Fakta Seputar IELTS untuk Pemula yang Harus Diketahui

Sebagian besar dari kamu mungkin tak tahu sejumlah fakta seputar IELTS untuk pemula. Maka dari itu, baca sampai habis artikel ini untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang IELTS!

Untuk meraih hasil tes IELTS yang optimum, ada baiknya kamu memulai perjalanan belajarmu dengan memahami struktur ujian IELTS, 8 trik utama dalam belajar IELTS, dan mengunjungi 15 situs pembelajaran IELTS untuk mengasah skill bahasa Inggris mu.

Banyak orang yang sudah mempelajari bahasa Inggris masih merasa asing dengan IELTS. Mereka tidak tahu bagaimana cara memulai dan mempersiapkannya. Tak jarang juga yang merasa frustasi dan menyerah karena merasa kesulitan selama proses persiapan IELTS. Tapi tenang saja, artikel ini akan membeberkan sejumlah fakta IELTS untuk pemula sehingga siapapun bisa memahami prosesnya, dan melakukan persiapan terbaik.

  1. IELTS tidak harus dihafal

Tes IELTS akan menguji empat aspek keterampilan dalam berbahasa Inggris: Berbicara – Mendengarkan – Membaca – Menulis. Tapi yang terpenting, tes tersebut dirancang dengan harapan bahwa pelajar bahasa Inggris mampu mengevaluasi kemampuan mereka. IELTS juga dijadikan sebuah kriteria untuk sebuah lembaga, perusahaan, atau sekolah, dalam menilai kemampuan berbahasa Inggris karyawan, atau muridnya.

Jadi, tes IELTS bukanlah sebuah ujian hafalan. Kamu bisa saja belajar setiap malam untuk mendapatkan skor tinggi. Tapi jika kamu menggunakan metode belajar hafalan, bisa dijamin seluruh materi yang dipelajari akan hilang setelah tes selesai. Sebab dari awal, tujuan belajarmu hanyalah untuk mendapatkan skor tinggi, bukan benar-benar mengimplementasikannya dalam hidup.

Untuk itu, perbaiki dulu mindset-mu. Persiapan IELTS bukan sekadar tentang mendapatkan skor tinggi semata, tapi bagaimana cara mengimplementasikan seluruh keterampilan bahasa Inggris dalam pekerjaan, studi, dan aspek kehidupan lainnya.

article 3.1Mempelajari IELTS adalah untuk persiapan menerapkan Bahasa Inggris dalam kehidupan dan pekerjaan (Sumber: Scholarship Planet)

  1. Tak ada jalan pintas dalam persiapan IELTS

Persiapan IELTS merupakan perjalanan yang panjang, kamu tidak bisa mempelajarinya secara instan, seperti hanya sehari dua hari. Perlu ada usaha dan waktu lebih yang diinvestasikan. Tidak ada jalan pintas untuk mendapatkan skor tinggi pada tes IELTS. Kamu harus melewati proses belajar langkah demi langkah, mulai dari rendah, menengah, hingga tinggi.

Karena ini adalah perjalanan panjang, siapkan dirimu terlebih dahulu untuk tidak menyerah di tengah jalan. Apalagi jika kamu baru belajar IELTS untuk pemula. Sebelum persiapan, matangkan diri, dan miliki mindset bahwa ini adalah keahlian jangka panjang yang prosesnya tidak instan. Jika tak begitu, bisa-bisa kamu menyerah begitu saja tiap merasa kesulitan.

Setelah kamu mendapatkan pemahaman yang baik tentang IELTS, ketahui tingkat kemampuanmu. Selanjutnya kamu bisa lebih mudah dalam memilih metode belajar yang paling efektif.

article 3.2Jadwal ujian yang jelas sangat penting bagi pemula (Sumber: IELTS Planet)

  1. Kamu juga bisa berhasil dengan belajar IELTS secara mandiri

Banyak orang yang baru mempersiapkan IELTS untuk pemula berpikir bahwa mengikuti kursus intensif bisa menjamin hasil skor tinggi. Padahal, tidak selamanya seperti itu, karena semua kembali lagi pada diri masing-masing.

Di tempat kursus IELTS, kamu memang mendapatkan guru yang bisa membimbing kamu dalam mendapatkan materi, berbagi pengalaman, dan mempersiapkan bahan-bahan ujian yang harus dipelajari. Tapi bagaimanapun, pengetahuan dan kemampuan yang kamu dapatkan nantinya tergantung pada dirimu sendiri. Belajar secara mandiri pun tak akan jadi masalah. Bahkan kamu akan cenderung lebih inisiatif, dan pintar mengelola waktu.

article 3.3Belajar mandiri adalah kunci untuk membantu Anda berlatih dengan sukses (Sumber: Tailieuielts)

  1. Banyak bergaul di lingkungan berbahasa Inggris akan sangat membantu

Hanya belajar IELTS melalui buku tidak akan banyak membantumu dalam menguasai bahasa Inggris. Bergaul di lingkungan berbahasa Inggris bisa meningkatkan keterampilanmu untuk mencapai hasil tinggi dalam ujian IELTS.

Kamu bisa mendengarkan musik, menonton film, atau membaca koran dalam bahasa Inggris. Ketika kamu membaca koran misalnya, mulailah membaca teks di dalamnya dengan lantang. Hal ini secara tak sadar akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu seperti angin.

article 3.4Benamkan diri Anda di lingkungan berbahasa Inggris akan membantu Anda berkembang dengan cepat (Sumber: IELTS Planet)

  1. Persiapan IELTS butuh ketekunan tinggi

Lama waktu persiapan IELTS akan tergantung pada usaha dan ketekunanmu. Sebab, inti dari IELTS adalah akumulasi dari hasil latihanmu selama ini. Mereka yang memulai persiapan IELTS tanpa ketekunan tinggi, cenderung lebih mudah menyerah. Untuk menghindari situasi ini, kamu harus tahu dari awal tujuan utamamu dalam mempelajari IELTS, agar bisa tetap termotivasi.

article 3.5IELTS juga merupakan ujian dari kegigihan Anda (Sumber: Downloadsach)

  1. Ada sedikit penderitaan di setiap tahapan skor IELTS

0 – 5.0: Tahap ini bisa dibilang mudah untuk mereka yang memiliki latar belakang bahasa Inggris yang solid. Namun akan menjadi sulit jika pengalaman peserta kurang, apalagi jika persiapan dimulai secara tidak matang.

5.0 – 7.0: Kamu harus memiliki fondasi dasar, dan harus tahu apa yang perlu diperbaiki dan dipelajari lebih lanjut. Dalam tahap ini, kamu perlu tahu metode apa yang mau digunakan, dan bagaimana cara membagi waktu belajar dengan tepat.

7.0 – 9.0: Kamu memiliki pemahaman yang kuat tentang IELTS dasar, tahu hal-hal yang salah dari orang lain, dan mulai memikirkan metode pembelajaran dengan caramu sendiri. Untuk mencapai 8.0 hingga 9.0, kamu membutuhkan pengetahuan umum dan keterampilan berpikir yang lebih cerdas.

 

Apakah seorang yang awalnya pemula bisa mendapatkan skor IELTS hingga 9.0? Jangan ragukan dirimu! Kuncinya adalah percaya diri, dan buat langkah cerdas untuk mencapai mimpimu.

Comments 1

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: