Materi Bahasa Inggris Kelas 4 SD Terlengkap dan Terbaru

kelas 4 sd

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, yang digunakan di seluruh belahan dunia. Bukan menjadi hal yang asing lagi di masyarakat, bahasa Inggris sudah diajarkan pada anak sejak umur belia. Sebuah kesempatan yang patut digunakan dengan baik untuk belajar bahasa Inggris, karena nyatanya, belum tentu semua bisa mempelajarinya dengan mudah loh. 

Kenapa sih bahasa Inggris penting? Di era globalisasi ini, pastinya kita akan terhubung dengan orang-orang dari negara lain kan. Selain itu, untuk mengoperasikan kecanggihan teknologi, mengunduh informasi internasional, juga memerlukan pemahaman bahasa Inggris. Untuk tetap up to date, tentunya kamu perlu sedikit demi sedikit belajar. Intinya, secara garis besar, belajar bahasa Inggris memiliki banyak manfaat, deh! 

Belajar bahasa Inggris bisa dilakukan secara otodidak, kok. Jangan khawatir, selama kamu punya akses untuk mengunduh materi, kamu akan bisa memulai proses belajar. Misalnya saja, materi dasar yang biasanya diimplementasikan sebagai materi bahasa inggris kelas 4 SD di sekolah-sekolah. Memang sih, materi bahasa Inggris kelas 4 SD dianggap muatan lokal. Eitss.. tapi bukan berarti mata pelajaran ini bisa diremehkan ya. Untuk kamu, para starters yang baru mulai mendalami bahasa Inggris atau kamu yang memiliki adik kecil yang sedang menduduki bangku kelas 4 di sekolah dasar, tidak perlu gengsi dan malu untuk memulai dari materi bahasa inggris dasar. Nah, sekarang kita lihat yuk, materi bahasa Inggris kelas 4 SD atau materi bahasa inggris dasar apa aja sih yang bisa kamu pelajari sendiri.

Materi Bahasa Inggris Dasar; Percakapan 

Dalam materi bahasa Inggris kelas 4 SD dasar, biasanya terdapat banyak pengenalan cara percakapan sehari-hari, dari yang informal hingga semi formal. Materi percakapan ini berisi tentang menanyakan kabar, perkenalan diri, perintah, dan menunjuk barang, jam & waktu, dan memaparkan informasi denah lokasi sederhana. Di materi ini juga, kamu akan banyak belajar cara pelafalan kata / artikulasi yang benar. Kalau kamu mau mengoptimalkan kemampuan berbahasa kamu, jangan pernah takut untuk berlatih praktik setiap hari. Akan lebih baik lagi jika kamu berkomunikasi langsung dengan native speakers, kamu akan lebih mudah meng-impersonate mereka, dan aksen kamu akan terdengar seperti bule banget! 

Porsi materi bahasa Inggris kelas 4 SD yang diterapkan di sekolah biasa lebih spesifik, karena mengikuti kurikulum yang diimplikasikan ke dalam mata pelajaran. Tapi jangan takut, kamu masih bisa mencari referensi dari buku-buku di bookstore maupun internet, kok. 

Pelajari juga materi bahasa Inggris Sekolah Dasar kelas lainnya:

Materi Bahasa Inggris Dasar; Kosa Kata 

Vocabulary, ya kosa kata! Secara umum, materi bahasa Inggris kelas 4 SD memang memupuk kompetensi anak dalam mengenali 300 atau lebih kosa kata baru. Tidak hanya untuk kelas 4 SD ya, pengenalan kosa kata baru akan selalu berlaku dalam setiap pelajaran bahasa Inggris. 

Dalam materi bahasa inggris dasar ini, anak-anak kelas 4 SD biasa akan mempelajari tentang barang-barang di kelas, buah-buahan, hewan-hewan langka, kata kerja, emosi/perasaan, dsb. Kosa kata sangat penting loh, karena hal ini yang akan menjembatani setiap kalimat yang kamu lontarkan dalam bahasa Inggris. Jadi penting sekali jika kamu memulai memperkaya kosa katamu, misalnya lewat film, lagu, buku, dan sebagainya. 

Materi Bahasa Inggris Dasar; Tata Bahasa 

Beberapa orang menganggap bahwa grammar adalah momok yang cukup menakutkan, terutama bagi mereka yang berada di kelas 4 SD. Tapi dalam materi bahasa Inggris kelas 4 SD, grammar merupakan suatu konteks mendasar yang penting dipahami sebelum seseorang membentuk kalimat. Misalnya saja untuk tingkatan kelas 4 SD, biasanya mereka akan mempelajari demonstrative pronouns atau kata ganti penunjuk, kalimat positif-negatif-interogatif, penempatan kata tanya, dll.

Jika kamu kurang nyaman mengikuti materi bahasa inggris kelas 4 SD, kamu bisa mulai dengan mempelajari 3 tenses utama dalam bahasa inggris; simple past tense, simple present tense, simple future tense. Ketika kamu sudah memantapkan ketiganya, kamu bisa mulai mengembangkan model variasi selanjutnya seperti present continous tense, present perfect tense, past perfect tense, future perfect tense. Terdengar rumit? Ayo, jangan menyerah dahulu! Berlatihlah terus dan bersabar dalam belajar. Semua tidak ada yang instan, butuh waktu loh, hihihi. 

Materi Bahasa Inggris Dasar; Menulis & Mendengarkan 

Siapa nih yang suka menulis? Tepat banget, materi bahasa inggris dasar juga memuat kompetensi menulis dan mendengarkan. Kita bahas satu per satu ya! Untuk menulis dulu, jika ditinjau dari materi bahasa inggris kelas 4 SD, biasanya anak-anak akan belajar membuat kartu ucapan hari raya dan surat non-formal untuk teman dan orang tua. Untuk struktur sendiri, belum ada yang terlalu formal, jadi ini baik bagi kamu untuk bisa lebih berlatih menjadi ekspresif tanpa batasan. 

Sekarang, mari kita beralih ke mendengarkan. Untuk aktivitas yang merujuk pada pedoman materi bahasa inggris kelas 4 SD, biasanya latihan mendengarkan bisa dilakukan dengan melengkapi cerita yang kosong dan menempatkan kata yang paling tepat sesuai yang dibacakan/diputarkan lewat tape

Nah, gimana nih, setelah membaca artikel ini,  apakah kamu sudah makin yakin untuk konsisten belajar bahasa?  Ingat, dalam proses belajar, kamu harus selalu sabar ya dan menikmati setiap fasenya. Ketika kamu mulai jenuh, rehat sejenak, cari hiburan, dan jangan memaksakan diri. Ketika kamu berhasil menaklukkan satu hal, jangan lupa untuk mengapresiasi dirimu. 

Tidak ada kata telat untuk belajar kok. Tingkatkan kepercayaan dirimu, jangan biarkan mereka menghambat proses perkembanganmu! Selamat belajar sobat, semoga berhasil!

Jangan lupa untuk menyimak arikel lainnya seputar bahasa Ingris hanya di Edu2Review.id!


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: