Contoh Soal Listening Tes IELTS untuk Dipelajari

Tes IELTS bagi kebanyakan orang adalah hambatan yang sangat tinggi untuk lulus untuk melanjutkan studi Master di luar negeri. Tes IELTS menjadi momok yang sangat menakutkan karena merupakan dokumen wajib untuk melamar S2 di luar negeri dan biayanya mahal sehingga sayang untuk mengulang tes ini apabila gagal.

Tes pemahaman bahasa Inggris yang diakui secara internasional pada umumnya seperti IELTS atau TOEFL-IBT memerlukan persiapan yang matang dan matang agar hasil yang diperoleh sesuai dengan kebutuhan. Di luar sana, khususnya di dunia maya, banyak sekali contoh soal Listening Tes IELTS.

Namun, masih sedikit informasi tentang bagaimana menjawabnya tanpa merasa gugup karena mungkin banyak orang yang tidak sepenuhnya siap. Saat ini pendidikan di luar negeri. Hal ini menjadi daya tarik bagi pelajar Indonesia yang syaratnya harus dicapai yang terbuka untuk rombongan manapun dan banyak juga yang memberikan beasiswa gratis untuk belajar di luar negeri.

Bahkan berbagai yayasan pemburu beasiswa rumahan membutuhkan hal yang cukup rumit, termasuk syarat kemahiran berbahasa Inggris sesuai negara yang dituju. Biasanya yayasan dan universitas akan meminta untuk mengikuti tes IELTS atau TOEFL sebagai persyaratan masuk. Banyak juga yang bertanya-tanya tes mana yang akan diambil atau tes mana yang memiliki keuntungan lebih baik.

Dalam mempersiapkan tes ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti mengambil pelajaran intensif atau belajar sendiri, tetapi semua itu tergantung pada waktu, keterampilan dan uang yang Kamu miliki. Jika Kamu termasuk tipe orang yang suka terorganisir dan malas berinisiatif mencari bahan ajar bahasa Inggris, dan biaya tidak menjadi masalah maka mengambil les privat adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, jika kamu khawatir waktu kamu terbatas, les privat bisa menjadi alasan agar kamu bisa membagi waktu untuk belajar bahasa Inggris dengan jadwal yang lebih terjadwal. Namun, jika masalah seperti biaya menjadi kendala utama, saya sarankan mempelajari tes pemahaman bahasa Inggris ini sendiri.

Namun kamu harus memiliki inisiatif dan disiplin yang tinggi dalam mengatur waktu dan mencari materi pembelajaran, karena nantinya tidak akan ada yang membimbing kita dalam mempelajari semua materi. Sangat diharapkan jika kamu ingin belajar sendiri, maka sediakan lebih banyak waktu karena belajar IELTS membutuhkan pemahaman dan latihan yang baik.

Simak artikel ini untuk mendapatkan penjelasan lengkap tentang apa itu IELTS.

Bagaimana Cara Menyelesaikan Soal Listening Tes IELTS?

Seperti yang kita tahu, tes Listening dalam IELTS termasuk salah satu tes yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Hal ini disebabkan karena kita sebagai warga Indonesia jarang mendengar Bahasa Inggris sebagai Bahasa ibu karena Bahasa inggris memang bukanlah Bahasa yang umum digunakan sehari hari di aktivitas masyarakat.

Namun, tenang saja. Dengan persiapan yang matang dan trik yang cermat, kamu dapat menyelesaikan soal listening tes IELTS dengan mudah. Berikut adalah tips dan triknya!

1. Menonton Film Bahasa Inggris tanpa Subtitle

Menonton film Bahasa inggris tanpa subtitle adalah salah satu cara paling menyenangkan untuk belajar listening IELTS. Dengan memahami intonasi suara actor dan pengucapannya kamu bisa memahami percakapan Bahasa Inggris dengan mudah. Apalagi kalau filmnya merupakan film yang kamu sukai.

Temukan daftar rekomendasi film untuk melatih kemampuan bahasa Inggris di sini!

2. Catat Poin Poin yang Penting

Seperti yang kita tahu, tes listening dalam IELTS hanya diputar sekali. Oleh karena itu selalu perhatikan poin poin yang penting dan catat di lembar soal dengan pensil. Poin poin inilah yang akan membantu kamu untuk menyelesaikan soal soal pertanyaan tanpa perlu terlewat atau tidak terjawab.

3. Cek Daftar Pertanyaan

Sebelum rekaman listening dimulai, ada baiknya kamu membaca daftar pertanyaan yang ada untuk mempermudah kamu menentukan poin poin penting yang harus ada di jawaban pertanyaan tersebut. Bacalah secara saksama dengan pemahaman yang menyeluruh sehingga pertanyaan pertanyaan tersebut dapat terjawab dengan sempurna.

Mau sukses tes IELTS? Perbanyak latihan IELTS di situs IELTS practice gratis berikut ini!

Temukan juga informasi seputar IELTS lainnya secara lebih mendalam:

Bagaimana Contoh Soal Listening Tes IELTS

Contoh Soal Listening IELTS :

Pembicara menjelaskan tentang suasana belajar yang kondusif dan nyaman di kampus Oxford UK dengan berbagai mahasiswa dari seluruh dunia yang sedang menuntut ilmu. Pasalnya, kampus tertua di Inggris ini menjadi tujuan mahasiswa dengan fasilitas yang baik dan berkualitas. Dijelaskan pula jurnal-jurnal yang aktif oleh dunia pendidikan secara global.

Kemudian pada lembar pertanyaan yang harus dijawab akan muncul pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • Di mana tempat yang disebutkan dalam dialog?
  • Bagaimana situasi disana?
  • Berapa banyak jurnal yang diterbitkan oleh University of Oxford?

Contoh di atas adalah contoh tes IELTS yang menggunakan metode penulisan essay tanpa menggunakan pilihan ganda.

Sebagai catatan, negara-negara Asia Timur memberikan batasan skor IELTS minimal pada kisaran 6,5 atau 6, namun hal ini berbeda dengan negara-negara seperti Amerika Serikat yang rata-rata skor minimal yang diperlukan untuk belajar di sini adalah pada kisaran 6,5 – 7.

Selain nilai rata-rata, kita juga harus memperhatikan apakah universitas yang akan kita masuki memiliki batasan minimal untuk setiap aspek seperti menyimak, membaca, menulis dan berbicara. Negara seperti Belanda memiliki skor minimal tiap aspek mulai dari 6 dengan total skor tes minimal 6,5 sedangkan ada negara yang kurang memperhatikan nilai tiap aspeknya, yang penting total skor harus berada di atas 6,5, misalnya Swedia.

Nah, bagaimana? Sudah siapkah kamu untuk menghadapi tes listening IELTS?. Selamat belajar!

Simak juga artikel lainnya seputar IELTS hanya di Edu2Review.id!

 


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: