8 Persiapan Esensial untuk Menghadapi Academic IELTS Writing Task 1

ielts wrting task

Dalam tes IELTS akademik, kamu akan menemukan IELTS Writing Task 1. Dalam Writing Task 1, kamu akan diminta untuk menulis ringkasan setidaknya 150 kata sebagai respons terhadap grafik tertentu. Baik itu dalam bentuk bar, garis, tabel grafik, grafik pie, atau proses bagaimana sesuatu bekerja atau dilakukan.

Writing Task 1 akan menguji kemampuanmu untuk memilih dan melaporkan ide utama, untuk menggambarkan dan membandingkan data, mengidentifikasi tren dalam informasi faktual, atau menggambarkan suatu proses.

Di bawah ini merupakan sejumlah tips esensial yang bisa kamu terapkan untuk persiapan IELTS Writing Task 1. 

1. Mengenali apa itu Academic IELTS Writing Task 1 

– Kamu akan diminta untuk menuliskan laporan akademik dalam bentuk grafik 

– Pastikan kamu menulis lebih dari 150 kata, karena penguji akan menghitung jumlah kata yang dituliskan. Ditambah, akan terdapat penalti jika kamu menulis kurang dari jumlah tersebut.

– Perhatikan kamu tidak menghabiskan lebih dari 20 menit untuk menyelesaikan Writing Task 1. Maksimalkan kemampuanmu saat mengerjakan Writing Task 2, karena IELTS Writing Task 2 bisa memberikanmu skor lebih tinggi. 

2. Latihan secara rutin

Lakukan latihan secara rutin, dan gunakan bantuan dari buku latihan IELTS. Ada sebanyak 9 buku yang diterbitkan oleh IELTS. Di dalam masing-masing buku, terdapat sebanyak 4 tes IELTS yang diambil dari kertas ujian asli terdahulu. Salah satu rekomendasi buku yang bisa digunakan adalah Cambridge IELTS Practice Test Book.

3. Task 1 band score dan kriteria penilaian 

Pahamilah band score dan kriteria pada Writing Task 1. Penguji IELTS akan menilai sejumlah hal berikut ini:

Task achievement (25%)

– Kohesi alias keserasian bentuk dan koherensi alias keserasian pertautan makna pada wacana (25%)

– Kosakata (25%)

– Rentang dan akurasi tata bahasa (25%).

Penguji nantinya akan memberikanmu band score untuk setiap kriteria di atas, dan rata-rata skor final dari Writing Task 1 adalah 4.

4. Tipe grafik pada IELTS Writing Task 1

Terdapat sebanyak 6 tipe grafik utama yang akan terdapat pada Writing Task 1.

Yaitu bar, garis, tabel grafik, grafik pie, atau proses bagaimana sesuatu bekerja atau dilakukan.

Pastikan untuk latihan menulis laporan dalam berbagai bentuk grafik tersebut. Tak menutup kemungkinan kamu juga akan mendapatkan dua jenis grafik sekaligus. Misalnya grafik berbentuk garis dan pie. 

5. Paragraf perkenalan

Jangan lupa untuk berlatih menulis paragraf perkenalan. Berikut terdapat dua contoh paragraf yang umum ditulis oleh peserta. Menurutmu, mana yang lebih baik?

– Di sini kita bisa melihat bahwa grafik tersebut menggambarkan informasi mengenai jumlah penjualan dari dua perusahaan dalam dua tahun. 

– Grafik tersebut mengilustrasikan jumlah penjualan dari dua perusahaan (Marks Ltd dan Bumper Store) pada tahun 2000 dan 2010.

Pernyataan yang paling tepat merupakan pernyataan nomor dua. Sebab, pernyataan pertama mengandung kalimat non akademis seperti “Di sini kita bisa melihat” dan juga tidak terdapat cukup informasi tentang perusahaan tersebut, serta tidak disebutkan tahunnya. 

6. Gambaran besar dari IELTS Writing Task 1

Sangat penting untuk berlatih mengerjakan berbagai grafik yang kira-kira akan muncul. Grafik-grafik tersebut merupakan paragraf paling esensial pada tes writing IELTS Task 1. 

7. Kosakata

Temukan daftar kosakata yang berguna untuk setiap tipe grafik pada Writing Task. Kosakata-kosakata ini sangat penting apalagi jika kamu mendapatkan grafik garis, maps, atau grafik pie. Grafik garis merupakan tipe grafik pada Writing Task 1 yang memiliki banyak sekali kosakata yang bisa digunakan. 

Untuk mendapatkan skor yang baik pada Writing Task 1, sangat penting untuk menggunakan kata-kata dengan kata sinonimnya agar tulisanmu terlihat semakin kaya akan kosakata.

Namun, pastikan bahwa sinonim tersebut memiliki makna yang tepat. Sebab, suatu kesalahan dalam penggunaan kosakata akan membuat nilai akan berkurang. Ejaan yang tepat juga akan dicek. Jadi pastikan bahwa tidak terdapat kesalahan di sana.

8. Grammar

Untuk mendapatkan skor yang baik, kamu juga harus menggunakan struktur kalimat yang kompleks. Apalagi jika kamu menargetkan band score di atas 6.

Untungnya, struktur kalimat untuk Task 1 bisa dipelajari dan kamu adaptasikan sendiri ketika ujian nanti. Yang perlu diingat, semakin banyak kesalahan dalam tulisan, semakin kecil nilai yang akan didapatkan. Hindari kesalahan tersebut sebisa mungkin. 

9. Berlatihlah menggunakan lembar jawaban 

Sebelum menghadapi tes yang sebenarnya, pastikan untuk berlatih terlebih dahulu menggunakan lembar jawaban yang asli untuk Writing Task 1. 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: