Cara Melatih Vocab Bahasa Inggris Anak dengan Cepat!

Menggunakan flashcards merupakan salah satu cara efektif melatih vocab bahasa Inggris anak - Edu2Review
Menggunakan flashcards merupakan salah satu cara efektif melatih vocab bahasa Inggris anak – Edu2Review

Mempelajari bahasa asing tidak selalu mudah, terutama dalam hal kosa kata. Untungnya, ada banyak cara kamu dapat belajar kosakata bahasa Inggris dan beberapa di antaranya bahkan sedikit menyenangkan!

Dalam panduan ini, kami membahas lima metode terbaik yang dapat kamu terapkan saat mengajari anakmu vocab bahasa Inggris dan memberi kamu beberapa tips tentang cara menemukan kata-kata bahasa Inggris untuk dipelajari.

Buat Flashcards

Salah satu cara belajar bahasa Inggris untuk anak yang paling populer (dan bisa dibilang terbaik) untuk belajar kosakata bahasa Inggris adalah dengan menggunakan kartu flash.  Setiap kartu flash akan memiliki satu kata bahasa Inggris yang tertulis di bagian depan dan terjemahan kata atau definisi di bagian belakang. Untuk mempelajarinya, kamu bisa memperlihatkan satu sisi kartu dan meminta anakmu untu mengucapkan kata itu di bahasa Indonesia sebelum kamu membuka jawabannya di sisi lain kartu (misalnya pada sisi bahasa Inggris terdapat kata “Car”, atau angka bahasa Inggris dari 1 hingga 10 lalu biarkan anak menyebutkan terjemahannya, baru balik sisi bahasa Indonesia untuk memberi lihat jawabannya).

Flashcard adalah sumber yang bagus karena membantu kamu menghafal kata-kata baru dengan cepat dan efektif. Mereka juga dapat disesuaikan dan digunakan kembali. Tersedia kertas dan kartu digital, dan kamu dapat membuat kartu sendiri, membeli kartu berbentuk fisik yang sudah jadi, atau mengunduh kartu digital secara online.

Buat Daftar Belajar

Metode lain yang bermanfaat adalah membuat daftar semua kata-kata kosa kata bahasa Inggris yang ingin dipelajari. Daftar berbeda dari kartu flash karena memiliki semua kata yang perlu kamu ketahui di satu tempat (bukan di kartu terpisah). Jika kamu tidak ingin berurusan dengan kerumitan menggunakan flashcards, daftar studi adalah pilihan yang tepat.

Cara Menggunakan Metode Ini Secara Efektif

Tulis kata-kata bahasa Inggris pada bagian kiri di selembar kertas, dari atas ke bawah. Disarankan untuk memberi nomor pada setiap kata. Hal ini untuk membantu berapa kata yang telah diingat oleh si buah hati. Kemudian, di sisi kanan kertas, tulis terjemahan setiap kata. 

Apa Langkah Selanjutnya yang Harus Kita Lakukan Setelah Mempelajari Vocab Bahasa Inggris?

Sekali lagi, dari atas ke bawah sehingga setiap terjemahan sejajar secara horizontal dengan padanan bahasa Inggrisnya. Ketika waktu belajar tiba, ambil selembar kertas terpisah (atau gunakan tanganmu) untuk menutupi kata-kata terjemahan di sebelah kanan. Para orang tua bisa mengeceknya sendiri, atau memang ternyata membutuhkan cek ulang, kamu tinggal memindahkan tangan untuk melihat jawabannya. Saat menebak terjemahan, pastikan anak mengucapkan setiap kata dengan keras dalam bahasa Inggris sebelum menerjemahkannya ke bahasa Indonesia.

Tulis Kata Berulang-ulang

Jika anak ingin berlatih vocab bahasa Inggris dan suka melakukan hal fisik saat belajar, menuliskan kata-kata baru ke selembar kertas adalah pilihan yang tepat untuk dicoba. Dengan metode ini, anak akan diminta untuk menulis setiap vocab bahasa Inggris beberapa kali, sambil orang tua mengucapkannya dengan keras.

Jika para orang tua pernah mengikuti kursus bahasa Inggris di masa lalu, mungkin memiliki pekerjaan rumah yang mirip dengan ini. Meskipun menghapal bukanlah keahlian semua orang, cara ini masih bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk mempelajari kata-kata bahasa Inggris.

Nah, jadi itulah dia beberapa cara untuk melatih vocab bahasa Inggris untuk anak-anak. Silakan menerapkannya dan lihat betapa bekerjanya cara ini untuk mereka!

 

Comments 1

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: