5 Tips Membuat Puisi Bahasa Inggris yang Penuh Makna!

Puisi Bahasa Inggris

Kemampuan untuk membuat Puisi dalam Bahasa Inggris dibutuhkan oleh seorang siswa, tetapi saat ini banyak yang membutuhkan kemampuan ini. Membuat puisi Bahasa Inggris merupakan hal yang sangat mudah dan bisa kamu kuasai apabila rutin berlatih. Banyak sekali yang terinspirasi dari unggahan puisi yang memiliki kesan aesthetic seperti yang ada pada Pinterest.

Pada dasarnya, puisi dalam Bahasa Inggris memiliki pola yang sama dengan Bahasa Indonesia. Termasuk dalam pemilihan diksi yang sedikit lebih kompleks untuk membangun dan membuat puisi tersebut hidup. Kunci utama untuk bisa membuat puisi dalam Bahasa Inggris adalah kamu memahami maksud dan tujuan yang ingin dibentuk. Berikut adalah langkah langkahnya!

Cari Tahu Tema Puisi yang Akan Dibuat 

Tips pertama dalam membuat puisi Bahasa Inggris adalah mencari tahu tema yang akan kamu jadikan pembatas utama. Tidak perlu khawatir terhadap waktu yang terus berjalan, kamu bisa memanfaatkan semua suasana untuk mendapatkan tema yang tepat. Ikuti suasana hati adalah cara terbaik untuk bisa mengetahui tema puisi yang kamu inginkan.

Puisi dengan tema romantis, keluarga, lingkungan, dan yang lainnya akan kamu dapatkan dan bisa menjadi pembatas utama dalam karya. Hal ini akan membuat inspirasi bisa terus berjalan seiring waktu. Pastikan jangan ikut-ikutan dalam mendapatkan tema yang cocok dengan kamu. Nikmati waktu yang ada untuk bisa menciptakan tema yang kamu inginkan.

Pilih Diksi yang Tepat dan Tidak Pasaran

Pemilihan diksi adalah hal yang harus diperhatikan karena sebuah puisi bisa hidup apabila kamu menggunakan diksi yang tepat. Tetapi hal yang harus kamu ingat adalah diksi tersebut tetap kamu pahami dan tidak membuat puisi terlihat sukar dibaca. Penggunaan objek seperti star, sun, dan flower bisa kamu jadikan inspirasi dalam membuat puisi Bahasa Inggris.

Pemilihan diksi membutuhkan banyak sekali latihan dan pemahaman dalam Bahasa Inggris, dan hal ini membuat kamu harus siap sedia dengan kamus. Jangan pernah merasa puas dengan kosa kata yang sudah kamu ketahui karena banyak sekali kata-kata yang memiliki arti sama tetapi beda dalam penulisannya.

Cara Referensi dengan Penulis yang Disukai

Tentu saja kamu memiliki penulis yang disukai, mereka dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi tetapi bukan untuk diplagiat. kamu bisa melihat bagaimana susunan dan kesan yang bisa dibangun dalam sebuah puisi secara baik apabila memiliki penulis yang disukai. kamu dapat mendalami karya-karyanya sehingga bisa memiliki gaya penulisan sendiri.

Jika masih tidak berhasil menemukan inspirasi, coba dengarkan lagu yang kamu sukai. Lagu juga memiliki kekuatan yang cukup besar untuk membuat inspirasi datang secara tiba-tiba. Dalami lirik yang ada sehingga kamu dapat mengerti suasana, kondisi, dan arti dari lirik tersebut. Terkadang cara ini berhasil mendatangkan inspirasi.

Mendengarkan lagu yang kamu sukai di tempat favorit kamu adalah nilai plus untuk melihat referensi tulisan. Hal ini akan membuat kamu bisa menghargai waktu untuk mendapatkan sebuah ide yang kelihatannya sangat remeh.

Ketika Muncul Inspirasi, Langsung Tulis Saat Itu Juga!

Ketika inspirasi datang, langsung tulis saat itu juga. Ide atau inspirasi bukan datang pada satu waktu dan langsung bisa kamu kembangkan menjadi puisi Bahasa Inggris. Kumpulkan semua inspirasi walaupun masih berantakan dan terkesan acak-acakan. Ketika semua ide yang ada sudah terkumpul, akan menjadi jauh lebih mudah bagi kamu membuat puisi dengan inspirasi yang sudah lengkap.

Tidak perlu khawatir apabila seluruh ide dan inspirasi yang ada masih dalam Bahasa Indonesia, kamu dapat memilih kata-kata yang tepat ketika seluruh puisi sudah selesai. Bagian ini banyak dipikirkan dan dirasa harus dikerjakan, pada kenyataannya kamu tidak perlu terburu-buru pada bagian ini.

Contoh Puisi dalam Bahasa Inggris

Setelah memahami 4 tips di atas, kamu bisa dengan mudah menemukan puisi seperti apa yang akan kamu kerjakan. Tentu saja jangan pernah menggunakan prinsip “asal selesai” dan sejenisnya apabila menginginkan hasil yang baik. Apabila kamu membutuhkan contoh puisi Bahasa Inggris, berikut adalah contoh puisi dengan tema kemanusiaan.

 

Be Kind

One day, he asked me

“How can you be kind to everyone?”

I smile and answered

“I want make everyone believe

there are still many people

who will be kind and help us”

So they will live happily,

and make the others think the same way

And finally,

Everyone is kind to each other.

 

Saat ini, kamu akan menemukan banyak puisi bahasa Inggris dengan tema patah hati tetapi memiliki kesan yang sangat kuat seperti puisi berikut:

 

Alone

People ask me

Why do you do all things alone?

Or

Why are you not with someone?

Then I answered,

I don’t trust anyone.

I’m in love with my individualistic

Finally, I saw people hurt themselves because they trusted someone.

 

Contoh puisi di atas tentu saja tidak datang dalam waktu yang singkat, dan juga membutuhkan waktu ketika memilih kata agar puisi bisa memiliki kesan yang baik tetapi juga mudah dipahami. Terus berlatih dan tidak merasa puas dengan apa yang kamu miliki adalah cara yang bisa membuat kamu memahami bahwa puisi bukanlah hal yang sederhana untuk diciptakan.

Tips membuat puisi Bahasa Inggris di atas dapat kamu jadikan referensi menemukan ide atau mencari gaya tulisan puisi Bahasa Inggris yang kamu inginkan.

 


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: