Rangkuman Panduan Lengkap Materi Bahasa Inggris Kelas 12

materi bahasa inggris kelas 12
Sumber: idntimes

Hai buat kamu-kamu yang semangat belajar bahasa Inggris! Kali ini, kamu bisa temukan rangkuman informasi dan panduan lengkap mengenai materi bahasa Inggris kelas 12. Secara garis besar, materi untuk kelas 12 kali ini banyak fokus di beragam expression, teks bacaan, hingga grammar.

Nggak cuman itu saja, materi bahasa Inggris untuk kelas 12 ini juga banyak fokus pada kemampuan dasar yang penting untuk persiapan masuk kuliah dan kerja. Jadi, simak baik-baik infonya supaya kamu nggak ketinggalan, ya!

Reading Texts

  1.  Job application letter.

Dalam materi job application letter alias surat lamaran kerja ini, kamu bisa pelajari bagaimana caranya membuat surat dengan baik dan benar untuk kebutuhan lamaran pekerjaan. Tentunya kamu nggak bisa sembarangan menulis surat lamaran kerja, kan? Soalnya, dokumen ini adalah dokumen formal yang wajib dikirimkan ketika kamu melamar sebuah pekerjaan, termasuk pekerjaan freelance atau part-time sekalipun.


  1. Instruction text (giving instruction).

Jenis teks ini merupakan jenis teks yang di dalamnya terdapat unsur yang menunjukkan adanya perintah dari lawan bicara. Instruction text juga bisa disebut sebagai imperative sentence, di mana kalimat yang digunakan berisi perintah, suruhan, permintaan, atau petunjuk yang diberikan seseorang kepada lawan bicara untuk melakukan sesuatu.


  1. News item text.

News item text alias teks berita adalah sebuah teks yang di dalamnya terdapat informasi tentang kejadian pada hari ini. Tapi, kejadian alias event yang dimaksud di sini adalah kejadian yang dianggap penting sehingga perlu diberitakan atau diinfokan kepada orang lain. 


  1. Caption text and visual information.

Istilah caption tentu sudah nggak asing buat kamu, kan? Caption sendiri merupakan teks yang fungsinya adalah untuk menjelaskan sebuah gambar, selayaknya caption postingan di Instagram pada umumnya. Jadi, singkatnya caption text menjelaskan informasi dari sebuah gambar (visual).


  1. Procedure text.

Sementara itu, procedure text adalah teks yang fungsinya untuk menjelaskan sebuah proses atau tahapan secara runtut, alias prosedur. Dalam bahasa Inggris, procedure text sendiri merupakan genre dari tulisan. Tujuan dari jenis teks ini adalah untuk memberikan informasi berupa petunjuk cara melakukan sesuatu lewat serangkaian langkah atau tindakan yang runtut.

Belum memahami betul materi bahasa Inggris kelas 10? Pelajari di sini!

Expression


  1. Offering help.

Sesuai dengan artinya, offering help adalah ekspresi untuk menawarkan bantuan kepada orang lain. Umumnya, kalimat ekspresi yang menyatakan offering help diawali dengan modal auxiliaries seperti can, could, may, mighti, must, shall, should, will, dan would. Contohnya ‘would you like some coffee?’ (apakah kamu mau kopi?) dan ‘do you want a slice of cake?’ (apakah kamu mau sepotong kue?).


  1. Making request.

Sementara itu, ekspresi making request ini bisa dibilang merupakan kebalikan dari ekspresi offering help. Artinya, kamu menggunakan bentuk-bentuk ekspresi ini untuk meminta bantuan dari orang lain. Dan sama seperti ekspresi offering help, ekspresi making request juga diawali dengan modal auxiliaries. Contohnya ‘could you please help carry my books?’ (apakah kamu bisa bawakan buku-bukuku?).


  1. Expressing hope & dreams.

Sesuai dengan namanya, ekspresi ini digunakan untuk menyatakan apa yang jadi harapan (hope) dan impian (dream). Untuk membedakan keduanya, harapan adalah ekspresi yang menunjukkan niat baik (goodwill), sementara impian adalah hal yang sekilas terlihat mustahil bisa terjadi.

Grammar


  1. Adverb clause.

Adverb adalah kata keterangan, yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana sebuah aktivitas dilakukan atau bagaimana seseorang melakukan suatu hal. Jadi, singkatnya adverb ini menerangkan verb adjective. Misalnya carefully, loudly, never, often, dan slowly. Biasanya, kata yang akhirannya adalah –ly bisa langsung kamu tebak sebagai sebuah adverb.


  1. Noun clause.

Noun adalah kata benda, yang berarti noun clause digunakan untuk menunjuk suatu objek. Misalnya benda, binatang, orang, tempat, dan lainnya. Dalam sebuah kalimat, noun clause bisa menjadi objek dalam kata kerja transitif, subjek sebuah kalimat, pelengkap, objek preposisi, maupun sebagai pemberi keterangan tambahan.


  1. Reported speech.

Sedangkan reported speech ini juga bisa disebut sebagai kalimat tidak langsung (indirect speech). Jika apa yang A sampaikan ke B adalah kalimat langsung (direct speech), apa yang B katakan kepada C tentang apa yang A bilang menjadi kalimat tidak langsung.


  1. Adjective clause.

Adjective adalah kata sifat. Akan tetapi, adjective clause berbeda dari adjective karena adjective clause tidak dapat berdiri sendiri di dalam sebuah kalimat. Karena ini adjective clause termasuk dalam dependent clause. Fungsinya adalah untuk menerangkan kata benda atau pronoun dalam kalimat dan harus digabung dengan relative adverb atau relative pronoun seperti that, when, where, which, who, whom, dan whose.


  1. Connectives.

Connectives merupakan kata atau frasa yang menghubungkan kalimat atau klausa, dan bisa jadi merupakan conjunction (misalnya because, but, dan when), maupun untuk menghubungkan adverb (misalnya however, then, dan therefore).


  1. Conditional.

Kalimat conditional adalah kalimat yang di dalamnya mengandung perkiraan atau spekulasi tentang apa yang bisa terjadi, yang barangkali telah terjadi, dan yang diharapkan akan terjadi. Sering kali, kalimat conditional memiliki kata ‘if’ di dalamnya.


  1. Causative verbs.

Causative verb merupakan kata kerja yang menunjukkan bahwa subjek dalam kalimat tersebut bukanlah orang yang bertanggung jawab atau melakukan secara langsung tindakan yang disebutkan dalam kata kerja tersebut. Contohnya ‘I let my sister cut my hair’ (aku membiarkan saudaraku memotong rambutku) dan ‘the manager makes the staffs do all the works’ (sang manajer memaksa para staf untuk melakukan semua pekerjaan).

Nah, itu dia rangkuman singkat mengenai materi bahasa Inggris kelas 12. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk membantumu belajar, ya!

Simak juga artikel menarik lainnya seputar bahasa Inggris hanya di Edu2Review.id!


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: