Contoh Soal TOEFL dan Cara Penyelesainnya

tes toefl

Salah satu tes Bahasa Inggris yang paling popular didunia adalah Test of English as a Foreign Language yang disingkat dengan TOEFL. Test ini dalah tes kemahiran bahasa Inggris (aksen Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar ke universitas atau negara lain di dunia atau sebagai persyaratan melamar kerja di Negara lain. Ujian ini sangat diperlukan bagi pelamar atau penutur yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Ujian TOEFL diadakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) untuk semua peserta tes di seluruh dunia.

Jenis tes TOEFL Bahasa Inggris ini umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk di hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada untuk program sarjana (S-1) dan pascasarjana (S-2 atau S-3). Hasil tes contoh soal TOEFL juga digunakan sebagai bahan pertimbangan kemampuan berbahasa Inggris calon mahasiswa yang mendaftar ke perguruan tinggi di negara lain, termasuk perguruan tinggi di luar negeri.

Secara umum, tes TOEFL lebih berorientasi pada bahasa Inggris British, dan sedikit berbeda dari jenis tes IELTS. Berbeda dengan tes IELTS, tes TOEFL ini umumnya tidak memiliki sesi tes wawancara individu. Selain itu, TOEFL kini mulai digunakan di dunia kerja sebagai mekanisme rekrutmen atau promosi level. Biasanya pengujian ini memakan waktu sekitar tiga jam dan dilakukan dalam 4 bagian yaitu:

  • Listening Comprehension,
  • Structure and Written Expression
  • Reading Comprehension
  • Test of Written English

Hasil tes TOEFL juga digunakan sebagai bahan pertimbangan kemampuan berbahasa Inggris calon mahasiswa yang mendaftar ke perguruan tinggi di negara lain, termasuk perguruan tinggi di luar negeri. Secara umum tes TOEFL lebih berorientasi pada bahasa Inggris Amerika, dan sedikit berbeda dengan tes IELTS yang berorientasi pada bahasa Inggris British. Berbeda dengan tes IELTS, tes TOEFL ini umumnya tidak memiliki sesi tes wawancara individu.

Serupa Tapi Tak Sama, Apa bedanya sih TOEFL dan IELTS?

Apa Saja Jenis dari Contoh Soal TOEFL dan skornya?

Jenis TOEFL dan skornya

Tes Bahasa Inggris TOEFL terdiri dari dua jenis, yaitu Tes Berbasis Komputer dan Tes Berbasis Kertas. Model Pengujian Berbasis Komputer merupakan pengujian yang menggunakan media komputer. Skor penilaian model ini berada pada kisaran 216-677. Sedangkan Paper Based Testing adalah tes yang menggunakan kertas sebagai media pengujian.

Skor penilaian dengan model ini berada pada kisaran 450-550 ke atas. Skor tes TOEFL berkisar dari 310 (skor minimum) hingga 677 (skor maksimum) untuk versi PBT (tes berbasis kertas). Sejak tahun 1998, tes TOEFL dilakukan secara online menggunakan komputer (Computer-based Testing / CBT), dan sejak tahun 2005 disebut iBT (Internet-based Test).

Di tempat-tempat yang belum bisa melaksanakan CBT atau iBT (karena belum ada fasilitas komputer dan jaringan internet), ujian TOEFL masih dilaksanakan secara manual dengan menggunakan kertas dan potlot (ujian berbasis kertas atau PBT). Informasi lebih lengkap tentang CBT dan tes TOEFL berbasis kertas terkait pendaftaran, lokasi, biaya, dan materi persiapan tes dapat dilihat di situs resmi TOEFL.

Baru-baru ini, penyelenggara tes TOEFL juga mengadakan tes jenis TWE (Tes Bahasa Inggris Tertulis) yang nilainya terpisah dari nilai tes TOEFL. Tes ini memakan waktu 30 menit, dan peserta akan diminta untuk menulis esai singkat yang menggambarkan kemampuan peserta untuk mengekspresikan dan mengungkapkan ide atau gagasan, dan mendukung ide tersebut dengan contoh-contoh yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa Inggris yang standar.

Soal Tes TOEFL dan Pembahasan Struktur Jawaban (Tes Model 1 oleh Tebing) 17:45 M Ahkam Soal Tes TOEFL A dan Pembahasan Struktur Jawaban (Tes Model 1 oleh Tebing) Soal Tes TOEFL dan Pembahasan Jawaban (Tes Model Struktur 1 oleh Tebing ) Pertanyaan TOEFL dan Pembahasan Kunci Jawaban (Struktur) di bawah ini bersumber dari Panduan Persiapan TOEFL Cliffs.

Perlu kamu perhatikan bahwa sesi Structure and Expression Expression terdiri dari 40 pertanyaan. 15 pertanyaan pertama adalah masalah struktural sedangkan 35 pertanyaan sisanya adalah masalah ekspresi tertulis. Kamu harus menjawab empat puluh (40) pertanyaan tentang sesi struktur dan ekspresi tes TOEFL dalam 25 menit.

Oleh karena itu, kami menyarankan kamu untuk mempelajari banyak pelajaran dalam hal pemahaman kamu tentang tata bahasa atau materi struktur TOEFL. Di situs ini, kamu bisa menemukan berbagai tips belajar TOEFL diantaranya Metode Pembelajaran Struktur, Tata Bahasa TOEFL yang Baik. Berikut contoh soal TOEFL beserta Penyelesainnyanya, sebagai berikut:

3 Sertifikat Bahasa Inggris yang Wajib Diketahui Pemburu Beasiswa

Contoh Soal TOEFL Structure dan Pembahasannya

  1. _____ the demands of energy conserving, future, and greener earth. engineers, are creating new kind of electric car.
    (A) Meet
    (B) Being met are
    (C) To meet
    (D) They are meeting

Jawaban dan Pembahasan :

Jawaban              : (C) To meet
Focus Keyword   : the demands of aerospace
Pembahasan       : Pola infinitive phrase: to infinitive + object of to infinitive
Kalimat tersebut menyatakan tujuan atau maksud. Maka dibutuhkan to  infinitive phrase. Sehingga pilihan phrase yang tepat untuk mengisi rumpang tersebut adalah to meet.

  1. ______ Robert Kiyosaki, “Rich Dad Poor Dad” was a very popular book back in 1997.
    (A) Was written b
    (B) His writing was
    (C) He wrote the
    (D) Written by

Jawaban              : (D) Written by
Focus Keyword   : Robert Kiyosaki
Pembahasan       : Kalimat di atas membutuhkan Adjective Phrase untuk menerangkan kata benda “Rich Dad Poor Dad”. Frasa ajektif yang paling tepat adalah Written by. Mengapa disebut frasa ajektif, karena past participle (v3) yang tidak ditemani bentuk be atau have adalah sebuah ajektif.

Apabila kamu memilih untuk tes IELTS, pahami dulu apa itu IELTS secara mendalam.

Contoh Soal TOEFL Written Expression dan Pembahasannya

  1. The road conditions on London are the more like Liverpool than are
    A                                                    B                                C
    those of any other district in the United Kingdom
                        D

Jawaban dan Pembahasan :

Jawab            : (B) The more
Keyword        : London
Pembahasan : the more -> more
Pola comparative: more ___ than ___
Maka seharusnya tidak perlu definite article “the” tapi cukup “more” saja.

Nah, bagaimana? Semoga penjelasan dan contoh diatas dapat membantu kamu ya! Selamat berlatih

 


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: