Cara Melatih Percakapan Bahasa Inggris Anak yang Mudah dan Efektif

Lakukan percakapan bahasa Inggris secara rutin untuk membuat anak cepat familiar dengan bahasa Inggris - Edu2Review
Lakukan percakapan bahasa Inggris secara rutin untuk membuat anak cepat familiar dengan bahasa Inggris – Edu2Review

Banyak orang tua ingin mengajar anak-anak mereka bahasa Inggris di rumah, tetapi tidak tahu bagaimana memulainya. Tidak masalah jika bahasa Inggris kamu sendiri tidak sempurna. Yang paling penting adalah kamu antusias dan memberi banyak dorongan dan pujian kepada anak-anak kamu.

Anak kamu akan memahami antusiasme kamu terhadap bahasa tersebut. Jangan khawatir jika anak kamu tidak segera berbicara bahasa Inggris. Mereka akan membutuhkan sejumlah waktu untuk menyerap bahasa. Bersabarlah, dan mereka akan memulai percakapan bahasa Inggris di waktu mereka sendiri. Terapkan tips berikut ini ketika belajar bahasa Inggris untuk anak!

Buat jadwal latihan yang rutin

Tetapkan waktu rutinitas latihan bahasa Inggris di rumah. Sebab, semakin terbiasa, anak akan semakin mudah untuk menyerap pelajaran bahasa. Lebih baik memiliki sesi pendek namun sering daripada sesi panjang tapi jarang. Lima belas menit cukup untuk anak-anak kecil. kamu dapat secara bertahap membuat sesi lebih lama seiring bertambahnya usia anak kamu dan rentang konsentrasi mereka meningkat. Jaga agar kegiatan singkat dan bervariasi untuk menarik perhatian anak kamu. Cobalah untuk melakukan kegiatan tertentu pada waktu yang sama setiap hari.

Anak-anak merasa lebih nyaman dan percaya diri ketika mereka tahu apa yang diharapkan. Misalnya, kamu dapat memainkan permainan bahasa Inggris setiap hari setelah sekolah, atau membaca cerita bahasa Inggris dengan anak-anak kamu sebelum tidur. Jika memiliki ruangan di rumah, kamu dapat membuat sudut bahasa Inggris tempat kamu menyimpan segala sesuatu yang terhubung dengan bahasa Inggris.

Bermain sambil belajar

Anak-anak belajar secara alami ketika mereka bersenang-senang. Flashcards adalah cara yang bagus untuk mengajar dan merevisi kosa kata dan ada banyak permainan yang dapat kamu mainkan dengan flashcards, seperti  Memory, game Kim, Snap atau Happy Families. Berikut adalah beberapa jenis permainan untuk anak-anak kamu.

  •   Permainan aksi – misalnya, Simon berkata, Bujukan, Jam berapa Pak Wolf?
  •   Permainan papan – Ular tangga, permainan tradisional lainnya
  •   Permainan kata – misalnya saya mata-mata, Hangman
  •   Game online – kamu dapat menyelesaikan waktu bahasa Inggris kamu dengan game online.

Cobalah Juga Beberapa Tips Terbaik untuk Melatih Percakapan Bahasa Inggris Anak Berikut Ini!

Menggunakan Cerita

Anak-anak kecil suka buku-buku dengan warna-warna cerah dan ilustrasi menarik. Lihatlah gambar-gambar itu bersama-sama dan ucapkan kata-kata saat kamu menunjuk ke gambar. Kemudian kamu dapat meminta anak kamu untuk menunjuk ke hal-hal yang berbeda, misalnya fabel bahasa Inggris ‘Di mana kucingnya?’ Setelah beberapa saat, dorong mereka untuk mengucapkan kata-kata itu dengan bertanya ‘Apa itu?’ Mendengarkan cerita akan membuat anak kamu terbiasa dengan suara dan ritme bahasa Inggris.

Cerita animasi di LearnEnglish Kids adalah cara terbaik bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan menyimak dan membaca. Anak yang lebih besar dapat menyelesaikan kegiatan yang dapat diunduh yang menyertainya untuk memeriksa pemahaman.

Mendengarkan Lagu

Lagu adalah cara yang sangat efektif untuk mempelajari kata-kata baru alias vocab bahasa Inggris dan meningkatkan pengucapan. Lagu-lagu dengan aksi sangat baik untuk anak-anak kecil karena mereka dapat bergabung walaupun mereka belum dapat menyanyikan lagu itu. Tindakan sering menunjukkan arti kata-kata dalam lagu.

Itulah dia beberapa cara terjitu untuk melatih percakapan bahasa Inggris. Selamat mencoba, dan semoga berhasil!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: