Grammar Bahasa Inggris yang Penting Diketahui Pemula

Grammar bahasa Inggris adalah pondasi yang sangat penting agar sebuah kalimat tidak kehilangan makna. Ini dia grammar yang penting diketahui pemula. 

grammar bahasa inggris
Sumber: Lush – The Content Agency

Bayangkan jika kamu membangun rumah dengan kayu tetapi tanpa paku, sekrup atau lem.

Bagaimana struktur rumah itu bisa bertahan?

Alih-alih bertahan, tentunya rumah tersebut akan hancur berkeping-keping.

Seperti itulah rasanya berbicara dalam bahasa Inggris tanpa grammar bahasa Inggris yang tepat.

Setiap kalimat hanyalah tumpukan kata yang campur aduk!

Tata bahasa Inggris adalah salah satu elemen terpenting dalam pembelajaran bahasamu. Sayangnya, ini juga bisa menjadi salah satu yang paling rumit dan sulit.

Dalam artikel ini, Edu2Review akan menunjukkan kepadamu mengapa grammar bahasa Inggris penting dalam situasi yang berbeda, dari percakapan informal hingga komunikasi profesional.

Edu2Review juga akan membantumu mempelajari tata bahasa secara lebih efisien dengan berfokus pada konsep yang paling penting  — ditambah tiga aturan grammar bahasa Inggris utama yang tidak dapat kamu abaikan.

Baca juga: Pengertian Present Perfect Tense dan Rumus yang Mudah Dimengerti

Seberapa Penting Grammar Bahasa Inggris dalam Kehidupan Sehari-hari?

Tata bahasa yang benar adalah kunci untuk berbicara bahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri. Mengetahui tata bahasa akan membantumu untuk menghindari kesalahan yang membuat bahasa Inggris-mu terdengar asing bagi penutur asli.

Misalnya, jika kamu akan melakukan wawancara kerja di negara berbahasa Inggris, pemberi kerja akan tertarik dengan kualitas bahasa Inggris lisan dan tulisanmu. Faktanya, dalam survei perekrut pekerjaan Inggris baru-baru ini, 50% mengatakan bahwa ejaan dan tata bahasa yang buruk adalah alasan terbesar mereka menolak sebuah lamaran.

Grammar bahasa Inggris yang benar tidak hanya menunjukkan kemampuan bahasa Inggris-mu — tetapi juga menunjukkan bahwa kamu memperhatikan detail.

Ini sama pentingnya jika kamu ingin belajar di luar negeri. Perguruan tinggi dan universitas cenderung menilai bahasa Inggris akademis berdasarkan pengetahuanmu tentang grammar bahasa Inggris.

Temukan pentingnya belajar bahasa Inggris agar kamu semakin semangat >

Tata bahasa bahkan penting untuk kehidupan sosial-mu. Tahukah kamu bahwa orang-orang di aplikasi kencan online 14% lebih kecil kemungkinannya untuk mengobrol dengan seseorang yang menggunakan tata bahasa yang buruk? Selain itu, saat kamu bertemu orang baru atau mengunjungi tempat baru, hal terakhir yang kamu inginkan adalah disalahpahami! Untuk menghindari kebingungan teman, atau bahkan memesan minuman lebih banyak dari yang kamu inginkan, kamu perlu memiliki gambaran yang kuat tentang bagaimana menyusun kata-kata.

Dengan semua yang dikatakan, ingat bahwa dalam beberapa situasi tidak masalah untuk melonggarkan tata bahasa-mu. Saat kamu mengirim pesan ke teman dekat, misalnya, boleh saja menggunakan bahasa yang santai atau lebih sederhana. Berbicara online adalah cara yang luar biasa untuk terhubung dengan penutur asli dan pelajar bahasa Inggris lainnya dalam lingkungan yang bersahabat dan bebas tekanan.

Baca juga: Pengertian Past Perfect Tense, Lengkap dengan Rumusnya!

3 Aturan Grammar Bahasa Inggris yang Penting dalam Setiap Pengaturan

Sekarang setelah kamu mengetahui cara berfokus pada tata bahasa Inggris yang paling penting, ada juga beberapa aturan grammar bahasa Inggris yang perlu diketahui semua orang.

Irregular Plurals – Jamak Tak Beraturan

Jika kamu meminta teman untuk menjaga hewan peliharaanmu, seperti anjing misalnya, tetapi sebenarnya kamu memiliki tujuh anjing, temanmu tentu akan sangat terkejut.

Membuat kesalahan dengan bentuk jamak pasti akan menyebabkan kebingungan di mana saja, dari situasi sosial hingga laboratorium penelitian. Itulah mengapa sangat penting untuk mempelajari aturannya — terutama untuk bentuk jamak bahasa Inggris yang tidak beraturan, yang sulit untuk penutur asli.

Dalam bahasa Inggris, cara standar untuk membentuk jamak adalah dengan menambahkan huruf “s” di akhir kata benda tunggal.

One cat → Two cats

One shoe → Two shoes

One bath → Two baths

Aturan ini sering kali berfungsi, tetapi sayangnya ada beberapa pengecualian.

Kata yang diakhiri dengan “ss” biasanya membentuk bentuk jamak dengan menambahkan “es” di akhir. Hal ini untuk menghindari adanya tiga “s” di akhir kata, yang akan terlihat dan terdengar aneh.

One goddess → Two goddesses

One business → Two businesses

Beberapa kata mungkin tetap sama dalam bentuk jamak seperti dalam bentuk tunggal. Misalnya:

Fish → fish

Aircraft → aircraft

Beberapa di antaranya mungkin sedikit tidak jelas, tetapi kamu pasti akan melihat ada beberapa yang akan digunakan sepanjang waktu. Saat kamu menemukan kata seperti ini, buat catatan untuk membantumu mengingat bahwa kata tersebut berbeda.

Kamu mungkin juga mulai melihat pola di antara bentuk jamak tidak beraturan, tetapi jangan mengandalkannya tanpa memeriksa. Misalnya:

Goose → geese 

namun

Moose → moose (bukan “meese”)

Kata-kata semacam ini adalah yang paling menyesatkan dan mungkin paling sulit untuk dipahami. Salah satu cara untuk mempelajari bentuk jamak tidak beraturan ini adalah dengan membuat tabel dengan dua kolom selama studi kosakata biasa. Saat kamu mempelajari bagian penting dari kosakata, tulis bentuk tunggal di satu kolom dan jamak di kolom yang berlawanan. Gantung di tempat yang akan sering kamu lihat, seperti di belakang pintu kamar tidur atau di lemari es.

Setelah kamu terbiasa melihatnya, mereka akan terlihat tidak terlalu aneh!

Temukan tempat kursus bahasa Inggris terbaik di kotamu >

Articles and Gender

Memahami artikel dan gender dalam bahasa Inggris sangat penting agar dapat merujuk pada seseorang atau sesuatu dengan benar. Sayangnya, aturan tata bahasa Inggris yang sangat penting ini juga salah satu yang paling aneh, bahkan bagi banyak penutur asli.

Sebab dalam banyak bahasa, caramu mendeskripsikan kata benda bergantung pada jenis kelaminnya. Dalam bahasa Prancis, misalnya, ada artikel berbeda untuk kata benda feminin dan maskulin.

Dalam bahasa Inggris, kata benda tidak memiliki jenis kelamin tata bahasa. Biasanya penutur baru bahasa Inggris menyebut objek sebagai “he” atau “she” karena mereka terbiasa menggunakan gender dalam bahasa ibu mereka.

Kabar baiknya adalah begitu kamu menghentikan kebiasaan ini, tata bahasa Inggris sebenarnya sangat sederhana. Dua artikel yang dibutuhkan adalah “the” dan “a.” Kami menggunakan “the” untuk merujuk ke objek tertentu secara langsung, sementara kami menggunakan “a” untuk merujuk ke objek secara lebih umum.

I would like to eat the banana you bought at the store today.

I would like to eat a banana, but there aren’t any in the house.

Jika kata benda dimulai dengan vokal, artikel tak tentu menjadi “an” bukan “a.”

A bicycle

An apple

Yang membingungkan, penutur bahasa Inggris suka memanusiakan objek, meskipun kami tidak menggunakan jenis kelamin. Kendaraan sering kali dianggap feminin. Kamu mungkin mendengar seseorang berkata, “Look at her shape, she’s a real beauty!” ketika berbicara tentang sebuah guci. Ini tidak berarti bahwa guci sebenarnya harus disebut sebagai “she”, ini hanya cara untuk mengekspresikan kebanggaan atau kesukaan pada guci dengan membuatnya lebih terdengar seperti seseorang.

Baca juga: Belajar Simple Present Tense yang Mudah 

Berbicara Secara Formal

Formalitas penting untuk banyak kesempatan. Untuk wawancara, makan malam, dan kencan, kamu  harus bisa menyesuaikan bahasa Inggris-mu agar sesuai dengan suasana acara.

Salah satu perubahan tata bahasa halus yang perlu diperhatikan adalah penggunaan kata “can” dan “may” saat mengajukan permintaan atau mengajukan pertanyaan. “May” dianggap lebih formal dan sopan daripada “Can”.

Dengan seorang teman, kamu mungkin bertanya, “Can I have the food?” Dengan kolega atau seseorang yang baru saja ditemui, kamu mungkin bertanya, “May I have the wine?” sebagai gantinya.

Demikian pula, “would like” adalah versi yang lebih formal dari “want“.

I want to try on this dress. → I would like to try on this dress.

Ada satu hal yang membuat formalitas dalam bahasa Inggris lebih mudah daripada bahasa lain. Dalam banyak bahasa, ada cara formal dan informal untuk menyebut seseorang (mengatakan “you“). Dalam bahasa Prancis, misalnya, kamu dapat menggunakan tu untuk teman dan vous untuk seseorang yang tidak begitu kamu kenal. Namun dalam bahasa Inggris kami hanya memiliki satu kata: “you“. Kamu dapat memanggil sahabat, ibu, dan atasan dengan “You” tanpa mengkhawatirkan formalitas.

Meskipun tata bahasa Inggris di beberapa tempat tampak menakutkan, belajar memahami dan menggunakannya dengan benar sangatlah bermanfaat. Jangan takut membuat kesalahan saat kamu berlatih bahasa Inggris. Terkadang ini adalah cara terbaik untuk belajar! Jika kamu berkomitmen dan antusias dalam mempelajari tata bahasa, hal itu bisa menjadi aspek yang menarik dan bahkan menarik dalam mempelajari bahasa baru.

Comments 1

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: