Menjadi berpengetahuan luas secara moral
  •   Pelajari pelajaran hidup yang penting
  •   Memiliki hubungan yang lebih dalam dengan orang lain

Lalu, Apa Saja Fabel Bahasa Inggris yang Bisa Kita Baca?

Bawang Merah Bawang Putih

“Bawang Merah Bawang Putih” adalah kisah jenis Cinderella yang baik versus yang jahat dan sangat populer di Indonesia dan Malaysia. Bawang Merah dan Bawang Putih adalah saudara tiri yang bertolak belakang satu sama lain.

Malin Kundang

Cerita asli “Malin Kundang” bertempat di lokasi tertentu, Pantai Air Manis di Padang, Sumatera Barat. Ceritakan cerita legenda bahasa Inggris Malin Kundang kepada anakmu. Malin Kundang bercerita tentang seorang anak yang tidak tahu berterima kasih yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya.

Timun Mas

Sebuah kisah tradisional dari Jawa Tengah, ” Timun Mas” (“Mentimun Emas”)  menampilkan seorang gadis muda pemberani yang lolos dari cengkeraman seorang raksasa bernama Buto Ijo (“Raksasa Hijau”).

Sangkuriang

Nama Tangkuban Perahu, sebuah gunung berapi di Lembang, Jawa Barat, berarti “perahu terbalik” dalam dialek Sunda setempat. Nama ini diambil dari legenda lokal yang memiliki kemiripan dengan tragedi Yunani klasik “Oedipus Rex.”

Si Kancil

Di Indonesia dan Malaysia, dongeng tentang penipu yang disebut “Si Kancil” (“The Mousedeer”) sangat populer. Dalam cerita-cerita itu, Kancil selalu mengakali petani dan hewan yang lebih besar. Dalam “Kancil dan Buaya,” Kancil ingin menyeberangi sungai untuk mencapai kebun mentimun. Sungai itu penuh buaya yang ingin memakannya.

Nah, jadi itulah dia 5 fabel bahasa Inggris yang bisa diceritakan kepada anak-anakmu. Dengan menceritakan kisah legendaris di atas, anak-anak bisa sekaligus mengenal vocab bahasa Inggris baru. Selamat membaca!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: