Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri yang Masih Buka Tahun 2021

beasiswa s2
Sumber: Study in China

Buat kamu yang baru lulus S1 dan bingung ingin melangkah, biasanya pertanyaan sederhana muncul. Di antaranya melanjutkan studi magister, cari beasiswa s2 luar negeri, bekerja untuk menabung dulu atau bekerja penuh tanpa memikirkan jangka panjang untuk kuliah. Namun, pernah membayangkan bisa kuliah di luar negeri? Sepertinya menarik juga, ya.

Tidak sedikit dari lulusan sarjana melanjutkan ke program magister. Dan tidak sedikit juga para generasi saat ini yang ingin melanjutkan program magister ke luar negeri. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengikuti program magister di luar negeri? Apakah persiapannya harus sematang itu?

Persiapan untuk melanjutkan magister di luar negeri sendiri yaitu: surat rekomendasi dari universitas, motivation letter, esai sesuai permintaan oleh program beasiswa, transkrip nilai, sertifikat TOEFL/IELTS dan lain sebagainya. Ada sebagian program yang tidak mengharuskan membawa sertifikat IELTS atau TOEFL, lho.

Beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mendaftar program beasiswa S2 luar negeri, tetapi bukan itu saja yang harus dipikirkan kalau sudah menerimanya. Kamu perlu riset kondisi dan situasi yang bisa mendukung kamu untuk mencari uang di sana. Masa iya uang jajanmu mau dibiayai dengan beasiswa?

Tidak mungkin dan ada yang menawarkan, namun jarang sekali. Perlu adanya tindak lanjut ketika kamu sudah sampai di negara tujuan kamu kuliah. Namun, itu akan berjalan seiring berjalannya waktu. Jadi, program beasiswa magister ini bisa kamu apply tahun ini, lho. Masih ada kesempatan bagi kamu yang ingin kuliah luar negeri.

Buat kamu yang ingin dapat fully funded beasiswa, kami akan memberikan beberapa informasi terkait beberapa pendaftaran beasiswa S2 di luar negeri yang masih dibuka di tahun 2021 ini. Berikut rangkuman selengkapnya.

Beasiswa S2 luar negeri yang masih buka di tahun 2021

Beasiswa LPDP

LPDP ini adalah beasiswa yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia beserta Kementerian Keuangan, dimana adanya program beasiswa ini bertujuan untuk mewujudkan cita-cita penerus bangsa yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri.

Untuk sekarang pendaftaraan beasiswa S2 di LPDP itu di buka dari tanggal 1 Agustus hingga 8 September 2021. Gelombang pertama sudah ada 26.312 peserta untuk beasiswa S2 luar negeri yang terus bertambah peminatnya. Apakah kamu salah satunya?

INDBeasiswa

Pernah dapat info beasiswa dari Instagram atau link yang dibagikan oleh temanmu? Biasanya link tersebut berisi tentang beasiswa dan lomba menarik. Yap, forum untuk membuka lowongan beasiswa bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di luar negeri melalui INDBeasiswa.

Forum ini hampir sama dengan LPDP yang sama-sama menyiapkan beasiswa untuk S2 di luar negeri. Namun, sedikit perbedaan dengan LPDP yang tidak menyediakan uang beasiswa, INDBeasiswa hanya memberikan informasi menarik tentang beasiswa dan magang.

Beasiswa IB di Eindhoven University of Technology

Beasiswa ini ditujukan bagi kamu yang ingin berkuliah di Belanda. Program IB ini membebaskan uang kuliah dan juga memberikan tunjangan studi selama 2 tahun. Program dari negeri kincir angin ini juga membantu perkembangan teknologi yang ingin kamu pelajari di sana.

Jika kamu berminat mencoba mengikuti beasiswa ini, pendaftaran beasiswa ini masih dibuka hingga bulan Februari 2022. Masih banyak persiapan buat hijrah ke Belanda, dong.

Jangan lupa untuk mempersiapkan pernyataan pribadi untuk beasiswa sebelum mengajukan aplikasi beasiswa S2!

Beasiswa S2 di Stanford University

Memangnya bisa ya dapat beasiswa S2 di universitas ternama di dunia? Sosok Maudy Ayunda pun bisa melanjutkan kuliah magisternya dengan beasiswa, lho. Buat kamu yang tertantang dengan beasiswa Stanford, coba deh sekali-kali apply dan siapkan dokumen yang diperlukan.

Beruntung sekali jika kamu mendaftar beasiswa di tahun ini, karena kali ini Stanford membuka pendaftaraan beasiswa khusus S2 di luar negeri untuk semua program studi yang ada di Stanford. Penawaran yang bisa kamu dapatkan yakni mencakup biaya kuliah, tunjangan biaya hidup, tunjangan perjalanan. Beasiswa ini masih dibuka sampai Juni 2021.

Beasiswa S2 Seni Rupa dan Desain Komunikasi Visual Film di Jerman

Beasiswa ini cocok banget untuk kamu yang sebelumnya memiliki jurusan yang keterkaitan dengan seni. Beasiswa S2 luar negeri ini membuka peluang untuk kamu yang pandai di bidang tersebut. Pendaftaran beasiswa ini masih dibuka sampai 30 November 2021.

IECC China Scholarship

China juga merupakan salah satu negara yang memiliki pendidikan terbaik apalagi di bidang teknologi, karena seperti yang kamu ketahui banyak sekali barang elektronik dari negara tirai bambu ini.

Untungnya kamu tidak perlu membawa sertifikat TOEFL/IELTS karena program beasiswa di China menyediakan program bahasa Mandarin selama satu tahun. Bagi kamu yang berminat bisa langsung mendaftar karna pendaftaran ini dibuka hingga Maret tahun 2022.

Sedang mencari contoh essay beasiswa? Berikut yang bisa kamu ikuti!

Monash University Australia

Siapa yang tak ingin merasakan kampus bergengsi yang pernah dijajaki sang narator dan presenter handal, Najwa Shihab? Pastinya di benakmu ingin sekali bisa berkuliah di negeri kanguru.

Untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah S2 di Australia, kamu bisa mencoba mendaftar ke Monash University. Di universitas ini menyediakan program Leadership yang diselenggarakan oleh universitas dan penyedia keuangan pendidikan Australia, dimana mereka menyediakan biaya kuliah, transportasi dan fasilitas lainnya.

Beasiswa Penuh di APU Jepang (Asian Pacific University)

APU ini menyediakan beasiswa di segala program studi, gratis biaya selama perkuliahan, tempat tinggal, biaya hidup dan tiket pesawat pulang-pergi. Pendaftaran beasiswa ini masih akan dibuka hingga tangga 17 November 2021.

Sebelum mendaftar beasiswa, baiknya kamu siapkan niat terlebih dahulu karena itu akan lebih banyak lagi hal yang harus dipersiapkan. Melanjutkan kuliah bukan hal yang mudah butuh semangat yang tinggi, persiapan yang matang dan usaha yang kuat.

Untuk mendaftar magister  dengan beasiswa S2 full di luar negeri memang tidak semudah seperti mendaftar di dalam negeri, banyak tahapan yang harus kamu lalui. Maka dari itu pentingnya niat dan tekad yang kuat untuk melakukan hal-hal tersebut.

Memperbaiki nilai akademik waktu sarjana dengan baik juga sangat membantu dalam kelolosan dan kemudahan seleksi. Meskipun pengaruhnya tidak besar, tapi setidaknya para pemberi beasiswa S2 luar negeri akan melihat potensi yang ada dalam dirimu. Selamat mencoba dan mulailah menata masa depan baru!

 


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: