Materi Bahasa Inggris Kelas 7: Memahami Ungkapan-Ungkapan Greeting

materi bahasa inggris kelas 7

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib ada pada jenjang sekolah, termasuk juga di Sekolah Menengah Pertama. 

Di masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah ditiadakan, dan pemerintah menggantinya dengan sistem belajar online. Tak dipungkiri, sistem belajar ini membuat para guru harus sering-sering mencari materi pembelajaran terbaru. 

Begitu pula dengan orang tua murid. Belajar bahasa Inggris secara langsung saja sudah menjadi hal yang cukup menantang bagi murid. Ditambah saat ini anak-anak harus belajar secara online, bukan tidak mungkin mereka menjadi kesulitan dalam mencerna materi. 

Untuk itu, baik guru dan orang tua murid harus sering-sering melihat materi terbaru untuk dipelajari selanjutnya. Di artikel ini, Edu2Review akan memberikan beberapa contoh materi bahasa Inggris kelas 7 yang bisa dijadikan ide pembelajaran selanjutnya. 

Nah, kali ini, Edu2Review akan membahas mengenai Greeting atau sapaan dalam berdialog. 3 hal mengenai greeting yang akan dibahas di artikel ini antara lain:

1. The definition of greeting (definisi dari greeting)

2. The expression of greeting (ungkapan-ungkapan greeting)

3. The use of greeting in dialog (contoh penggunaan ungkapan greeting dalam dialog)

Pembahasan lebih lengkapnya mengenai ungkapan greeting pada materi bahasa Inggris kelas 7 ini, bisa kamu simak di bawah ini:

The definition of greeting (definisi dari greeting)

Dalam segala bahasa, sebuah percakapan tentunya dimulai dari sapaan. Begitu juga dengan percakapan bahasa Inggris, yang biasanya dimulai dengan kalimat “Hi”, “Hello” untuk menyapa orang lain. Atau tak jarang juga kalimat “How are you?” “How do you do?” kerap digunakan untuk menanyakan kabar orang lain.

Inilah yang dinamakan greeting. Singkatnya, greeting adalah ungkapan yang digunakan untuk menyapa atau memberi salam kepada orang lain ketika kamu hendak memulai percakapan. 

The expression of greeting (Ungkapan-ungkapan greeting) dan The use of greeting in dialog (contoh penggunaan ungkapan greeting dalam dialog)

Berikut adalah ungkapan-ungkapan greeting yang kerap digunakan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari:

1. Halo, Hey, Hey man, atau Hi

Kamu bisa menggunakan “halo”, atau bisa juga menggunakan “hey” dan “hi” untuk menyapa seseorang. “Hi” cocok digunakan dalam situasi santai apa pun, “heyi” lebih cocok untuk orang yang sudah pernah bertemu. Jika kamu mengatakan “hey” kepada orang asing, akan membingungkan orang tersebut karena dia akan mencoba mengingat apakah kalian pernah bertemu sebelumnya! 

Kamu juga bisa menambahkan “man” di akhir “hey” saat menyapa seorang laki-laki. Selain digunakan untuk menyapa seseorang, “hey” juga bisa digunakan untuk meminta perhatian seseorang.

2. How’s it going? atau How are you doing?

Kalimat di atas adalah cara yang lebih santai untuk menanyakan kabar seseorang. Jika mau lebih sopan, katakan “how are you?”. Tetapi sebaliknya, kamu dapat menggunakan ekspresi ini untuk menyapa hampir semua orang. Kata “going” biasanya disingkat, sehingga terdengar lebih singkat. 

3. What’s up?, What’s new?, atau What’s going on?

Ini adalah salah satu cara informal lainnya untuk menanyakan kabar. yang biasanya digunakan untuk menyapa seseorang yang pernah ditemui sebelumnya. Kebanyakan orang menjawab dengan “nothing” atau “not much”. Atau untuk berbasa-basi, ceritakan secara singkat apa pun yang menarik yang terjadi dalam hidup.

4. How’s everything?, How are things?, atau How’s life?

Masih untuk menanyakan kabar, kamu dapat menggunakan kalimat di atas menyapa siapapun dengan santai. Tapi biasanya, kalimat ini banyak digunakan untuk menyapa seseorang yang sudah dikenal. 

5. How’s your day? atau How’s your day going?

Pertanyaan ini juga untuk menanyakan kabar. Tapi bukan hanya kabar saat ini, tapi bagaimana kabar sepanjang hari. Kalimat ini bisa digunakan salam ini di kemudian hari dan dengan seseorang yang sering kamu temui secara teratur. 

6. Good to see you atau Nice to see you

Sapaan santai ini digunakan dengan teman, atau anggota keluarga yang sudah lama tidak ditemui. Merupakan hal yang umum bagi teman dekat untuk berpelukan saat mereka menyapa satu sama lain, terutama jika mereka sudah lama tidak bertemu; jadi kamu bisa menggunakan sapaan ini bersama dengan pelukan atau jabat tangan tergantung pada hubungan dengan orang tersebut.

Itu dia materi bahasa Inggris kelas 7 yang bisa digunakan sebagai ide pembelajaran selanjutnya. Untuk kamu yang mau mengetahui materi bahasa Inggris kelas 6 atau materi belajar bahasa Inggris untuk anak, cek artikel Edu2Review lainnya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: