Ini Pentingnya Mengikuti Tes Bahasa Inggris IELTS Sebelum Melanjutkan Studi ke Luar Negeri

Ada banyak persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa berkuliah di luar negeri. Salah satu di antaranya adalah mengikuti tes bahasa Inggris seperti IELTS, dan mendapatkan skor minimal seperti yang diminta oleh universitas terkait. Kamu yang sedang merencanakan studi ke luar negeri mungkin tak sedikit yang bertanya-tanya. Kenapa sih sertifikasi bahasa Inggris dijadikan persyaratan? Padahal, jika kita sudah cukup fasih berbahasa Inggris, tentu tak jadi masalah kan untuk berkomunikasi di sana?

Eits, jangan salah. Ternyata persyaratan tersebut bukan sekadar formalitas belaka. Ada sejumlah alasan konkrit yang membuat sertifikat bahasa Inggris IELTS menjadi faktor esensial di sini. Apa saja alasan tersebut?

5 alasan pentingnya mengikuti tes bahasa Inggris IELTS

1. Mendapatkan penilaian objektif tentang kemampuan berbahasa Inggris

Apakah kamu dianggap punya kemampuan berbahasa Inggris di atas rata-rata oleh orang-orang di sekitarmu? Atau, kamu selalu mendapatkan nilai bagus ketika ujian bahasa Inggris? Mungkin kamu merasa sudah cukup mahir. Tapi, apakah kamu benar-benar sudah memberikan penilaian objektif terhadap kemampuanmu?  Ketika mengikuti tes IELTS, kemampuanmu akan diukur berdasarkan standar yang ketat, sehingga penilaiannya menjadi objektif.

2. Komponen penilaian IELTS digunakan pada kegiatan kuliah nantinya

Dalam tes bahasa Inggris IELTS, terdapat empat aspek penilaian yaitu membaca, mendengar, menulis, dan berbicara. Keempat komponen tersebut akan digunakan pada saat kegiatan perkuliahan dimulai. Buku-buku pelajaranmu nantinya pasti akan menggunakan bahasa Inggris, dan kamu tentu dituntut untuk memahami betul isi dari buku tersebut. Saat dosen menjelaskan materi, kamu harus bisa memahami penjelasan mereka.

Begitu juga ketika kamu membuat tugas kuliah berupa essay, kamu harus bisa menuliskan argumenmu dalam bahasa Inggris yang tepat. Pun ketika berdiskusi, kemampuan bicaramu tentu sangat diperlukan. Nah, universitas dan pemberi beasiswa tentunya harus memastikan bahwa calon mahasiswa memiliki keahlian dalam keempat komponen tersebut.

3. Mampu mempersingkat waktu kuliah

Tahukah kamu bahwa pada dasarnya persyaratan pendaftaran kuliah di luar negeri terbagi menjadi dua? Persyaratan tersebut meliputi persyaratan akademis dan persyaratan berbahasa Inggris. Memang sih, kamu akan tetap diterima di universitas tersebut jika gagal memenuhi persyaratan bahasa Inggris. Namun, kamu harus mengikuti program foundation. Program foundation adalah kelas pra matrikulasi atau penyetaraan ilmu yang umumnya berlangsung selama 1 tahun. Setelah sukses menyelesaikan program foundation, kamu baru bisa mengikuti masa perkuliahan. Lain halnya jika kamu telah mengikuti tes bahasa Inggris seperti IELTS, dan memenuhi skor yang ditetapkan universitas. Kamu tak perlu lagi mengikuti program ini. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu sekaligus menghemat biaya hidup hingga satu tahun.

Baca juga: 3 Sertifikat Bahasa Inggris yang Wajib Diketahui Pemburu Beasiswa Luar Negeri

4. Bisa mempelajari ejaan dan pelafalan bahasa Inggris dari berbagai negara sekaligus

Dari segi ejaan, tata bahasa, dan kosakata, IELTS telah mencakup Bahasa Inggris British dan Amerika. Jadi, tak masalah jika kamu melanjutkan studi di Amerika, Inggris, atau negara berbahasa Inggris lainnya seperti Australia, Kanada, atau Selandia Baru. Sebab, tes bahasa Inggris IELTS dirancang oleh warga Australia, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika, yang mencoba membangun pendekatan bahasa Inggris sesuai dengan istilah yang digunakan pada iklan, koran, buku, dan perusahaan di negara masing-masing. Jadi tak heran setelah mengikuti tes IELTS, telingamu akan terlatih dengan aksen bahasa Inggris para penutur asli.

5. Keterampilan dalam berbahasa Inggris diakui di seluruh dunia

Tes bahasa Inggris IELTS dijadikan tolok ukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang oleh lebih dari 10.000 organisasi di 140 negara. Baik itu untuk tujuan pendidikan, imigrasi, hingga lembaga profesional. Selain memiliki reputasi internasional yang baik, IELTS juga dikenal hingga seluruh dunia lantaran kriterianya tinggi. Maka dari itu, ketika kamu sudah mencapai skor tinggi pada tes IELTS, kemampuan bahasa Inggris-mu dijamin tak akan diragukan lagi!

Jadi, sudah siapkah kamu mendapatkan skor bagus pada tes IELTS?

Dengan mendapatkan skor yang baik pada tes bahasa Inggris IELTS, pihak universitas dan pemberi beasiswa dapat menilai kemampuan berbahasa Inggris yang merupakan modal utama kamu untuk dapat bertahan di negara tujuan dan mengikuti perkuliahan dengan baik. Jadi, apakah kamu sudah mempersiapkan diri untuk mendapatkan skor memuaskan di tes IELTS?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: