Kesalahan yang Sering Terjadi dalam IELTS Listening

IELTS Listening

IELTS atau International English Language Testing System, merupakan tes bahasa inggris bertaraf international yang seringkali digunakan untuk kepentingan imigrasi, kerja, atau studi. IELTS telah ada dan digunakan sejak tahun 1989.

Skor yang didapatkan saat menjalani tes IELTS sangatlah penting, karena skor tersebut membuktikan bahwa bahasa Inggris yang kamu miliki bagus. Skor tertinggi IELTS ada di angka 9.  Waktu yang diberikan untuk tes IELTS, yakni 2 jam 45 menit. Skor IELTS juga dipakai untuk bisa memperoleh visa di beberapa negara, misalnya saja, seperti Australia dan Kanada.

Umumnya, tes IELTS terdapat tes dalam bentuk speaking, reading, listening, dan writing. Setelah melakukan tes, para peserta akan dibagikan IELTS result atau hasil laporan guna diberitahukan nilai yang didapatkan.

Saat mempersiapkan atau menjalani tes IELTS listening, seringkali ditemukan kesalahan umum yang terjadi. Agar kamu bisa mencegah masalah itu, maka artikel ini akan menjabarkannya. Manfaatnya, kamu dapat mempelajarinya dengan baik dan mendapatkan skor yang tinggi.

Jenis-Jenis IELTS

Sebelum beralih pada ulasan kesalahan IELTS pada sesi listening, ada baiknya untuk mengenal jenis-jenis IELTS yang dibagi 3 versi, yakni:

  • IELTS General  : Tes yang digunakan untuk kebutuhan atau keperluan dalam mencari pekerjaan di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris.
  • IELTS Academic : Tes yang diperuntukkan bagi seseorang yang berniat untuk melanjutkan pendidikan ke universitas yang menggunakan bahasa inggris.
  • IELTS for UKVI  : Tes yang digunakan untuk keperluan imigrasi dan visa,

Nah setelah mengetahui berbagai jenis tes IELTS, selanjutnya mari kita mengatahui kesalahan kesalahan yang biasa terjadi disaat IELTS listening agar kamu bisa menghindarinya dan mendapatkan skor tinggi.

  1. Persiapan IELTS Listening yang Terlalu Singkat

Agar bisa memiliki IELTS score yang bagus pada tes IELTS listening, tentunya harus memiliki sifat konsisten dan komitmen dalam belajar. Melakukan latihan-latihan secara mandiri ataupun bersama teman, tidak dapat dilakukan hanya dalam waktu yang singkat. Kamu perlu rutin dan dalam waktu yang matang untuk mempersiapkan tes IELTS.

Waktu yang diperlukan untuk belajar, semua itu tergantung dari tingkat kemahiran bahasa Inggris yang dimiliki. Jika, kamu berada di tingkatan beginner tentunya memiliki waktu yang lebih lama untuk belajar. Sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu kamu berada di tingkatan yang mana dalam kefasihan bahasa Inggris agar dapat menentukan waktu belajar yang sesuai.

Sedang mencari tips persiapan IELTS lainnya?  Pelajari disini!

  1. Tidak Mengetahui Sistem yang Ada di IELTS

Saat menjalani tes apapun, wajib bagi kamu sebagai peserta untuk memiliki wawasan mengenai tes yang akan dilalui. Begitu juga saat tes IELTS listening. Hal ini tentu saja membantu kamu untuk membantu mengerjakan segala soal yang ada. Semakin kamu memiliki wawasan yang luas, semakin pula kamu bisa membentuk strategi yang pas.

Pelajari aturan main tes IELTS disini

  1. Estimasi Waktu yang Tidak Tepat

Seperti yang sudah diberitahukan di atas, waktu test IELTS ialah 2 jam 45 menit. 30 menit pada sesi listening.

Waktu sangatlah penting saat menjalani tes IELTS listening, karena terbatas kamu tidak bisa sesuka hati mengulur untuk mengerjakan. Banyak peserta yang mengalami perasaan terburu-buru karena dikejar waktu, sehingga mengerjakan soal sesukanya tanpa strategi.

Ada baiknya kamu mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu dan jangan terus berkutat pada soal yang sulit. Hal tersebut hanya akan membuang waktu. Jika, hanya tersisa pertanyaan yang sulit, kamu bisa menganalisis dan memilih jawaban yang paling mendekati. Pastikan semua jawaban telah terisi. Pertanyaan yang tidak dijawab, memiliki resiko yang besar gagal pada tes IELTS.

Guna mempersiapkan dengan matang, kamu bisa menjalani belajar dan mengerjakan contoh soal IELTS online secara mandiri dirumah dengan ukuran waktu. Dengan begitu, kamu bisa memantapkan strategi.

  1. Melanggar Aturan IELTS Listening

Pada tes IELTS listening, kamu akan dibagikan dokumen yang di beberapa bagiannya sudah dihilangkan. Kamu wajib memperhatikan dan mendengarkan rekaman audio untuk mengisi pada bagian yang hilang tersebut.

Perhatikan instruksi yang diberikan. Jika terdapat kalimat, “No more than two words.”, Artinya kamu tidak boleh mengisi jawaban lebih dari dua kata, jika kamu melakukan hal tersebut akan berakibat kehilangan poin.

  1. Kurang Hati-Hati Meneliti Jawaban

Saat mengerjakan tes listening, hal yang biasa dilakukan adalah menulis draft atau kata kunci jawaban pada kertas soal. Kamu diberikan 10 menit untuk mengisi jawaban akhir pada lembar jawaban yang resmi.

Hal yang mungkin bisa saja terjadi, kamu lupa memindahkan jawaban tersebut ke lembaran jawaban yang resmi. Karena dirasa sudah mengisi, sehingga kamu melupakannya. Jadi, penting untuk kamu selalu cek kembali lembar jawaban.

  1. Jawaban yang Tidak Diisi

Jika, kamu memiliki kesulitan dalam memahami listening pada rekaman, jangan pernah melewatkan atau tidak menjawab pertanyaan. Setidaknya jawab menurut intuisi atau yang menurut kamu jawaban yang paling mendekati, terlebih lagi pada pilihan ganda. Setidaknya, kamu memiliki kemungkinan untuk dapat poin.

  1. Gramatika yang Salah

Ketika mengisi soal titik-titik pada kalimat, kesalahan yang sering terjadi adalah gramatika yang salah. Jika, kamu mendengar jawabannya dengan benar, penting juga untuk kembali cek kata tersebut apakah sudah sesuai jika digabungkan dengan frasa. Kamu harus selalu memastikan pemakaian part of speech, seperti kata sifat, kata kerja, kata benda, dan lain sebagainya. Untuk mencegah hal ini, seringlah lakukan IELTS simulation.

  1. Grogi dalam Mendengarkan IELTS Listening

Hal ini yang biasanya diremehkan oleh peserta IELTS, padahal kepercayaan diri yang menentukan jawaban yang akan kamu tulis. Grogi bisa menyebabkan kamu blank dan kehilangan arah untuk fokus. Hilangkan grogi sebelum tes dimulai, agar pikiran kamu lebih jernih saat menjawab soal-soal yang ada. Untuk melatih skill percaya diri kamu, dapat coba mengisi contoh soal IELTS test online gratis yang biasanya sudah ada di internet.

Itulah 8 kesalahan umum yang sering terjadi dalam IELTS listening Test. Semoga artikel ini membantu kamu untuk mencegah kesalahan pada tes IELTS.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: