Contoh Pernyataan Pribadi untuk Beasiswa dan Langkah Membuatnya

Beasiswa Universitas

Selain skor IELTS yang tinggi, kamu juga harus berhasil menarik perhatian pihak universitas dengan membuat personal statement. Bagaimana kamu menulis pernyataan pribadi yang hebat yang akan membawa kamu ke universitas impian kamu? Berdasarkan pengalaman saya yang harus kamu lakukan adalah bekerja sangat keras untuk menulis pernyataan pribadi kamu.

Ada banyak artikel contoh pernyataan pribadi yang beredar di internet tentang cara menulis personal statement (PS) yang baik. Beberapa bahkan menguraikan apa yang harus ditulis dalam paragraf 1, paragraf 2, dan berbagai petunjuk teknis lainnya.

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa terkadang universitas tertentu memberlakukan batasan atau format penulisan PS khusus. Misalnya, jumlah maksimal huruf atau karakter, atau membatasi PS menjadi 1 atau 2 halaman. Sehingga kita harus aktif mengotak-atik website universitas tujuan untuk memahami format tulisan yang mereka inginkan.

Meski kebanyakan kampus juga memberikan keleluasaan bagi pelamar untuk menulis PS-nya. Hal utama dalam menulis makalah ini adalah pengalaman, karena saya bukan ahli dan tidak memiliki kualifikasi formal dalam hal menulis. Tetapi saya memiliki pengalaman menulis Pernyataan Pribadi yang membuat saya diterima di delapan universitas di Inggris dan Skotlandia serta satu kursus singkat di Belanda.

Dari  pengalaman itu, mungkin ada yang bisa saya bagikan melalui tulisan ini. Sedangkan yang pertama harus dimiliki adalah tujuan yang jelas dan terukur. Sebelum menulis PS kita harus memahami dan mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Kenapa kita mau sekolah, kenapa kita harus di kampus atau di negara itu, kemana hasil studinya nanti akan membawa kita.

Para pencari beasiswa luar negeri wajib memahami juga apa itu IELTS, dan jenis-jenis tes IELTS!

Bagaimana Cara Membuat Contoh Pernyataan Pribadi?

Menulis PS adalah bentuk apresiasi tentang apa yang telah kita lakukan di masa lalu, sekarang, dan bagaimana kita memproyeksikannya ke masa depan. Penulis yang baik juga pembaca yang baik. Membaca banyak informasi tentang PS akan semakin membuka wawasan tentang cara menulis PS yang baik.

Penulisan PS tidak hanya soal tata bahasa tetapi juga konten tertulis sehingga memiliki pengetahuan tentang kedua hal tersebut akan menjadi nilai plus tersendiri. Jadi tata bahasa, kosakata, atau struktur itu penting! Sebelum menulis program studi, kita harus membaca dan melakukan penelitian mandiri tentang negara, universitas, dan jurusan yang ingin kita pelajari.

Apa kelebihan dan kekurangannya dibandingkan dengan yang lain. Memiliki informasi tersebut tentunya akan memberikan kesan kepada universitas tujuan bahwa kita memahami apa yang kita inginkan. Jadi menulis PS tidak bisa dilakukan secara buru buru. Proses menulis pernyataan yang bagus tidak akan selesai dalam satu atau dua malam.

Bisa memakan waktu berhari-hari, berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk menulis, terutama untuk beasiswa pertama kali. Saya yang terbiasa menulis makalah akademis dan menulis dalam bahasa Inggris perlu merombak pernyataan pribadi saya sebanyak empat kali hingga saya yakin pernyataan pribadi saya sempat ditolak keras pernyataan pribadi.

Jadi, jangan menulis pernyataan pribadi di detik terakhir karena semakin banyak kamu membaca tulisanmu sendiri, Kamu tidak menyadari bahwa itu hal itu masih harus ditulis kembali. Penting juga untuk memiliki proof reader untuk membaca pernyataan pribadi kamu. Pastikan proof reader kamu adalah orang yang bisa berbahasa Inggris dan terbiasa menulis untuk menemukan kelemahan pada tulisan kamu sehingga bisa memberikan saran yang spesifik dan detail.

Baca juga: 3 Sertifikat Bahasa Inggris yang Wajib Diketahui Pemburu Beasiswa

Apa itu Pernyataan Pribadi?

Pernyataan pribadi atau personal statement ialah tulisan yang harus disiapkan untuk memperoleh informasi dari calon penerima beasiswa mengenai: Latar belakang pendidikan, jejaring keilmuan, rencana studi dan rencana penelitian. Disamping itu juga tentang ekspektasi masa depan setelah ditulis untuk seleksi administrasi dan wawancara.

Latar belakang pendidikan

Saya berasal dari program studi universitas yang meraih peringkat kesekian se-Asia Tenggara. Program studi saya bermitra dengan Universitas X dalam penelitian tentang hal ini dan saya adalah bagian dari tim peneliti. Tekankan, sorot pendidikan yang telah Kamu susun.

Rencana studi dan rencana penelitian

Sampaikan jika kamu seorang juru masak kue tetapi ingin sekolah bisnis. Sampaikan juga rencana penelitian / proyeknya, saya ingin mendalami ini karena ini agar saya bisa melakukan ini untuk negara saya.

Baca juga: Kenapa Tes IELTS Dibutuhkan untuk Mengajukan Beasiswa? Ini Alasannya

Apa Harapan dari Contoh Pernyataan Pribadi?

Harapan kedepannya setelah menerima beasiswa

Tuliskan cita-cita kamu setelah beasiswa menjadi wirausaha, dosen, peneliti selesai. Mengapa? Impian Amerika selalu bermimpi jauh ke depan. Rencana hidup mereka jauh ke depan dan berani bermimpi, berani bilang, sepuluh tahun lagi saya akan menjadi pengusaha sukses dengan Restoran Rantai Makanan Indonesia di seluruh dunia.

Pernyataan Pribadi mencari 10-20 terbaik dari 100 kandidat.

Personal statement merupakan cara para donatur untuk mencari calon penerima beasiswa yang layak untuk diwawancarai.

Mencari kandidat beasiswa dengan fokus penelitian dan bidang studi yang jelas.

Pada halaman pertama tuliskan siapa kami, bidang studi apa yang ingin kami coba, fokus penelitian kami dengan latar belakang pendidikan, pekerjaan, situasi di Indonesia. Jangan sampai pembaca surat pernyataan membaca lebih dari 3 paragraf, membaca total halaman pertama dan tidak mendapatkan informasi tentang siapa kita, apa fokus penelitian kita, apa yang ingin kita pelajari.

Pernyataan pribadi memperkenalkan diri kita secara akademis

Jelaskan dalam pernyataan pribadi, informasi tentang latar belakang ilmu, darimana diperoleh, dari siapa sajakah figurnya, jaringan seperti apa di Indonesia itu dan tuliskan jika universitas saya satu jaringan.

Sembari mempersiapkan personal statement, jangan lupa juga untuk melakukan IELTS preparation & practice agar peluang diterima beasiswa semakin besar.

Siapakah Pembaca Pernyataan Pribadi?.

Tim seleksi akademik beasiswa: 1-2 orang.

Salah satu tim seleksi memiliki kedisiplinan yang erat dengan bidang keilmuan. Pembaca pernyataan pribadi sangat berpengalaman di bidang seleksi beasiswa karena sudah terbiasa membaca pernyataan pribadi dan pernah mendapat beasiswa juga. Jadi jangan bohong, jangan copy paste, karena hal tersebut akan segera ketahuan dan membuat kamu tidak lolos seleksi beasiswa tersebut.

Demikian yang dapat kami jelaskan tentang Contoh Pernyataan Pribadi, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat. Terima kasih.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: