7 Tips & Trik Belajar Bahasa Inggris Dasar untuk Pemula, Dijamin Cepat Bisa!

belajar bahasa inggris dasar

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang wajib dikuasai. Sebab, bahasa Inggris merupakan bahasa resmi dari 53 negara di dunia. Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu bisa dengan mudah dan luwes berkomunikasi dengan orang asing di luar negeri.

Apalagi di era internet saat ini, hampir semuanya menggunakan bahasa Inggris. Tentu kamu bisa kesulitan untuk mencari informasi jika tak mengerti bahasa Inggris sama sekali. 

Begitu juga halnya di dunia kerja. Seseorang yang mahir bahasa Inggris, bisa punya nilai lebih tinggi. Sangat besar peluang yang terbuka untuk meningkatkan karier ketika kamu menjadi ahli.

Belajar bahasa Inggris dasar dari nol, telat nggak sih?

Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menguasai bahasa Inggris. Tapi, bagaimana jika kemampuan bahasa Inggris-mu masih nol?

Mungkin kamu akan bertanya-tanya pada dirimu sendiri, apakah sudah terlambat jika kamu baru belajar bahasa Inggris dasar? Apakah bisa kamu mengejar keterlambatan tersebut?

Jawabannya tentu bisa! Ada berbagai trik yang bisa kamu terapkan agar bisa segera menguasai bahasa Inggris. Bahkan untuk pemula sekalipun, trik-trik ini mudah untuk dilakukan dan membantumu agar cepat bisa. Apa saja sih tips dan trik-nya?

1. Tentukan dulu motivasi dan tujuanmu dalam belajar bahasa Inggris

Tanpa adanya motivasi atau tujuan yang ingin dicapai, mungkin kamu akan setengah-setengah ketika menjalani proses belajar. Untuk itu, sangat penting mengetahui apa motivasi dan tujuanmu.

Apakah kamu bercita-cita untuk kuliah di luar negeri? Menginginkan kenaikan gaji dan jabatan? Atau justru mencari pasangan bule? Apapun itu, pastikan untuk tentukan tujuanmu. Dengan begitu, kamu pun akan lebih semangat ketika belajar!

2. Baca buku berbahasa Inggris dari yang paling ringan

Untuk mengetahui kosakata baru dalam bahasa Inggris, kamu harus sering-sering membaca. Tak perlu membaca buku tebal, kamus, atau koran bahasa Inggris. Itu terlalu berat untuk pemula.

Mulailah membaca buku dengan genre yang paling kamu sukai. Kamu suka membaca komik? Cari versi bahasa Inggris dari komik tersebut, jadi kamu sudah mengetahui alur ceritanya, dan bisa lebih mudah untuk mengertinya. 

3. Belajar bahasa Inggris dasar dari lagu yang didengarkan

Hampir setiap orang pasti senang mendengarkan lagu dan menyanyikan lagu tersebut. Jika selama ini kamu hanya mendengarkan dan menyanyikan kembali dengan asal setiap mendengarkan lagu berbahasa Inggris, mulailah untuk memperhatikan lirik dan pengucapan dari setiap kata.

Kalau bisa, cari lagu yang paling kamu sukai, dan tulis ulang lirik lagu tersebut sesuai dengan apa yang kamu dengar. Setelah selesai mencatat, cek lirik lagu tersebut di internet dan sesuaikan dengan catatanmu sebelumnya. Perhatikan kembali bagian mana yang benar dan bagian mana yang salah. 

Kamu juga bisa mengecek arti dari lirik lagu tersebut. Jadi selain menyanyikannya, kamu sekaligus bisa memahami lagu yang kamu sukai itu. 

4. Perbanyak menonton film berbahasa Inggris

Kalau sebelumnya kamu belajar lewat lagu, kini saatnya untuk belajar bahasa Inggris dasar dari film. Jika selama ini kamu menonton film menggunakan subtitle bahasa Indonesia, mulailah untuk mengubahnya menjadi bahasa Inggris. 

Tapi, tak perlu menonton film bahasa Inggris dengan jalan cerita yang rumit. Kamu bisa memulainya dari tontonan ringan, seperti film animasi anak-anak. Selain ceritanya ringan, kosakata yang digunakan juga ditujukan untuk anak-anak. Sehingga bahasanya lebih sederhana dan kamu bisa lebih mudah mencernanya. 

5. Bermain game online

Tak selamanya bermain game online itu berdampak negatif. Di beberapa game online, kamu bisa terhubung dengan sejumlah orang dari seluruh dunia dan berkomunikasi dengan mereka. Beberapa game online yang bisa dicoba di antaranya adalah Dota 2, World War Craft, Fortnite, dan Vain Glory. Untuk kamu yang gemar bermain game online, jangan lupa menggunakan fitur chat tersebut untuk belajar ya! 

6. Menggunakan aplikasi bahasa belajar bahasa Inggris

Saat ini, ada banyak sekali aplikasi belajar bahasa Inggris yang tersedia dan bisa diakses secara gratis. Mulai dari Duolingo, LearnEnglish by British Council, dan masih banyak lagi. Manfaatkanlah akses gratis tersebut semaksimal mungkin. Aplikasi seperti Duolingo misalnya, dirancang sedemikian mungkin selayaknya game. Orang-orang yang memainkannya pun tidak akan terasa sedang belajar!

7. Menonton video di YouTube

Siapa di sini yang tidak suka nonton video di YouTube? Hampir semua orang menyukainya! Daripada menonton video prank atau video keseharian artis yang tidak mengedukasi, sebaiknya kamu menonton akun-akun YouTube yang memberikan materi bahasa Inggris.

Itu dia 7 tips dan trik belajar bahasa Inggris dasar untuk pemula yang bisa kamu terapkan.Cobalah untuk konsisten melakukan cara di atas, dan lihat beberapa bulan ke depan. Dijamin perkembanganmu dalam menguasai bahasa Inggris akan signifikan. 

Selamat belajar, dan cek artikel seputar tips bahasa Inggris lainnya hanya di Edu2Review Indonesia!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: