Belajar Memahami Review Text : Definisi, Struktur, Ciri-Ciri dan Contohnya

Contoh Review Text

Belajar Bahasa inggris tentu tidak cukup belajar berbicara saja, selain kemampuan berbicara dan mendengar, kemampuan lain yang harus kamu kuasai dalam belajar Bahasa adalah menulis. Salah satu teks dalam Bahasa inggris yang harus bisa kamu tulis dalam mempelajarinya, adalah review text.

Review text pun sering dipakai, di koran, majalah, internet, bahkan terdapat rubrik sendiri untuk memuatnya. Tapi tidak perlu berkecil hati, karena memahaminya tidaklah sulit. Pertama kamu harus mengerti pengertian review text itu sendiri untuk dapat menguasainya. Oleh karena itu, yuk simak artikel bahasan tentang review text dibawah ini!

Definisi Review Text

Mengacu pada British Course, review text adalah tulisan yang isinya adalah tinjauan tentang suatu karya atau produk yang dipublikasikan. Bentuk yang dipublikasi ini pun bisa beragam, mulai dari musik, buku, film, video dan lain sebagainya.

Karena tulisan ini berisi tinjauan dari suatu karya, maka sudah tentu berisi pendapat penulisnya, dan pendapat pasti bersifat subjektif, juga seringkali di dalamnya akan berisi kelebihan dan kekurangan dari karya yang diulas.

Tujuan Review Text

Tidak hanya bertujuan menyampaikan pendapat si penulis, tapi teks ini juga bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Pertama, Informasi ulasan ini sangat berharga bagi ketiga pihak, baik untuk masyarakat, penulis ulasannya, bahkan pihak pemublikasi karya atau produk tersebut. Teks review yang didominasi oleh hal-hal baik terkait yang diulasnya, akan menjadi promosi gratis yang menaikkan minat masyarakat terhadapnya, meski sebaliknya, jika ulasannya berisi hal buruk, kemungkinan bisa berdampak pada pemasaran.

Kedua, keingintahuan masyarakat terhadap hal baru bisa terpenuhi hanya dengan membaca teks ulasan tersebut. Adalah sebuah kewajaran jika sebelum menggunakan suatu produk atau menikmati suatu karya, seseorang akan melihat ulasan baik atau buruknya hal itu terlebih dahulu.

Ketiga, promosi tidak langsung dari teks ulasan cukup menaikkan daya tarik masyarakat kepada produk atau karya yang diulas. Meskipun, jika reviewnya adalah hal yang buruk dari produk atau karya itu sendiri, akan mempengaruhi penjualan.

Tapi di sisi lain, untuk pemilik produk atau pembuat karya, ulasan buruk itu bisa menjadi bahan evaluasi. Bahkan tidak jarang sebuah rumah makan langsung berbenah setelah mendapatkan review buruk dari pelanggannya.

Temukan materi belajar bahasa Inggris bermanfaat lainnya disini :

Cara Menulis Review Text

Dalam menulis Review text, tentu kamu harus memahami struktur text review, juga ciri-ciri yang dimilikinya.

Untuk struktur review text sendiri ada tiga, yaitu

  • Introduction

Biasanya, paragraph pertama dari sebuah ulasan produk atau karya, berisi tentang latar belakang, fungsi, sejarah, dan gambaran umum dari yang diulas, dan untuk menulis ulasan yang bagus, paragraf ini harus kuat dalam menarik perhatian pembaca.

  • Evaluation

Paragraf ini berisi penilaian si penulis terhadap produk atau karya yang diulas, bisa berisi keunikan, kualitas, atau bahkan kekurangannya. Penggambaran yang bisa digunakan penulis juga lebih rinci dan to the point dibandingkan paragraph satu yang berisi tentang pengenalan.

  • Interpretative Recount 

Jika di paragraf kedua penulis memberikan penilaiannya, maka pada paragraf ini berisi tentang pendapat si penulis tentang produk atau karya tersebut, jika me-review tentang buku atau film, biasanya akan berisi tanggapan terhadap plot, karakter, dan hal-hal yang bersifat teknis.

  • Evaluative Summation

Paragraf terakhir dari review text, berisi tentang kesimpulan terhadap produk atau karya yang diulasnya. Berisi opini terakhir dari si penulis, bahkan bisa memasukkan kritikan pedas atau punchline dari produk atau karya itu sendiri.

Ciri-Ciri Review Text

Tidak hanya struktur, kamu perlu memahami pilihan kata dan struktur Bahasa dalam menulis ulasan, yaitu di antaranya :

  1. Tense yang digunakan adalah present tense.
  2. Kata sifat atau adjective sering digunakan, misalnya bad, good, worth it, dan lain sebagainya.
  3. Menggunakan klausa yang Panjang dan kompleks
  4. Gunakan metafora dalam memberikan ulasan

Contoh Review Text

Setelah memahami pengertian, ciri-ciri, dan struktur review text, sekarang adalah contoh review text sendiri yang bisa langsung kamu pahami dan praktekkan cara membuatnya.

Harry Potter and the Half-Blood Prince Movie Review

Introduction

Harry Potter series, J.K. Rowling, really releases a very valuable series in human history. Every single part of it takes a place in my heart, and yes, I love all of it. But I will not talk about the whole series, it will take a book if I do it, so specifically I will talk about the 6th series of the movie,  Harry Potter and the Half-Blood Prince. 

Evaluation 1 

A little bit different from what has been written in the book, but overall it’s good although maybe slightly not really satisfying for people who read the book.

Evaluation 2

Really hard time for Harry. Can you imagine having a good cup of hot milk for your morning but your cat just breaks the cup with an innocent face?

Interpretation

As Always, the movie started with good opening, at first hour of this movie, Harry’s doing just fine for his potion class, he even defeat Hermione. But another everything change when Dumbledore fall from attic after being hit by Avada Kedafra by Severus Snape, or well known as Half Blood Prince. 

Perhaps in movie adaptations, not everything can be adapted from the book. Instead, it is almost different from the book at all. The movie euphoria while waiting for its release date is really thick, but when it’s released, you can hear disappointment from its fans, me included.

Summary

Although this movie causes fans disappointment, overall this movie is still a great movie to be watched. And don’t worry, because all of your questions and every missed scene will be explained in the next movie, Deathly Hallows.

Nah bagaimana menurut kamu? Semoga artikel ini dapat membantu kamu belajar mengenai review text ya! Terus semangat belajar!


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: