Fakta Menarik Sepeda Brompton, Sepeda Mahal Namun Laris Manis!

Sepeda brompton mahal

Bersepeda menjadi sebuah tren yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia akhir akhir ini di era new normal. Salah satu sepeda yang banyak disorot belakangan ini ialah sepeda dengan merk Brompton. Sepeda lipat asal Inggris ini terkenal karena bentuknya yang khas, materialnya yang premium serta harganya yang fantastis apabila dibandingkan dengan sepeda lipat merk lainnya.

Sepeda Brompton sendiri sangat terkenal di seluruh dunia sebagai sepeda handmade yang merepresentasikan gaya hidup dan karakter si pemakainya. Sepeda Brompton sendiri memiliki banyak jenis dan edisi (warna) yang bisa dipilih, mulai dari edisi yang reguler sampe edisi spesial yang jumlahnya sangat terbatas sehingga membuat harga jual sepeda Brompton edisi spesial biasanya sangat tinggi.

Sepeda Brompton juga tidak hanya sebagai sepeda untuk transportasi saja. Melainkan juga menjadi barang buruan para kolektor. Biasanya kolektor kolektor sepeda ini mengincar Brompton edisi terbatas yang langka untuk disimpan dan dijadikan pajangan / investasi jangka panjang.

Lalu, sebenarnya apa sih yang membuat Sepeda Brompton ini menjadi simbol status sosial dan barang incaran kolektor? Nah simak fakta fakta dibawah berikut!

Sejarah Brompton yang Panjang

Mungkin beberapa dari kita baru mengetahui merk sepeda Brompton akhir akhir ini, terlebih dari berita kasus penyelundupan Garuda Indonesia. Namun sebetulnya, sepeda Brompton sendiri sudah ada dari semenjak 45 tahun lamanya. Brompton ialah merk Sepeda buatan Andrew Ritchie yang mulai beredar sejak tahun 1975.

Sepanjang kiprahnya di dunia sepeda, Brompton telah menjual lebih dari 100 ribu sepeda di seluruh dunia. Brompton juga menerima penghargaan Prince Philip Designers Prize pada tahun 2009 atas karya Ritchie di bidang sepeda.

Bentuk dan Kerangka Brompton yang Unik dan Ringkas

Dibandingkan dengan sepeda lipat pada umumnya, Brompton memiliki bentuk yang unik dan kerangka yang ringkas. Mekanisme pelipatan Brompton sangatlah unik sehingga menjadikan ukuran Brompton ini menjadi sangat kecil apabila dilipat  Dalam posisi terlipat, ukurannya hanya setinggi 58,5 cm, panjang 56,5 cm dan selebar 27 cm.

Bentuk sepeda Brompton ini juga unik, ia memiliki bentuk rangka tengah yang melengkung, bentuk melengkung ini merupakan bentuk signature dari Brompton yang membuat orang dapat mengenali Brompton dengan mudah bahkan dari kejauhan sekalipun.

Dibuat dengan Tangan

Salah satu kelebihan sepeda Brompton jika dibandingkan dengan sepeda lainnya adalah cara pembuatannya. Sepeda Brompton selalu dibuat secara handmade di pabriknya yang terletak di daerah Greenford, Inggris. Dengan metode pembuatan handmade di satu pabrik ini, tentu membuat Brompton menjadi sangat eksklusif dan terjaga kualitasnya.

Memiliki Banyak Seri Eksklusif

Sebagai pabrikan sepeda gaya hidup. Brompton juga mengeluarkan berbagai macam seri edisi khusus yang pastinya terbatas dan hanya dikeluarkan untuk memperingati suatu event penting. 

Beberapa model eksklusif Brompton diantaranya Brompton Royal Wedding 2011 yang hanya dibuat 300 unit di seluruh dunia untuk memperingati ulang tahun pernikahan pangeran William dan Kate Middleton, Brompton Jubilee 2012 yang dibuat hanya 500 unit yang dibuat untuk memperingati hari jadi ke 60 Tahun Ratu Elizabeth di kerajaan Inggris dan masih banyak lagi seri seri Brompton eksklusif yang dibuat untuk merayakan event tertentu / kolaborasi dengan tokoh ternama dunia.

Memiliki Berbagai Macam Seri dan Aksesoris Pendukung

Brompton juga merupakan salah satu sepeda dengan seri yang paling banyak dan aksesoris pendukung yang beragam sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Brompton memiliki variasi speed 5 hingga 6 speed, bentuk handlebar, mud guard (pelindung lumpur dan lain sebagainya)

Aksesoris sepeda brompton juga sangat banyak, kamu bisa memilih mulai dari tas depan, tas untuk membawa sepeda, carrier rack di belakang dan masih banyak lagi. Dengan kustomisasi yang banyak ini membuat Brompton sangat cocok untuk siapa saja.

Nah bagaimana? Ternyata dibalik harganya yang fantastis untuk sebuah sepeda lipat Brompton memiliki banyak fakta fakta menarik bukan? Jadi Brompton mana yang jadi pilihanmu?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: