Mengenal Jenis-Jenis Tes IELTS dan Perbedaannya

jenis tes ielts
Sumber: India Education

Terdapat dua jenis tes IELTS yang tersedia – IELTS Academic dan IELTS General Training. Tes yang kamu pilih harus didasari oleh apa yang ingin kamu lakukan.

Apa yang membuat keduanya berbeda?

IELTS Academic – mengukur apakah tingkat kemahiran bahasa Inggris-musesuai untuk lingkungan akademik. Tes ini mencerminkan aspek bahasa akademis dan mengevaluasi kesiapanmu dalam memulai pelatihan atau belajar di negara berbahasa Inggris. Umumnya, IELTS Academic diambil oleh peserta yang hendak melanjutkan studi pendidikan tinggi di luar negeri.

IELTS General Training – mengukur kemahiran bahasa Inggris dalam konteks sehari-hari yang praktis. Tugas dan tes mencerminkan situasi tempat kerja dan sosial. IELTS General Training lebih diperuntukkan kepada para pencari kerja.

Jika kamu mengikuti tes IELTS untuk mendukung aplikasi visa Inggris untuk bekerja, tinggal atau belajar di Inggris, kamu mungkin perlu mengikuti IELTS for UK Visas and Immigration (UKVI) Academic atau General Training atau IELTS for Life Skills test.

Sementara jka kamu mengikuti ujian IELTS untuk mendukung aplikasi visa Inggris untuk bekerja, tinggal atau belajar di Inggris Raya, kamu mungkin perlu mengikuti IELTS for UK Visas and Immigration (UKVI) Academic atau General Training atau IELTS for Life Skills test.

Kenali apa itu IELTS lebih mendalam >

Lain jenis tes IELTS, lain pula materi yang diujikan di setiap sesi

Untuk memudahkan peserta, kamu bisa membedakan kedua jenis tes IELTS berdasarkan tujuanmu. IELTS Academic untuk kamu yang hendak melanjutkan studi, dan IELTS General Training untuk kamu yang akan bekerja di luar negeri, terutama negara berbahasa Inggris. Tapi tahukah kamu, bahwa perbedaannya tidak hanya pada bagian itu saja. Materi yang diujikan juga memiliki perbedaan. Seperti apa bedanya?

IELTS Preparation & Practice merupakan kunci kesuksesan dari tes IELTS. Temukan tips persiapannya >

1. IELTS Listening Test (tes kemampuan mendengarkan)

Tes IELTS Listening (mendengarkan) pada IELTS Academic ataupun IELTS General Training membutuhkan waktu yang sama, yaitu sekitar 30 menit. Bagian tes ini memiliki 4 bagian, masing-masing dengan 10 pertanyaan. Dua pertanyaan yang pertama berhubungan dengan konteks sosial sehari-hari. Sedangkan bagian pertanyaan 3 dan 4 membahas konteks pendidikan dan pelatihan.

2. IELTS Reading Test (tes kemampuan membaca dan memahami teks bacaan)

Lain dengan yang sebelumnya, materi pengujian Reading untuk tes IELTS Academic dan General Training berbeda. Pada IELTS General Training, materi pengujian Reading diberikan waktu 60 menit. Tes terdiri dari 3 bagian. Bagian 1 berisi sebanyak dua atau tiga teks pendek. Kemudian, bagian 2 terdiri dari dua teks pendek. Terakhir, di bagian 3, terdapat satu teks panjang. Teks pada soal biasanya bersumber dari pemberitahuan atau iklan. Ada pula teks yang dambil dari dari buku pegangan perusahaan, dokumen resmi, buku bacaan, dan surat kabar.

Sedangkan untuk IELTS Academic, bagian tes Reading IELTS juga diberikan waktu selama 60 menit. Bedanya, teks pada soal berisi 3 teks panjang. Teks-teks tersebut diambil dari buku, jurnal, majalah dan surat kabar. Jangan khawatir, teks yang dipilih umumnya ditujukan untuk audiens non-spesialis. Jadi jangan takut akan kesulitan untuk menjawab!

Untuk mendapatkan hasil maksimal, cari tahu bagaimana IELTS score bekerja, dan temukan celahnya >

3. IELTS Writing Test (tes kemampuan menulis)

Mirip dengan Reading, tes writing IELTS juga membutuhkan waktu 60 menit. Untuk tes IELTS General Training, kamu akan diminta untuk menulis surat sebanyak 150 kata, dan esai singkat sebanyak 250 kata. Sedangkan pada tes IELTS Academic, bahasa yang digunakan biasanya sedikit lebih formal. Untuk tugas pertama, kamu akan diminta untuk mendeskripsikan tabel, bagan, atau diagram dalam 150 kata. Untuk tugas kedua, kamu akan diminta untuk menulis esai singkat sebanyak 250 kata.

3. IELTS Speaking Test (tes kemampuan berbicara)

IELTS Speaking test baik itu dalam IELTS Academic maupun IELTS General Training sama saja. Diperlukan waktu sekitar 11-14 menit pada bagian ini. Bagian tes IELTS Speaking berupa wawancara tatap muka dengan penuji tanpa gangguan. Pembicaraan di dalamnya adalah diskusi terstruktur tentang topik yang sudah dikenal.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: