Cara Menggunakan dan Contoh Report Text Lengkap

Report Text

Report Text adalah report yang memiliki kemiripan dengan Report deskriptif. Jangan sampai salah membedakannya, Intinya, perbedaan di antara keduanya mencakup tentang deskripsi yang diberikan.

Didalam Report Text kita akan menemukan deskripsi dengan objek yang lebih umum. Sedangkan untuk contoh report text, cakupannya lebih spesifik atau bisa personal. Misalnya, ada dua judul Report yaitu “Dog” dan “My Dog”. Dalam Report berjudul “Dog”, penjelasannya mencakup hal-hal ilmiah dan umum.

Sedangkan Report berjudul “My Dog”, penjelasannya berkaitan dengan anjing seseorang dengan ciri-ciri yang hanya sesuai dengan anjing tersebut. Jadi, artikel berjudul Dog merupakan Report text sedangkan artikel berjudul My Dog merupakan Report deskriptif.

Definisi Singkat Report Text

Secara singkat dapat dijelaskan bahwa report text adalah artikel yang mendeskripsikan tentang sesuatu hal. Report merupakan hasil observasi dan analisis sistematis sehingga melahirkan kalimat-kalimat yang teruji secara ilmiah.

Selain itu, report text adalah keterangan yang diberikan atas suatu hal tertentu, khususnya dalam bentuk dokumen resmi, setelah dilakukan penyelidikan atau pertimbangan secara menyeluruh oleh orang atau badan yang ditunjuk. Jika ditarik garis besar, yang dimaksud dengan report text adalah suatu bentuk Report yang memuat uraian rinci suatu objek.

Rincian yang terkandung dalam report text biasanya adalah rincian ilmiah. Sedangkan detil ilmiah dalam report text meliputi uraian benda – benda baik fisik maupun non fisik yang didapat dari fakta ilmiah tentang benda itu sendiri.

Tujuan dan Bentuk Report Text

Sesuai dengan namanya, report text bertujuan untuk memberikan informasi ilmiah yang spesifik kepada pembaca. Bentuk Report Text termasuk artikel ilmiah dalam ensiklopedia.

Umumnya, materi report text ada pada materi bahasa Inggris SMP, yaitu di kelas 9

Struktur Generik Report Text

Report Text memiliki struktur yang terbagi menjadi dua yaitu Klasifikasi Umum dan Deskripsi. Lihat penjelasan berikut untuk detailnya:

  • Klasifikasi Umum – Pernyataan umum untuk menjelaskan subjek yang akan dilaporkan atau dijelaskan.
  • Deskripsi – Sesuai dengan namanya, description berarti deskripsi yang menjelaskan secara detail tentang sesuatu yang disebutkan dalam Klasifikasi Umum. Penjelasan tersebut dapat berupa uraian umum, bagian, ciri, kebiasaan, dan uraian ilmiah lainnya.

Tata bahasa dalam Report Text

Beberapa tata bahasa berikut biasanya digunakan dalam Text Report:

Pahami juga tentang recount text di sini

Bagaimana Cara Menulis Contoh Report Text ?

Cara Menulis (Report Text)

Setelah memahami bagaimana membuat paragraf yang baik, mari kita masuk ke konteks lebih lanjut yaitu membuat text (report). Report adalah artikel yang menjelaskan atau sesuai dengan namanya, melaporkan bagaimana suatu situasi telah terjadi.

Tipe Text

Pertama-tama, penting untuk dipahami bahwa ada dua jenis Text yang umumnya ditulis. Pertama, formal report yaitu Text singkat yang biasanya berkaitan dengan hal-hal seperti studi kasus, investigasi, eksperimen, dan lain-lain. Setelah Text ini diringkas, akan disampaikan kepada atasan.

Biasanya ada beberapa bagian dari komposisi Text formal. Selain itu, Text jenis ini digunakan di sekolah, universitas, organisasi, dan perusahaan. Text ini disiapkan dalam bentuk terstruktur. Selain Text formal, ada juga Text informal atau Text informal yang tujuannya berbeda dengan Text formal.

Mau mengingat-ngingat materi bahasa Inggris SD? Selengkapnya ada di sini>

Bagian dari Text

Penting juga untuk mengetahui bagian atau elemen apa yang ada dalam Text formal. Beberapa bagiannya adalah:

  • Mengandung “From”, “To”, dan “Date”

Ini untuk menjelaskan siapa yang menulis, siapa yang menjadi obyek dalam bacaan, dan kepada siapa Text ini diberikan. Selain itu, tanggal pembuatan Text juga penting untuk dokumentasi.

  • Judul Text

Selain itu, tidak kalah pentingnya untuk menuliskan judul Text atau subjek tulisan. Ini digunakan untuk memudahkan orang yang membacanya untuk memahaminya.

  • Awal mula

Bagian terpenting dari Text adalah pendahuluan atau pendahuluan. Bagian ini menjelaskan apa yang diminta dari penulis dan juga daftar siapa yang meminta Text ini. Selain itu, batas waktu Text ini harus ditulis.

  • Bagian kedua

Selanjutnya setelah bagian awal atau pembuka, penulis juga menjelaskan tahapan-tahapan yang telah dilakukan selama menyusun Text atau melakukan percobaan. Cara ini juga mencakup penjelasan tempat, wawancara, survey, dan masih banyak lagi. Semuanya disajikan untuk membantu orang memahami dengan metode apa semua data ini dikumpulkan.

  • Temuan

Bagian ketiga merupakan bagian terpenting dalam sebuah Text, berisi temuan atau temuan. Bagian ini harus menjadi yang paling jelas dan paling padat karena di situlah semua temuan penting disajikan. Biasanya bagian temuan ini lebih panjang dari yang lain, dan menggunakan sub-judul untuk memfasilitasi klasifikasi.

Ingat, gunakan juga kalimat pendek dan jelas. Hindari menggunakan kalimat panjang. Tidak hanya itu, penulis juga dapat menggunakan berbagai macam bentuk seperti tabel, listicles, diagram, dan lain sebagainya untuk mendukung penyajian data dengan mudah.

  • Kesimpulan

Setelah memaparkan temuan, bagian keempat dari Text adalah kesimpulan yang diperoleh dari keseluruhan proses penyusunan Text. Dari semua yang dijelaskan pada bagian ketiga, disinilah penulis merangkum semua yang telah diperolehnya berdasarkan data yang ada.

  • Saran

Bagian terakhir setelah memaparkan kesimpulan adalah rekomendasi dan saran yang diberikan oleh penulis. Ini penting untuk kelanjutan sebuah Text. Pada dasarnya, Text dibuat tentang kemajuan suatu masalah. Dengan cara ini, penulis dapat memberikan rekomendasi pribadi mereka terkait masalah yang diangkat. Tentu anjuran ini tidak akan main-main karena didasarkan pada eksperimen yang tersusun rapi.

  • Penutupan

Pada akhirnya Text akan memuat nama penulis dan elemen lain seperti tanda tangan. Biasanya bagian ini ditulis di kiri bawah halaman.

Mempelajari materi bahasa Inggris SMA sejak masih duduk di bangku SMP pun tak masalah lho!

Contoh Report Text

Universe consists of planets. A planet is a body in space that revolves around a star. There are nine planets in our solar system, and these nine planets travel around the sun. The names of the planets are Mercury, Venus, Earth, Mars, Jupiter, Saturn, Uranus, Neptune, and Pluto.

Planets travel in orbits around the stars. All of the planets of the solar system revolve in elliptical orbits. In other words, their orbits are like large, flat circles. The time that it takes a planet to make one revolution around the sun is called a year.

The Greeks were the first people to recognize and gives name to some of the planets. Tile word planet comes from a Greek word meaning wanderer if a person wanders, this means that he goes from one place to another and does not have a home. The Greeks thought that planets “wandered” in the sky. However, modern scientists can predict the movement of the planets very accurately.

Demikian yang dapat kami jelaskan tentang Cara Menggunakan dan Contoh Report Text Lengkap, semoga bermanfaat.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: