Mana Lebih Efektif, Belajar IELTS Mandiri atau Ikut Kursus?

Topik mengenai persiapan IELTS mulai banyak dicari orang. Jika kamu adalah salah satu yang berminat mengikuti tes ini, maka jangan lewatkan informasi penting dalam artikel berikut!

IELTS merupakan tes kemampuan bahasa Inggris yang terdiri dari empat keterampilan: Mendengarkan – Berbicara – Membaca – Menulis. Sertifikat IELTS penting dimiliki mereka yang hendak belajar, bekerja, atau menetap di lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi.

Fakta Seputar IELTS untuk Pemula yang Harus Diketahui

Semakin banyaknya orang yang hendak belajar atau memperluas karir mereka ke luar negeri membuat sertifikat IELTS semakin dibutuhkan. Tak heran, topik mengenai IELTS banyak dicari. Apakah kamu salah satunya? Kamu datang ke situs yang tepat! Edu2Review merangkum tips penting seputar IELTS yang perlu diketahui!

Belajar IELTS secara mandiri atau ikut kursus intensif?

Belajar IELTS mandiri

Belajar dan berlatih IELTS mandiri di rumah memiliki sejumlah keuntungan berikut:

  • Biaya lebih rendah: dibandingkan dengan kursus intensif di lembaga bahasa Inggris, biaya belajar mandiri tentu jauh lebih murah. Apalagi banyak latihan tes IELTS yang bisa diunduh online untuk dipakai belajar.
  • Lebih fleksibel: belajar secara mandiri, artinya dirimu sendiri yang mengatur proses pembelajaran. Mulai dari metode belajar, hingga waktu belajar yang menurutmu paling efektif dan efisien.

Namun, tidak semua orang mampu belajar secara mandiri. Meskipun terdapat banyak dokumen dan latihan IELTS yang berkualitas di internet, belum tentu kamu bisa mudah menemukannya. Rasa malas yang kerap datang bisa membuat rencana belajar menjadi berantakan.

Lain halnya jika kamu memiliki semangat belajar tinggi, mampu disiplin terhadap diri, dan banyak waktu luang. Metode belajar mandiri akan cocok untuk digunakan. Pastikan juga bahwa seluruh materi pembelajaran yang kamu gunakan berkualitas dan datang dari sumber yang terpecaya.

Berikut adalah 15 situs terbaik untuk belajar IELTS secara online

article 2.1Belajar IELTS mandiri atau mengikuti kursus? (sumber: Fast Company)

Mengikuti kursus IELTS secara intensif

Ketika memilih untuk mengikuti kursus IELTS, kamu harus mendatangi tempat kursus untuk persiapan ujian secara intensif. Memang, ada usaha dan biaya lebih yang harus dikorbankan. Tapi lembaga kursus mampu menawarkan kelebihan yang tak bisa didapatkan dengan belajar IELTS mandiri.

Metode pengajaran terpadu telah dirancang sedemikian rupa untuk membuat peserta efektif belajar. Keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan mengikuti kursus intensif:

  • Metode pembelajaran dirancang dengan jelas & terarah. Pengajar sudah berpengalaman, sehingga kamu cukup mengikutinya
  • Pengajar akan terus memantau perkembanganmu, dan bisa menyesuaikan gaya belajar yang paling sesuai denganmu
  • Pengajar sudah pernah mengikuti tes IELTS sebelumnya, sehingga materi yang diajarkan tak jauh dari pengalaman mereka.

Mana yang sebaiknya dipilih? Semua tergantung preferensi. Apabila kamu kesulitan belajar IELTS mandiri, mengikuti kursus di lembaga bahasa adalah jawaban terbaik. Jika kamu memilih untuk kursus IELTS, pilih lembaga kursus berkualitas dan reputasinya bagus. Cari rekomendasi dari mereka yang pernah belajar IELTS sebelumnya, baik dengan belajar mandiri maupun dengan mengikuti kursus intensif IELTS.

Setiap opsi memiliki kelebihan. Pertimbangkan dengan matang sebelum memilih!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: