Cara Belajar Bahasa Inggris TK yang Gampang Dimengerti Anak

bahasa inggris untuk anak tk
Sumber: BPK Penabur

Fase belajar paling sempurna adalah pada masa kanak-kanak. Hal ini karena penyerapan otak yang paling cepat ada pada masa ini. Seorang anak kecil akan dengan mudah belajar hal baru dan bahasa baru misalnya Bahasa Inggris TK. Namun berbeda dengan orang dewasa, akan lebih sulit untuk belajar bahasa baru.

Metode belajar Bahasa Inggris

Pembelajaran di TK haruslah menyenangkan. Arena pada masa ini mereka sangat menyukai bermain. Pembelajaran yang aktif dan menyenangkan akan membuat mereka senang dan belajar dengan riang. Kesenangan belajar akan berdampak pada hasil belajar. Belajar Bahasa Inggris TK pertama kali adalah dengan melalui metode berikut ini:

Video Bahasa Inggris

Anak kecil sangat suka dengan visual. Jadi ketika belajar Bahasa Inggris dengan melihat visual video, lalu ada pengucapan bahasa inggrisnya, tentu anak akan mudah untuk menirukan sambil melihat gambar apa yang terlihat di video.

Permainan

Misalnya dengan menyebutkan benda yang ditunjuk oleh guru atau pembimbing. Atau bisa juga dengan menggunakan soal bahasa inggris tk yaitu misalnya mencocokkan gambar dengan tulisan nama bahasa inggris.

Dialog

Cara ini juga efektif yaitu dengan rutin mengajak ngobrol bahasa Inggris, sesuai dengan yang sudah diajarkan. Jadi dengan dialog, Bahasa Inggris TK dapat dibiasakan dari kecil.

Bacaan Bergambar

Misalnya dengan membelikan buku bahasa Inggris yang berisi cerita bergambar. Sambil membacakan cerita sambil menunjukkan gambar, agar anak lebih mudah paham apa maksud dari bahasa inggrisnya.

Lagu

Dengan menyanyikan lagu yang memiliki irama menyenangkan, dapat membuat anak bersemangat untuk mengikuti liriknya. Secara tidak langsung anak akan belajar bahasa inggris dengan metode audio.

Tahapan belajar Bahasa Inggris TK untuk anak

Ketika ingin mengajari anak kecil, maka harus bertahap. Dari mulai hal yang termudah sampai tersulit. Begitu juga dengan bahasa inggris. Ada tahapan dari termudah sampai tersulit. Untuk TK tentu pembelajaran yang diberikan adalah dalam taraf mudah terlebih dahulu. Bahasa Inggris TK adalah bahasa yang benar-benar baru bagi mereka. Untuk itu, sebagai guru yang akan mengajarinya maka kamu harus mengajarkannya dari yang termudah. Berikut tahapan materi bahasa inggris tk.

Anggota Badan

Hal yang paling mudah untuk diajarkan pertama kali adalah dengan belajar anggota badan. Kamu bisa membelajarkannya dengan menunjukkan bagian-bagian anggota badan anak untuk mulai membelajarkan Bahasa Inggris TK.

Contohnya : hand, eyes, head, lip

Warna

Hal ini juga salah satu yang tidak kalah mudah untuk diajarkan ke anak-anak. Kamu bisa melatihnya dengan menunjukkan warna baju yang sedang dipakai atau warna lain yang ada di sekitarnya.

Contohnya: blue, red, green, yellow

Lagu Alphabet

Kamu bisa mengajarkan anak kecil untuk menyanyikan lagu alphabet sehingga mereka akan merekam erat lagu. Kamu bisa sambil menunjukkan dengan papan tulis atau kartu alphabet untuk menunjukkan abjad sambil menyanyikan lagu Bahasa Inggris TK

Mengeja nama sendiri

Setelah mereka bisa menghafal abjad, kamu bisa mengajarkannya untuk mengeja nama sendiri. Sehingga ia akan paham kegunaan abjad itu.

Contohnya: A-N-I, B-U-DI

Hewan

Kamu bisa mulai mengajarkan hewan-hewan yang biasa dilihat di sekitar. Namun jika tidak ada, maka kamu bisa menyetelkan video untuk menunjukkan pada mereka nama-nama hewan itu.

Contohnya: dog, bird, cat ,fish

Keluarga

Hal ini juga menjadi dasar untuk belajar bahasa inggris anak TK yaitu nama-nama keluarga. Kamu bisa menggunakan gambar untuk membantu anak membayangkan ayah, ibu, kakak, paman, bibi, kakek dan nenek mereka.

Contohnya: parent, mother, father, brother

Benda

Kamu juga bisa menggunakan benda-benda yang ada di sekitar untuk menambah kosa kata bahasa inggris anak kecil. Misalnya meja, kursi, pensil, bolpoin, dsb. Apapun benda dan kondisi kelas di dalamnya.

Contohnya: table, chair, umbrella, door, pencil

Panggilan

Kamu juga bisa mengajarkan nama panggilan, misalnya untuk saya, kamu, dia, mereka, kita.

Contohnya: I, you, she, he, they, we

Gambar

Kamu juga bisa menambah kosa kata mereka dengan berbagai macam gambar yang akan menambah kosa kata. Kamu bisa mengajarkan banyak hal dengan metode kartu gambar ini. Kamu juga bisa memberikan soal bahasa inggris tk bergambar.

Contohnya: house, sun, wood, windows

Ajakan untuk sapaan

Ucapan seperti, selamat pagi, bagaimana kabarmu, memperkenalkan diri dan senang bertemu denganmu serta jawabannya adalah dasar untuk diajarkan juga. Hal ini bisa Kamu praktekkan dengan berdialog Bahasa Inggris TK

Contohnya: Good morning, how are you, I am fine, nice to meet you,

Kata kerja

Kamu juga bisa menambahkan kata kerja yang umum mereka lakukan untuk lebih lanjut mengajarkan. Apalagi mereka telah menyelesaikan banyak kosa kata.

Contohnya: write, eat, drink, swim

Kamu bisa memulai apa yang menurut kamu mudah untuk mengajarkan Bahasa Inggris TK pada anak TK. Terus bertahap hingga semakin sulit, hingga mereka terbiasa dengan bahasa Inggris. Maka mereka akan lancar dengan sendirinya jika dibiasakan sejak dini.

Kamu juga bisa memberlakukan hari khusus bahasa inggris. Hal ini akan sangat membantu mereka untuk mulai terbiasa bahasa Inggris. Dengan mulai memasuki kehidupan sehari-hari, maka mereka akan dipaksa untuk bisa. Namun usahakan jika mereka terlupa bahasa inggrisnya, kamu bisa memberitahukan bahasa inggris yang benar untuk mereka.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: