Berapa Sih Biaya Tes IELTS di Jakarta?

IELTS merupakan uji coba kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia sejak tahun 1988. IELTS menjadi salah satu persyaratan yang wajib diikuti kamu yang berencana melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri, tepatnya di negara berbahasa Inggris. IELTS menjadi tolok ukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang oleh lebih dari 10.000 organisasi di 140 negara. Baik itu untuk sekolah, universitas, lembaga profesional, dan otoritas imigrasi.

Setiap institusi memiliki standar skor IELTS minimum yang berbeda-beda untuk para calon mahasiswanya. IELTS memiliki tiga versi tes yang berbeda-beda, yaitu Academic, General Training, dan UKVI atau Life Skill. Calon mahasiswa yang mau mendaftar di universitas, harus mengambil tes Academic. Sedangkan General Training dimaksudkan untuk tujuan profesional, misalnya seperti visa pekerja. Terakhir, UKVI ditujukan untuk mereka yang mau mendapatkan izin tinggal di Inggris. 

Biaya tes IELTS di Jakarta

Bagi kamu yang memerlukan sertifikat bahasa Inggris IELTS untuk melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri, tentu kamu harus menjalani tes IELTS di tempat tepercaya untuk mendapatkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris ini. Apabila kamu mau melakukan tes IELTS di Jakarta, tak perlu bingung mencari karena  ada banyak lembaga yang menyediakannya. Namun sebelum mencari tahu lembaga terbaik mana yang harus dipilih, ketahui dulu biaya tes IELTS di Jakarta berikut ini.

Biaya tes IELTS (Academic & General Training)

Seperti yang telah disebutkan di atas, IELTS memiliki tiga versi tes yang berbeda-beda. Jika kamu mau melanjutkan studi, harus mengambil tes Academic. Jika kamu mau bekerja, harus mengambil tes IELTS General Training. Biaya untuk tes IELTS Academic atau General training adalah Rp2.900.000.

Biaya tes IELTS (UKVI/IELTS Life Skills) 

Bagi kamu yang mau mendapatkan izin tinggal di negara terkait, harus mengambil tes IELTS UKVI atau Life Skills. Tes bahasa Inggris IELTS Life Skills A1 dan B1. 

IELTS Life Skills A1 diikuti jika kamu perlu membuktikan kemampuanmu berbahasa Inggris dan menyimak sebagai bagian dari permohonan UK Visas and Immigration (UKVI) untuk visa ‘keluarga orang yang menetap’. Biaya yang dibutuhkan untuk tes IELTS Life Skills A1 adalah sebesar Rp2.835.000. Tes IELTS satu ini umumnya hanya tersedia di Jakarta. 

IELTS Life Skills B1 diikuti jika kamu perlu membuktikan kemampuan berbahasa Inggris dan menyimak sebagai bagian dari permohonan UK Visas and Immigration (UKVI) untuk visa indefinite leave to remain (izin untuk menetap tanpa batasan waktu tanpa menjadi warga negara Kerajaan Inggris) atau  kewarganegaraan. Biaya yang dibutuhkan untuk tes IELTS Life Skills B1 sama seperti A1, yaitu sebesar Rp2.835.000. Tes IELTS satu ini juga pada umumnya hanya tersedia di Jakarta. 

Kenapa biaya tes IELTS cukup mahal?

Jika dibandingkan dengan tes bahasa Inggris lainnya, tes IELTS memang terbilang lebih mahal. Dibandingkan dengan tes TOEFL paper based misalnya, yang hanya memakan biaya Rp300.000. Dilansir dari Tirto, beberapa hal ini lah yang membuat tes IELTS mahal:

Biaya membuat soal-soal tes 

Dalam setahun ada sekitar 48 kali tes IELTS diselenggarakan. Jika peserta tes mengambil tes 48 kali dalam setahun, maka peserta akan menemukan pertanyaan yang berbeda. Biaya IELTS mencakup penulisan dan kalibrasi soal tes yang senantiasa baru.

Biaya pemasaran

Tahun 1995, hanya ada 43.000 orang yang mengambil tes IELTS. Satu dekade kemudian, jumlahnya menjadi 2,5 juta. Pertumbuhan itu tentu didukung oleh pemasaran yang membutuhkan biaya. Semakin banyak otoritas imigrasi dan universitas yang meminta skor IELTS untuk aplikasi, maka semakin banyak orang yang membutuhkan IELTS. Saat ini, lebih dari 9.000 organisasi menerima IELTS.

Biaya penilaian

Ada empat hal yang diuji dalam IELTS, listening, reading, writing, dan speaking. Dua yang terakhir membutuhkan penilai khusus. Untuk memeriksa hasil writing, mereka harus membaca satu per satu tulisan tangan para peserta ujian. Untuk menguji speaking, mereka harus mewawancarai satu per satu juga.

Biaya pengelolaan pusat tes

Seperti yang disebutkan di atas, IELTS dikelola bersama oleh British Council, Cambridge English Language Assessment, dan IDP Education. Biaya yang dibayarkan peserta IELTS digunakan juga untuk mengembangkan lembaga-lembaga tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: