Kapan Waktu Paling Tepat untuk Mempersiapkan Tes IELTS?

Sertifikat tes IELTS penting untuk dimiliki mereka yang hendak belajar, bekerja, atau menetap di lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi.

IELTS (International English Language Test System) merupakan tes bahasa Inggris berstandar internasional, yang diselenggarakan oleh banyak institusi. Saat ini, penyedia tes IELTS resmi telah tersedia di 800 lokasi di penjuru dunia. Sebelum kamu mempersiapkan dan mengikuti tes IELTS, ada baiknya ketahui terlebih dahulu waktu paling tepat untuk belajar IELTS secara efektif. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

SMP kelas 7 & 8 adalah waktu ideal untuk mempelajari IELTS

Mungkin sebagian dari kamu merasa usia ini terlalu dini untuk mempelajari IELTS. Namun menurut pendapat banyak pakar pendidikan, usia di kelas 7-8 SMP adalah waktu terbaik. Sebab, siswa masih memiliki waktu tiga hingga empat tahun untuk membentuk keterampilan bahasa Inggris dan memperbaiki kekurangan mereka.

Setelah melalui tahap persiapan sejak SMP, tiga tahun kemudian tepatnya di kelas 11 SMA, para siswa dianggap sudah mampu untuk mengikuti tes IELTS. Jika dibandingkan dengan mereka yang baru melakukan persiapan saat akan memasuki universitas, tekanan yang didapatkan para siswa yang telah mengasah keterampilan bahasa Inggris mereka sedari dini, tentu akan semakin kecil. Ditambah lagi, apabila hasil tes tidak sesuai ekspektasi, masih ada kesempatan untuk mengambil tes berikutnya.

768x512_hoc-ielts-bao-nhieu-tuoi-la-thich-hop-4

Kamu juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan

Meskipun di usia SMP kelas 7 atau 8 adalah waktu terbaik untuk mempelajari IELTS, bukan berarti kamu yang baru mau belajar saat ini tidak bisa mempelajarinya dengan efektif. Belajar IELTS juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan.

Terutama jika kamu berniat untuk melanjutkan studi di luar negeri, kamu bisa mulai mempersiapkan tes IELTS satu hingga dua tahun sebelum kamu mendaftar ke universitas yang dituju. Semua tergantung dari kebutuhan, dan kemampuan bahasa Inggris-mu sebelumnya.

Lihat juga hal yang perlu dilakukan dalam persiapan tes IELTS

768x509_hoc-ielts-bao-nhieu-tuoi-la-thich-hop-7

Misalnya negara tujuanmu tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi utama, maka kamu tidak membutuhkan sertifikat IELTS. Jika kamu sudah memiliki pondasi penggunaan bahasa Inggris yang cukup atau kuat, maka mungkin saja kamu hanya perlu beberapa bulan untuk mendapatkan skor tinggi dalam ujian IELTS.

Jadi, kapan waktu paling tepat untuk mempelajari IELTS? Semua tergantung pada sejumlah faktor di atas. Maka dari itu, ketahui dulu tujuanmu dalam mempelajari dan mengikuti tes IELTS. Setelah itu, cari tahu metode belajar seperti apa yang efektif untukmu. Jangan lupa juga untuk memilih tempat yang tepat untuk mempelajarinya.

Kunjungi Edu2Review.id setiap hari dan ketahui metode terbaik untuk mempelajari bahasa Inggris sekarang juga!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: