Belajar IELTS di Rumah: Tingkatkan Skill Reading dan Writing Lewat Novel!

Daripada menghabiskan banyak uang dengan belajar di pusat kursus, kenapa tak mencoba belajar IELTS di rumah lewat novel?

Perbedaan belajar IELTS secara mandiri dengan mengikuti kursus

IELTS, maupun kemampuan bahasa Inggris secara keseluruhan, adalah tiket yang bisa membawamu menaklukan dunia. Untuk mencapai skor IELTS yang tinggi, selain dengan belajar secara konvensional di ruang kelas, kamu juga perlu menemukan cara belajar efektif di rumah. Dalam keempat keterampilan IELTS, skill reading dan writing bisa dibilang yang paling sulit. Lalu apa rahasia untuk memaksimalkan kedua skill ini?

Apakah kamu suka membaca buku? Itu adalah modal besar dalam belajar bahasa Inggris! Untuk membantumu berlatih IELTS di rumah dengan efektif, Edu2Review akan memperkenalkanmu dengan 9 novel klasik bahasa Inggris yang harus dibaca paling tidak sekali seumur hidup.

Pertama kali membaca buku-buku ini, mungkin kecepatan membacamu cenderung lambat. Jangan keburu kecewa, coba baca buku ini setiap hari, dan secara bertahap kemampuanmu akan terus meningkat.

15 situs terbaik untuk belajar IELTS secara mandiri

  1. Alice in Wonderland (Lewis Carroll)

“Alice in wonderland” (Alice in Wonderland) adalah novel anak-anak terkenal karya penulis Inggris, Lewis Carroll. Dirilis pada 1865, buku ini sangat disukai oleh anak-anak dan orang dewasa. Daya tarik cerita Alice membuat serangkaian karya seni sastra, lukis, musik, opera, hingga hiburan televisi dan bioskop lahir berdasarkan petualangan Alice selama lebih dari 130 tahun terakhir.   

article 5.1Petualangan Alice masih hidup selamanya di hati para pembaca meskipun telah terbit semenjak satu abad yang lalu (Sumber: skolastik)

Salah satu kutipan dari Si Tudung Merah yang tak akan terlupakan:

“Off with his head”

(Tebas kepalanya!)

Langsung baca versi asli bukunya untuk merasakan keindahan karya ini, sekaligus untuk melatih kemampuan bahasa Inggris-mu.

  1. Donquixote (Cervantes)

Karya Miguel de Cervantes ini bercerita tentang seorang pria yang terobsesi dengan legenda para ksatria. Ia menjalani hidupnya untuk memperjuangkan kebenaran. Kamu harus mempelajari buku yang dikenal dengan judul “Fight with the Windmills” dalam bahasa Inggris ini untuk melihat betapa lucunya karya Cervantes.

article 5.2Cerita lucu tentang ksatria Donquixote ini layak untuk dibaca (Sumber: Kobo)

  1. Pride and Prejudice (Jane Austin)

Pride and Prejudice merupakan karya Jane Austen yang paling disukai banyak orang. Buku ini bercerita tentang konflik antara Elizabeth Bennet – putri dari keluarga kelas menengah, dan Fitzwilliam Darcy – seorang tuan tanah kaya. Dua abad telah berlalu sejak publikasi pertamanya tahun 1813, namun buku ini masih menjadi pengantar tidur banyak orang. Baca versi asli bahasa Inggris dari buku ini untuk mendalami ceritanya.

article 5.3Sampul buku dan film dari karya “Pride and Prejudice”

  1. The Da Vinci Code (Dan Brown)

The Da Vinci Code adalah novel karangan penulis Amerika, Dan Brown, yang diterbitkan tahun 2003. Ini merupakan salah satu buku terlaris sepanjang masa yang telah diterjemahkan ke dalam 44 bahasa. Bercerita tentang Gereja Katolik yang mengungkapkan kebenaran Yesus. Tahta Suci (tahta keuskupan nomor satu dalam Gereja Katolik) tahu plot ini sejak dua ribu tahun terakhir, namun menyembunyikan kebenaran untuk mempertahankan kekuatannya.

Jika kamu menyukai cerita yang menggunakan logika, kamu akan dibuat penasaran untuk menemukan misteri di balik cerita ini.

article 5.4Buku ini cocok untuk mereka yang suka logika dan alasan (Sumber: amazon)

  1. Pinocchio (Carlo Collodi)

Kisah seorang bocah kayu dengan hidung yang memanjang saat berbohong,sangat melekat dengan masa kanak-kanak setiap orang dari berbagai generasi. Pinocchio dianggap sebagai simbol budaya modern dan merupakan salah satu karakter paling sering diceritakan dalam sastra anak-anak.

article 5.5Kisah cinta dan kejujuran Pinocchio menyentuh banyak hati orang di dunia (Sumber: amazon)

Kutipan dari buku:

“Tapi aku tidak seperti anak laki-laki lain! Aku selalu mengatakan yang sebenarnya”. – Pinocchio

“Celakalah anak-anak yang tidak mematuhi orang tua dan melarikan diri dari rumah! Mereka tidak akan pernah bahagia di dunia. Ketika tumbuh dewasa mereka akan menyesalinya.” – Cricket Jiminy

  1. Grimm’s Fairy Tales

Betapa indahnya belajar bahasa Inggris sambil membaca kembali kisah-kisah kuno yang sudah dikenal. Karya ini adalah dongeng yang dikumpulkan oleh Grimm bersaudara dari cerita rakyat. Mulai dari dongeng yang sangat familiar seperti Cinderella, The Red Riding Hood, Rapunzel, dan masih banyak lagi.

article 5.6Belajar bahasa Inggris melalui kisah kuno Grimm (Sumber: amazon)

  1. The Call of The Wild (Jack London)

Pertama kali diterbitkan pada tahun 1903, “The Call of The Wild” adalah novel karangan Jack London yang paling banyak dibaca dan dianggap sebagai karya terbaiknya.  Buku ini menceritakan tentang seekor anjing bernama Buck yang dijinakkan. Namun, Buck kemudian diambil dari peternakan untuk menjadi seekor anjing penarik kereta salju di Alaska, hingga nalurinya mengembalikan Buck untuk hidup di alam liar bersama para serigala.

article 5.7Cerita unik ketika karakter utama adalah seekor anjing (Sumber: buku audio)

  1. Gone with The Wind (Margaret Mitchell)

Pertama kali diterbitkan pada tahun 1936, Gone with the Wind adalah novel emosional karangan Margaret Mitchell. Kisah ini berlatar di Georgia dan Atlanta, Amerika Selatan, selama Perang Sipil dan periode pembangunan. Scarlett O’Hara, seorang gadis kuat yang harus menemukan cara untuk menyelamatkan diri dari perang dan menghadapi sulitnya kehidupan di era pasca-perang. Novel ini kemudian diadaptasi menjadi sebuah film pada 1937.

article 5.8Novel klasik ini layak untuk dibaca sekali seumur hidup (Sumber: amazon)

  1. Harry Potter (J.K Rowling)

Bicara novel, tentu tak mungkin jika kita tidak menyebutkan karya JK.Rowling, Harry Potter. Hampir setiap generasi pernah mengalami “demam” akan buku yang bercerita tentang petualangan Harry Potter dalam melawan dewa kegelapan, Voldemort. Ia adalah penyihir yang memiliki ambisi untuk hidup abadi, memerintah dunia sihir, memperbudak sihir, dan menghancurkan mereka yang menghalangi jalannya.

article 5.9Set lengkap 7 novel Harry Potter (Sumber: the hot zone)

Cerita yang mengangkat tema persahabatan, kemanusiaan, cinta, dan kasih sayang ini berhasil meninggalkan kesan yang tak terlupakan di hati pembaca.

Salah satu kutipan dari novel ini yang bisa membantu skill menulismu:

“Mr and Mrs Dursley of number four Privet Drive were proud to say that they were perfectly normal, thank you very much”. – Harry Potter and the Philosopher’s Stone

“Tuan dan Nyonya Dursley dari Privet Drive No. 4, dengan bangga mengatakan bahwa semuanya normal, terima kasih atas perhatian Anda.” – Harry Potter and the Philosopher’s Stone

article 5.10Sebuah kisah humanistik tentang persahabatan, keluarga, cinta, dan kasih sayang di dunia sihir (Sumber: dhgate)

“It is our choices, Harry, that show what we truly are, far more than our abilities”. – Harry Potter and the Chamber of Secrets

“Ini pilihan kita, Harry, mengungkapkan siapa kita, jauh lebih dari kemampuan yang kita miliki.”  – Harry Potter and the Chamber of Secrets

“To have been loved so deeply even though the person who loved us is gone, will give us some protection forever”. – Harry Potter and the Philosopher’s Stone

“Dicintai sepenuh hati, bahkan ketika mereka yang mencintai kita telah pergi, akan memberikan kita perlindungan abadi.” –  Harry Potter and the Philosopher’s Stone
Semoga setelah belajar IELTS di rumah dengan membaca karya-karya di atas, kamu bisa meningkatkan skill menulis dan membacamu. Mempelajari bahasa Inggris dan mempraktikkan IELTS merupakan proses panjang. Semoga kamu bisa mencapai skor yang diinginkan dalam ujian IELTS!

Apabila kamu belum memiliki buku IELTS, berikut adalah rekomendasi buku IELTS yang bisa membantumu sukses raih skor 7.0

Comments 1

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: