Ini Dia Manfaat Mengenalkan Bahasa Inggris Kepada Anak Semenjak Dini!

Seorang anak sedang mengikuti les bahasa Inggris anak - Edu2Review

Hasil penelitian mengatakan bahwa memahami lebih dari satu bahasa, atau yang biasa disebut sebagai bilingualisme memiliki banyak manfaat, apalagi di zaman sekarang ini.  Bilingualisme membantu kita lebih memahami struktur bahasa dan memberi kita pandangan mendalam pada budaya lain. Bilingualisme juga dapat menunda timbulnya gejala Alzheimer.

Inilah alasan pentingnya memperkenalkan Bahasa baru kepada anak, salah satunya Bahasa Inggris. Sebagai Bahasa internasional yang digunakan oleh banyak orang dari berbagai negara, mengajarkan Bahasa Inggris pada anak, atau memasukkan mereka ke tempat les Bahasa Inggris anak, semakin dini tentu akan semakin baik. Inilah sejumlah alasan kenapa sebaiknya kamu segera memasukkan si kecil ke tempat les.

Alasan kenapa para orang tua harus memasukkan si kecil ke tempat les bahasa Inggris anak sejak dini

Aksen yang semakin terdengar seperti penutur asli:

Telah dibuktikan bahwa anak-anak yang belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya di usia yang sangat kecil memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk memiliki aksen seperti penutur asli ketika belajar bahasa lain.

Penelitian dari sebuah tim di University of Washington, yang berfokus secara khusus pada persepsi ujaran masa kanak-kanak, telah mencatat bahwa seiring bertambahnya usia, semakin sulit untuk mengambil bahasa tambahan dengan pengucapan yang mirip dengan bahasa asli.

Butuh 10.000 jam untuk menguasai sebuah bahasa baru

Malcolm Gladwell dalam bukunya Outliers percaya bahwa untuk mempelajari sesuatu dengan baik, dibutuhkan setidaknya 10.000 jam waktu untuk penugasan (berdasarkan penelitian oleh K. Anders Ericsson) serta kesempatan untuk mempelajari penugasan tersebut. Sulit bagi orang dewasa untuk menemukan 10.000 jam untuk dikhususkan untuk pembelajaran bahasa.

Anak kecil lebih senang belajar

Anak kecil senang belajar. Mereka tidak peduli jika suatu kegiatan akan meningkatkan kemampuan kognitif atau keterampilan motorik mereka. Mereka hanya ingin terjun dan bersenang-senang melakukannya. Pendekatan yang sama berlaku untuk anak-anak yang sedang belajar bahasa baru.

Kami tidak akan pernah mencoba memperkenalkan siswa sekolah menengah ke bahasa asing melalui puisi anak-anak, lagu-lagu konyol dan boneka tangan sambil duduk melingkar di karpet. Namun, untuk anak kecil, ini sebenarnya cara terbaik untuk melakukannya karena itu membuat belajar bahasa sangat menyenangkan.

Apa Manfaat Mengenalkan Bahasa Inggris Kepada Anak Semenjak Dini?

Anak-anak memiliki daya juang yang besar

Hal yang indah tentang anak-anak adalah bahwa mereka akan mencoba berbagai hal tanpa khawatir apakah mereka benar atau tidak. Ini juga berlaku untuk pembelajaran bahasa. Anak kecil sering melompat untuk mencoba apa yang telah mereka pelajari tanpa khawatir tentang kesalahan.

Mereka ingin melihat respons yang akan mereka dapatkan dari siswa dan orang dewasa lainnya ketika mencoba kata-kata baru dan kosa kata mereka. Ini adalah pengalaman yang menyenangkan dan memberdayakan bagi anak-anak.

Banyak dukungan dari lingkungan sekitar

Anak-anak kecil memiliki kesempatan untuk mendapatkan paparan dan masukan dari berbagai pengaruh yang berbeda: orang tua, guru, teman sebaya, dan keluarga besar. Ketika guru dan orang tua di papan bahasa belajar, anak-anak dapat diberikan paparan bahasa, dukungan dan interaksi sepanjang hari. Seorang guru dapat memperkenalkan kata dan lagu di kelas sementara orang tua memperkuat apa yang dipelajari dengan menawarkan kegiatan bahasa dan paparan di rumah melalui CD, buku bilingual, permainan, video dan banyak lagi.

Penelitian yang berlebihan saat ini harus membantu orang tua dan guru merasa termotivasi dan bersemangat untuk mengekspos anak-anak dan siswa mereka ke bahasa dan budaya pada usia yang sangat muda. Maka dari itu, tak perlu berpikir ribuan kali untuk memasukkan si kecil ke tempat les bahasa Inggris anak.

Bagi kamu yang berusia dewasa, jangan ragu untuk mempelajari bahasa ini lebih mendalam lagi! Sebab, tidak ada kata terlambat untuk belajar bahasa. Bahkan sampai kapan pun, pembelajaran bahasa tidak pernah berakhir!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: