Materi Bahasa Inggris Kelas 2 SD, Anak Pintar Berbahasa Inggris Sejak Kecil!

kelas 2 sd

Seperti yang Kamu ketahui bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang memang wajib dikuasai oleh sang anak dan mengingat pula akan pentingnya bahasa yang satu ini dalam dunia akademis hingga bidang kehidupan lainnya. Untuk itu, Kamu sebagai orang tua yang membiasakan sang anak mau belajar Bahasa Inggris terlebih lagi pada saat usia dini tentu akan jauh lebih baik.

Mengapa demikian? Karena pada saat anak masih berusia dini, tentu saja otak sang anak dapat lebih berkembang dan cepat mengerti sehingga akan memiliki dampak yang baik dalam jangka panjang terutama pada kemampuan sang anak untuk belajar sehingga nantinya akan berhasil di sekolah serta sangat bermanfaat untuk kehidupannya.

Oleh karena itu, orang tua memiliki peran penting dan aktif untuk bisa mengajarkan sang anak berbahasa Inggris. Selain itu, Kamu juga harus mengetahui bagaimana cara efektif dalam mengajarkan mereka belajar Bahasa Inggris di rumah dan pahamilah pemilihan materi Bahasa Inggris kelas 2 SD sehingga sang anak dapat belajar dengan baik di rumah. Untuk itu, semua informasi mengenai hal tersebut akan dijelaskan dibawah ini. Jadi, langsung saja Kamu simak ulasannya seperti berikut ini.

Pelajari juga materi bahasa Inggris Sekolah Dasar kelas lainnya:

Belajar Bahasa Inggris Bersama Anak

Mengajari anak agar bisa belajar dengan baik tentu bukan hanya tugas guru di sekolah saja, melainkan orang tua juga memiliki peran penting dalam hal ini. Kamu sebagai orang tua harus bisa melihat dan mengontrol sang anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik terutama dalam belajar. 

Nah, jika Kamu ingin melihat sang anak bisa menguasai Bahasa Inggris maka Kamu bisa mengajarkan anak untuk belajar Bahasa Inggris di rumah bersama Kamu. Sebagai langkah pertama Kamu dapat pergi ke toko buku ataupun mencari berbagai materi yang tepat untuk si kecil sesuai dengan usianya. 

Namun, mengingat sang anak masih terlalu kecil dan terkadang mereka sedikit malas untuk belajar dan tidak mau mendengarkan Kamu mengajarkan Bahasa Inggris tentu Kamu harus memiliki inisiatif bagaimana cara mengajari sang anak agar mau belajar Bahasa Inggris. Sebenarnya ada banyak cara dalam mengajarkan mereka Bahasa Inggris, yang terpenting adalah Kamu sebagai orang tua tidak boleh menyerah, harus tetap berusaha dan bersabar dalam mengajari anak-anak kalian.

Untuk langkah ataupun cara mengajari anak agar bisa cepat menguasai materi Bahasa Inggris kelas 2 SD maka berikut ini dapat Kamu lihat dan cobalah untuk ikuti :

  • Pilihlah materi Bahasa Inggris sesuai dengan usia anak.
  • Gunakan pendekatan pembelajaran, misalnya seperti permainan, kuis dan praktik langsung bersama sang anak.
  • Pilihlah topik materi yang tepat, misalnya hal-hal yang menarik dalam kehidupan sehari-hari, tentu hal seperti ini bisa Kamu jadikan sebagai materi pembelajaran.
  • Cobalah untuk memilih kosa kata yang sederhana dan mudah di ingat seperti “Hi, I’m Ria” atau “Hello, my name is Ria”.

Nah, dengan begitu seiringnya mereka bisa belajar setiap hari di rumah dan bertambahnya usia serta wawasan sang anak tentu Kamu bisa meningkatkan lagi materi pembelajaran tentang Bahasa Inggris di rumah. Jadi, dengan begitu sang anak akan dapat dengan cepat belajar dan mengerti tentang Bahasa Inggris.

Selain itu, penting untuk Kamu ketahui pula bahwa setiap hal yang dilakukan tentu memiliki proses, begitu pula dalam belajar Bahasa Inggris. Untuk itu, lebih baik Kamu tidak memberikan materi yang banyak, karena hal ini akan membuat sang anak menjadi bosan dan tidak mau belajar lagi. Jadi, ada baiknya untuk memberikan materi yang ringan dan sedikit, akan tetapi bisa bermanfaat bagi mereka terutama dalam penguasaan kompetensi berbahasa anak.

Kemudian, jika Kamu mengajari sang anak berbahasa Inggris maka pastikan mereka bisa mengucapkan kata dengan benar. Apabila sang anak salah dalam mengucapkan kalimat atau kata maka Anda bisa mengajarinya dengan lebih baik lagi.

Rangkuman Materi Bahasa Inggris Kelas 2 SD

Mungkin ada banyak orang yang menganggap bahwa Bahasa Inggris itu sangat sulit dan tidak mengerti. Tentu kini tidak lagi, sebab saat ini ada banyak sekali materi yang mudah untuk dipahami terutama bagi si kecil yang ingin belajar Bahasa Inggris. Nah, berikut ini ada rangkuman tentang materi Bahasa Inggris anak SD yang bisa Kamu ajarkan kepada sang anak, diantaranya seperti berikut ini.

  • Food and Drink

Mungkin materi tentang food and drink dapat Kamu ajarkan kepada sang anak, karena materi tentang makanan dan minuman tentu sangat menarik untuk Kamu ajari, misalnya seperti :

  • I like eating bread (saya suka makan roti)
  • Do you like to eat pizza? (apa kamu suka makan pizza?)
  • My Family

Kemudian Kamu juga bisa memberikan materi tentang My Family (keluargaku) dan pastinya membuat mereka mau belajar. Untuk kalimat yang dapat Kamu ajarkan, bisa dari yang sederhana dulu, misalnya seperti :

  • Mom where are you? atau dad where are you? (ibu dimana kamu?) atau (ayah dimana kamu?)
  • What are you doing mom? (apa yang sedang kamu lakukan ibu?)

Terlepas dari itu semua, Kamu juga bisa mengajarkan beberapa vocab tentang My Family seperti, mother, father, son, family, daughter, grandpa, grandma dan sebagainya.

  • Telling Time 

Berikutnya Kamu bisa mengajari pula anak tentang telling time atau menyatakan waktu, seperti :

  • 02.30 dibacanya it’s two thirty (jam dua, tiga puluh)
  • 08.10 dibacanya it’s eight past ten (jam delapan lewat sepuluh)
  • 11.50 maka dibacanya it’s eleven to twelve (jam dua belas kurang sepuluh menit)

Jadi, itulah ada beberapa kalimat dan materi Bahasa Inggris kelas 2 SD yang nantinya bisa Kamu ajarkan kepada sang anak. Namun, sebelum mengajarkan kalimat, akan lebih baik lagi jika Kamu mengajarkan anak vocab atau kosa kata sehingga mereka dapat menghafalnya dengan baik. Semoga bermanfaat!

Simak juga artikel lainnya tentang bahasa Inggris hanya di Edu2Review.id!


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: