Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah untuk Pemula

belajar bahasa inggris

Saat ini, semakin banyak orang yang mendedikasikan waktunya untuk mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Banyak negara memasukkan bahasa Inggris dalam silabus sekolah mereka dan anak-anak mulai belajar bahasa Inggris pada usia yang lebih muda. Tapi apa sebenarnya nilai belajar bahasa Inggris?

Apakah kamu sedang mencari pekerjaan baru atau berencana untuk berkeliling dunia? Belajar bahasa Inggris dapat membantumu maju dalam hidup baik secara pribadi maupun profesional. Kamu dapat bersaing di pasar kerja global, meningkatkan keterampilan karier, dan mulai bersaing dengan orang-orang di seluruh dunia.

Namun, tahukah kamu mengapa belajar bahasa Inggris begitu penting? Berikut sepuluh alasan bagus untuk mengambil kursus bahasa Inggris sekarang juga!

Temukan daftar tempat kursus bahasa Inggris terbaik di kotamu >

Mengapa belajar bahasa Inggris menjadi sangat penting?

Sangat mudah untuk melihat betapa pentingnya bahasa Inggris di seluruh dunia. Banyak bisnis internasional mengadakan pertemuan dalam bahasa Inggris, universitas mengajarkan kursus dalam bahasa Inggris dan, di seluruh dunia, turis-turis menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa umum.

10 Alasan Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Jika kamu masih belum yakin apakah harus mempelajari bahasa Inggris, lihat lagi sejumlah alasan di bawah ini!

Baca juga: 9 Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris dalam 3 Bulan, Pemula Juga Bisa! 

1. Bahasa Inggris merupakan bahasa global

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling umum digunakan di dunia. Satu dari lima orang bahkan dapat berbicara atau setidaknya mengerti bahasa Inggris!

2. Belajar bahasa Inggris dapat memudahkanmu mendapatkan pekerjaan

Bahasa Inggris adalah bahasa sains, penerbangan, komputer, diplomasi, dan pariwisata. Mengetahui bahasa Inggris meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan yang baik di perusahaan multinasional di negara asal atau untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Beberapa artikel ini bisa membantumu dalam mendapatkan pekerjaan:

Jenis-Jenis Personal Letter dalam Bahasa Inggris

Contoh Teks Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris yang Mudah! 

11 Contoh Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Kerja Bahasa Inggris

3. Belajar bahasa Inggris dapat membantumu bertemu orang baru

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi di 53 negara dan digunakan sebagai lingua franca (bahasa yang dikenal bersama) oleh orang-orang dari seluruh dunia. Baik kamu bekerja di China, atau sedang bepergian di Spanyol, belajar bahasa Inggris dapat membantumu bercakap-cakap dengan orang-orang dari seluruh dunia.

Baca juga: 6 Contoh Dialog Menawarkan Bantuan dalam Bahasa Inggris 

4. Banyak karya ilmiah yang ditulis dalam bahasa Inggris

Jumlah karya ilmiah yang ditulis dalam bahasa Inggris mulai melebihi jumlah makalah yang ditulis dalam bahasa asli peneliti. Di Belanda, misalnya, rasionya mengejutkan 40 banding 1. Untuk alasan ini, memiliki pengetahuan bahasa Inggris sangat penting bagi mereka yang bekerja di bidang ilmiah.

5. Bahasa Inggris adalah bahasa industri media

Karena keunggulan Hollywood di media global, sejumlah besar film, acara TV, dan lagu populer ditulis dalam bahasa Inggris. Jika kamu mengerti bahasa Inggris, kamu tidak perlu lagi bergantung pada terjemahan untuk bisa menikmati buku, lagu, film, dan acara TV favoritmu.

6. Bahasa Inggris adalah bahasa internet

Bahasa Inggris adalah bahasa online yang sangat penting. Terbukti, lebih dari separuh konten di internet ditulis dalam bahasa Inggris. Selain itu, beberapa perusahaan teknologi terbesar di dunia berbasis di negara-negara berbahasa Inggris.

7. Berkeliling dunia akan lebih mudah dengan pengetahuan bahasa Inggris yang baik

Bayangkan, kamu adalah orang Spanyol yang sedang berlibur di Thailand, resepsionis hotel mungkin tidak dapat menjawab pertanyaan kamu dalam bahasa Spanyol atau Thailand, tapi kemungkinan besar mereka dapat menjawab pertanyaanmu dalam bahasa Inggris.

8. Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa terpenting untuk bisnis

Baik kamu adalah seorang pemilik bisnis, pelajar, atau karyawan, bahasa Inggris sangatlah penting dalam dunia bisnis. Bahasa Inggris dianggap sebagai salah satu bahasa bisnis terpenting karena menjadi bahasa de facto Amerika Serikat dan bahasa resmi Inggris Raya, Kanada, India, dan Afrika Selatan.

Baca juga: Penjelasan dan Contoh Dialog Giving Opinion dalam Bahasa Inggris 

9. Dengan bahasa Inggris, kamu bisa mengejar ilmu hingga ke seluruh dunia

Karena bahasa Inggris digunakan di banyak negara berbeda, ada ribuan sekolah dan universitas di seluruh dunia yang menawarkan program dalam bahasa Inggris. Jika kamu berbicara bahasa Inggris akademis dengan baik, ada banyak kesempatan bagimu untuk menemukan sekolah dan kursus yang sesuai dengan kebutuhan.

10. Bahasa Inggris memberimu akses ke berbagai budaya

Pengetahuan bahasa Inggris yang baik akan memungkinkanmu mengakses film, musik, dan literatur dari ratusan negara di seluruh dunia. Belum lagi fakta bahwa banyak buku dari seluruh dunia diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Beberapa pengalaman akan membuatmu tumbuh sebagai pribadi dengan oemikiran terbuka.

Mempelajari bahasa Inggris tentunya tidak terlepas dari grammar bahasa Inggris

Beberapa orang yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua membuat satu kesalahan sederhana, tetapi sangat besar; mereka lupa belajar tata bahasa Inggris. Bahkan tata bahasa dasar lebih baik daripada tidak sama sekali, dan pembelajaran lanjutan selalu bisa datang belakangan. Jangan batasi cara berkomunikasi dengan orang lain dengan tidak mempelajari semua tentang tata bahasa Inggris.

Grammar bahasa Inggris atau tata bahasa sangatlah penting. Tidak peduli seberapa banyak peraturan yang harus diikuti, karena itulah yang memungkinkan kita semua  berkomunikasi dan memahami konteks sesungguhnya dari sebuah kalimat yang dituliskan ataupun diucapkan.

Mempelajari aturan grammar bahasa Inggris

Hampir setiap orang grammar dasar ketika mulai menyusun kalimat sebagai anak-anak. Grammar mengajarkan kita bagaimana membangun kalimat, tentang jenis kata yang kita gunakan dan kapan kita harus menggunakannya. Grammar juga memberi tahu kita jenis kata apa yang kita gunakan dalam kalimat tertentu.

Ada banyak aspek berbeda dalam tata bahasa Inggris, dan masing-masing sama pentingnya dengan yang terakhir. Ini adalah tata bahasa Inggris yang memungkinkan kamu menjadi komunikator, pendengar, pemikir, pembaca, dan penulis yang lebih baik. Memiliki pemahaman yang luas tentang tata bahasa akan memungkinkan kamu memiliki karier yang berpotensi bermanfaat di banyak bidang pekerjaan.

Penting juga untuk memahami grammar bahasa Inggris >

Logika dan tata bahasa

Sederhananya, grammar adalah cara seseorang dalam mengatur kata, klausa, dan frasa ke dalam percakapan dan komunikasi yang bermakna. Organisasi tata bahasa semuanya bergantung pada logika. Dan, dengan memahami tata bahasa berarti kamu bisa berpikir lebih logis.

Tata bahasa tanpa logika dan organisasi berarti kamu tidak dapat menyampaikan pesan dengan jelas. Semakin banyak aturan tata bahasa yang dipahami, semakin jelas komunikasi pula komunikasimu. Hal ini memudahkanmu untuk didengarkan dan menceritakan kisah . Memiliki pengetahuan tata bahasa tingkat lanjut adalah sesuatu yang harus dimiliki setiap orang.

Gaya dan tata bahasa

Gaya yang dikeluarkan saat menyusun grammar sebelum berbicara atau menulisakan menunjukkan banyak hal tentangmu. Pengetahuan tata bahasa tingkat lanjut, berarti kamu dapat membuat karya yang jenaka, cerdas, dan menarik untuk dibaca orang. Ini juga berarti kamu bisa benar-benar unik karena gaya setiap orang berbeda.

Orang akan lebih memperhatikan apa yang kamu katakan jika kamu bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang lain. Lihat saja beberapa penulis dan pembicara publik terkenal di dunia; mereka akan memiliki cara yang unik dan bergaya dalam menggunakan tata bahasa.

Kamu bisa belajar banyak dari membaca karya penulis lain. Bahkan buku anak-anak menggunakan tata bahasa dalam bentuk yang paling sederhana. Cara terbaik untuk mempelajari tentang penggunaan praktis tata bahasa adalah dengan melihatnya dalam praktik. Baca, baca, baca; kamu akan segera memahami hubungan antara penulisan dan tata bahasa Inggris.

Tata bahasa dalam kehidupan sehari-hari

Kamu mungkin memiliki ide yang luar biasa, tetapi jika kamu hanya memiliki sedikit atau tidak sama sekali pengetahuan tentang tata bahasa Inggris, bagaimana kamu bisa mengomunikasikannya? Jawaban sederhananya adalah kamu tidak akan melakukannya.

Kamu akan dapat mengapresiasi sepenuhnya cara menyampaikan pesan jika kamu memahami tata bahasa Inggris. Dari membaca tulisan yang rumit hingga buku anak-anak, tata bahasa akan memungkinkan kamu memahami sepenuhnya apa yang dibaca atau ditulis.

Setelah kamu menguasai tata bahasa Inggris, kamu akan dapat berkomunikasi dengan semua orang dan siapa pun. Kamu akan dapat memahami yang kompleks dan sederhana. Jadi, ya, tata bahasa sangat penting – dan itu jelas merupakan pernyataan yang meremehkan.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: