IELTS vs TOEFL, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

ielts vs toefl

Kamu berencana kuliah, kerja, atau tinggal di luar negeri? Jangan lupa siap-siap tes profisiensi Bahasa Inggris dulu. Terutama kalau kamu mau pergi ke Amerika Serikat, Eropa, atau Australia dan New Zealand. Terkadang kampus dan tempat kerja di negara selain yang sudah disebutkan juga minta IELTS atau TOEFL, jadi ga ada salahnya kamu bersiap untuk mempertimbangkan IELTS VS TOEFL yang akan kamu pilih, saat kamu butuh. 

Apa itu IELTS? 

Kepanjangan dari IELTS adalah International English Language Testing System. Tes ini berfungsi sebagai uji profisiensi bahasa Inggris yang digunakan untuk keperluan pendidikan, keimigrasian, dan pekerjaan umumnya di Eropa. Meskipun tidak menutup kemungkinan perguruan tinggi maupun perusahaan di negara lain mengizinkan penggunaan IELTS sebagai bukti profisiensi berbahasa Inggris.

IELTS dibagi menjadi dua jenis tes, yaitu academic dan general training. IELTS jenis academic lebih cocok untuk kamu yang ingin belajar di luar negeri, sedangkan general training lebih kepada tujuan keimigrasian. Tentu saja pilihan tes yang kamu ambil mempengaruhi soal yang kamu dapatkan berikut jenis pertanyaannya.

Dari kedua jenis tes, terdapat perbedaan pada bagian reading dan writing yang disesuaikan dengan tes mana yang kamu ambil dan tujuan kamu melakukan tes. Sedangkan untuk listening dan speaking-nya sama untuk kedua jenis tes.

Apa itu TOEFL?

TOEFL menguji kemampuan berbahasa Inggris dalam setting akademik. Berbeda dengan IELTS yang memiliki opsi akademik sendiri dan umum sendiri. TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Tes ini lebih banyak digunakan untuk syarat masuk ke perguruan tinggi di Amerika Serikat dan Kanda. Meskipun, beberapa institusi di Eropa juga menerima TOEFL, demikian pula sebaliknya.

Di Indonesia ada beberapa jenis TOEFL resmi, yaitu Internet-Based Test (IBT), Paper-Based Test (PBT), Computer-Based Test (CBT). Dulunya, ketiga tes ini diterima oleh semua lembaga internasional yang meminta skor TOEFL, namun, sekarang hanya IBT yang berlaku secara internasional. TOEFL IBT ini dapat disetarakan derajatnya dengan IELTS. Maka, di artikel ini, jenis TOEFL yang dibandingkan dengan IELTS adalah TOEFL IBT.

Pahami lebih lanjut tentang apa itu TOEFL di artikel ini!

IELTS vs TOEFL IBT

Kedua jenis tes ini adalah tes yang bisa dikatakan berlaku secara internasional. Keduanya juga menguji kemampuan yang sama, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Meskipun tidak sama persis. Subtes di TOEFL IBT pun lebih banyak dari IELTS. Namun, jenis tes pada IELTS lebih beragam dibanding TOEFL yang hanya pilihan ganda dan esai pada bagian writing.

Di bagian tes writing, IELTS lebih memperhatikan kualitas bahasa namun tetap menerima ejaan Amerika, berbeda dengan TOEFL yang fokus pada kemampuan menulis sesuai tugas yang diberikan. 

Pada bagian listening, IELTS menggunakan aksen British (UK English) dan TOEFL menggunakan aksen American (US English). Namun, pada saat speaking, aksen kamu tidak akan mempengaruhi skor di kedua jenis tes, asal pengujimu mengerti apa yang kamu bicarakan. 

Pada saat pengerjaan IELTS, bagian listening, reading, dan writing dilakukan di hari yang sama dengan sedikit jeda antar tes. Namun, pada bagian speaking, bisa dilakukan sebelum atau sesudah ketiga tes tersebut dan langsung bertatap muka dengan penguji. Sedangkan pada TOEFL, semuanya dilakukan dalam sekali duduk. Speaking dilakukan dengan cara menjawab pertanyaan yang diajukan dan jawabannya direkam. 

Estimasi pengerjaan IELTS berkisar antara 2 jam 45 menit, sedangkan TOEFL kurang lebih berlangsung selama 4 jam.

Skor IELTS vs TOEFL

Skor maksimal IELTS adalah 9, sedangkan untuk TOEFL IBT adalah 120. Jenis TOEFL lain yang mungkin sudah kamu kenal, yaitu TOEFL PBT, skor maksimalnya adalah 677. Keduanya dapat disetarakan dengan standar yang telah ditentukan secara global.

Ketahui yuk bagaimana sistem skor IELTS diberikan!

Bisa digunakan di mana saja IELTS dan TOEFL?

Secara umum, IELTS dapat digunakan untuk keperluan mendaftar universitas, pekerjaan, atau lainnya untuk negara yang berbasis British-English, seperti Britania Raya, Australia, dan New Zealand. 

Sedangkan TOEFL umumnya diperuntukkan jika kamu memasukkan aplikasi ke universitas atau perusahaan yang ada di Amerika Serikat dan Kanada. 

Meskipun, keterangan itu tidak saklek. Semuanya tergantung dari institusi yang kamu incar. Cek lagi syarat dan ketentuan dari masing-masing institusi yang kamu inginkan. Beberapa institusi mengizinkan segala jenis tes profisiensi bahasa Inggris, termasuk TOEIC.

Tingkat kesulitan IELTS vs TOEFL

Untuk tingkat kesulitan tidak dapat dijelaskan secara pasti, karena semuanya tergantung kemampuan pribadi masing-masing dan tujuan mengambil tes. Namun, secara umum IELTS academic dan TOEFL, keduanya menyasar keperluan pendidikan. Jadi, pertanyaannya pun akan berkutat pada bahasa Inggris yang mengarah ke bidang akademik, dan tentunya menguji pemahamanmu akan bahasa Inggris yang lebih akademis.

Berapa lama masa berlaku IELTS vs TOEFL?

Kedua jenis tes berlaku selama dua tahun saja. Jadi, pastikan kamu mengambil tes di waktu yang benar-benar kamu butuhkan. 

Berapa biaya tes IELTS vs TOEFL?

Biaya IELTS maupun TOEFL tergantung dari penyelenggara dan terkadang ada kenaikan atau penurunan harga. Per Mei 2021, harga IELTS berkisar antara 200-270 dolar atau Rp2.800.000 – Rp3.870.000. Sedangkan, untuk TOEFL IBT kurang lebih 200-250 dolar atau Rp 2.800.000,00-Rp3.600.000. Harga untuk TOEFL jenis lain, umumnya tidak semahal TOEFL IBT.

Sebelum mengikuti tes aslinya, ukur dulu kemampuanmu dengan mengikuti tes TOEFL online gratis!

Atau, buka situs gratis ini untuk IELTS Practice tanpa perlu keluar uang!

Jadi, pilih IELTS atau TOEFL?

Keputusan ada ditangan kamu. Sekarang kamu telah mengetahui persamaan dan perbedaan dari keduanya. Tinggal lihat lagi kebutuhanmu dan cek di website resmi dari institusi yang kamu tuju apakah mereka menghendaki hasil IELTS atau TOEFL. Jika mengizinkan keduanya, maka kamu bisa memilih dengan bebas. 

Pahami lebih lajut tentang bedanya TOEFL dan IELTS di artikel ini!

Simak juga yuk artikel lainnya seputar bahasa Inggris hanya di Edu2Review.id!


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: