Materi Bahasa Inggris Kelas 11 Semester 1 & Semester 2 Paling Esensial

materi bahasa inggris kelas 11
Sumber: Tribunnews.com

Menyambut kenaikan kelas yang datangnya sebentar lagi, kamu sebagai pelajar perlu membekali diri dengan kisi-kisi materi seputar pelajaran yang akan datang. Seperti materi bahasa inggris kelas 11 yang akan dibahas di bawah ini sebagai bekal belajar kamu. 

Mengetahui materi lebih awal sebelum mulai sekolah akan membantu kamu mempersiapkan diri. Jadi, setelah waktu sekolah tiba kamu akan lebih mudah belajar. 

Dalam semester 1, nantinya kamu akan mendapat beberapa pelajaran yang didominasi oleh pelajaran memberikan pernyataan terhadap orang lain. Berikut diantaranya: 

  • Asking and Giving for Permission 

Materi ‘Asking and Giving for Permission’ adalah materi yang akan mengajarkan kamu untuk menyampaikan pendapat di depan umum. Selain menyampaikan pendapat, pada hal ini kamu juga akan diajarkan soal meminta pendapat dari orang lain. 

Beberapa kata kerja yang umum digunakan dalam menyampaikan atau meminta pendapat dalam bahasa inggris di antaranya adalah agree, reckon, believe, think, dan lain-lain. 

  • Expression of Satisfaction and Dissatisfaction 

Materi bahasa inggris kelas 11 semester 1 expression, khususnya soal satisfaction and dissatisfaction. Untuk pelajaran tersebut kamu akan diajari soal mengekspresikan rasa puas dan tidak akan suatu hal. 

Tidak hanya itu, pada awal bab guru akan mengajarkan bagaimana cara tepat untuk meminta pendapat orang lain soal kepuasan terhadap hal tertentu. Beberapa contoh kalimatnya adalah, “Are you satisfied?”, “How do you like your bedroom?”, atau “is there something wrong with you?”.

  • Report Text

Materi selanjutnya yang merupakan bagian dari belajar text adalah report. Sebelumnya, materi ini sudah pernah kamu pelajari saat SMP, lho. Report text sendiri adalah kalimat yang berisi informasi yang disampaikan setelah adanya penelitian atau observasi. 

Kamu akan menjumpai pada materi bahasa inggris kelas 11 report bahwa terdapat dua susunan sistematis yang ada yaitu general classification dan description.

  • Giving Advice 

Memberikan nasehat dalam bahasa Inggris akan menjadi pelajaran menyenangkan berikutnya. Nasehat dalam bahasa inggris ini akan sangat membantu kamu jika di masa depan bekerja di perusahaan multinasional. 

Ada dua kalimat khas dalam materi giving advice tersebut yaitu, ‘should’ dan ‘ought to’. Tidak hanya soal memberi nasehat, tapi juga apa perbedaan antara memberi nasehat dengan tegas sekaligus memberikan saran. 

  • Giving Warnings 

Berbeda dengan sebelumnya, kamu akan diajari bagaimana cara menyampaikan peringatan kepada seseorang. Peringatan ini bisa dalam cara yang halus atau cara yang keras. Contoh peringatan untuk tidak melakukan sesuatu seperti ‘no smoking’, don’t swimming to far’, atau ‘don’t leave me’. 

Ada juga cara menyampaikan peringatan dengan tujuan agar orang tersebut hati-hati. Materi bahasa inggris kelas 11 ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan saja dengan kalimat ‘be careful’, ‘be quite’, dan bisa juga ‘take care…’. 

  • Narrative Text 

Jika kamu sangat suka baca novel atau cerita fiksi lain, materi soal narrative text tidak akan sulit dipelajari. Tidak hanya mempelajari novel, tapi juga cerita fiksi lain seperti dongeng, fabel, dan cerita rakyat. 

Pembelajaran soal narrative text termasuk juga mengenai susunan struktur cerita yang biasanya terbagi atas orientation, complication, dan resolution. 

Pahami juga materi bahasa Inggris kelas 10 dan materi bahasa Inggris kelas 12 berikut ini!

Materi Bahasa Inggris Kelas 11 Semester 2

Tidak jauh berbeda dari semester sebelumnya, di semester 2 materi bahasa inggris yang akan disampaikan juga masih soal mengekspresikan perasaan hingga mempelajari text. 

  • Asking and Giving Opinion 

Asking and giving opinion dalam materi yaitu seputar berdialog dan bagaimana cara menyampaikan pendapat yang baik dan sopan, sekalipun yang disampaikan adalah rasa tidak setuju. 

Ada beberapa contoh kalimat khas dalam asking and giving opinion di antaranya ‘I Think’, ‘What I mean is’, ‘As I understand’ dan lain sebagainya. Namun saat kamu menyatakan tidak setuju, maka kalimat yang disampaikan adalah ‘ Sorry, i don’t agree with your opinion’, ‘I don’t agree with you’, dan masih banyak contoh lain.

  • Expressing Love and Sadness

Menyampaikan perasaan sangat penting, terutama saat kamu merasa bahagia atau sedih akan suatu hal. Di semester 2 kelas 11, kamu akan menerima pembelajaran mengenai expressing love and sadness. 

Beberapa contoh kalimat dalam mengekspresikan cinta adalah ‘I love you’, ‘I’m yours’, ‘Thank you for being my love’. Sementara contoh kalimat mengungkapkan kesedihan seperti, ‘I’m feeling blue’, ‘I can’t hold my tears down’, dan lain sebagainya.

  • Spoof Text 

Masih asing dengan spoof text? Nah, spoof text ini adalah teknik meniru hal-hal lucu yang biasanya terdapat pada film atau buku. Tujuan dari mempelajari spoof text adalah menghibur orang yang membaca atau mendengarkan. 

Beberapa hal yang mungkin dipelajari dalam spoof text adalah generic structure, ciri-ciri, sampai dengan membuat spoof text sendiri. 

  • Expressing Anger and Annoyance 

Setelah mengekspresikan rasa cinta, sedih, puas dan tidak puas, kamu akan menerima materi soal mengekspresikan kemarahan dan rasa terganggu. Ini baik dipelajari sehingga kamu tahu bagaimana cara mengekspresikan marah dengan benar dalam bahasa inggris. 

Ada beberapa jenis ungkapan marah yang dibedakan dalam bahasa inggris, misalkan grumpy atau ketika seseorang dalam kondisi hati yang buruk, crotchety atau menggambarkan orang yang mudah tersinggung, dan snappy ketika orang menyampaikan kekesalannya dengan kalimat kasar. 

Nah, itulah materi bahasa inggris kelas 11 yang akan kamu terima di semester 1 ataupun 2. Semoga setelah membaca ‘cuplikan’ di atas, kamu jadi makin siap dan semangat belajar di kelas yang baru. 


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: