Materi Bahasa Inggris Kelas 8 dan Cara Mudah Mempelajarinya

materi bahasa inggris kelas 8
Sumber: Bali Express

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang  wajib kita pelajari. Materi Bahasa Inggris selalu masuk dalam kurikulum pengajaran baik SD, SMP, dan SMA. Untuk itu mempelajari dan menguasai Bahasa Inggris sudah pasti menjadi keinginan terbesar kamu.  Sangat banyak loh, manfaatnya kalau kamu bisa Bahasa Inggris dengan lancar. Tidak hanya mampu mengunjungi banyak negara tetapi juga bisa membangun relasi dengan orang-orang di berbagai  belahan dunia. Harus kamu ketahui, belajar Bahasa Inggris harus konsisten, jangan hanya mau menerima materi bahasa inggris kelas 8 yang hanya dipraktekan di kelas. Tapi praktekan juga diluar kelas.

Sebelum itu, kamu harus tahu materi Bahasa Inggris apa saja yang harus kamu ketahui, agar lebih mudah mempelajarinya. Berikut ini akan dirangkumkan beberapa materi yang bisa kamu pelajari, sebagai bekal masuk sekolah nanti. 

Rangkuman Materi Bahasa Inggris Kelas 8 

Untuk materi Bahasa Inggris kelas 8 semester 1 akan membahas hal-hal berikut ini.

  • Asking for repetition adalah menanyakan kembali apa yang sudah lawan bicara kita katakan.
  • Quantifiers adalah kata yang menunjukan jumlah benda dalam Bahasa Inggris.
  • Preposition adalah part of speech yang berfungsi untuk menunjukan sesuatu hal sedangkan dalam Bahasa Indonesia preposition sering disebut kata depan atau petunjuk.
  • Simple present tense adalah pola kalimat yang menceritakan kejadian saat ini
  • Penggunaan There is/There are 
  • Expression of congratulation adalah kalimat pengucapan selamat dalam  Bahasa Inggris
  • Imperative sentence arti meminta, memerintah, menyuruh, dan memberikan petunjuk untuk melakukan sesuatu.
  • Expressing offers adalah kalimat pertanyaan yang bertujuan untuk menawarkan sesuatu.

Untuk materi Bahasa Inggris kelas 8 semester 2 akan membahas hal-hal berikut ini.

  • Conjunction artinya adalah kata sambung yang berfungsi untuk menghubungkan dua kalimat, frasa, dan  dua kata.
  • Announcement adalah pengumuman yang dikeluarkan secara lisan atau tulisan baik resmi atau tidak.
  • Song identification sendiri adalah mengidentifikasi kalimat atau lirik dalam lagu.
  • Adverbs of time adalah kata keterangan yang digunakan untuk menunjukan kapan peristiwa itu terjadi.
  • Simple past tense sebuah pola kalimat yang menceritakan peristiwa masa lampau.
  • Degrees of comparison adalah grammar yang menunjukan perbandingan  keunggulan kata sifat dan  situasi.
  • Present continuous tense adalah pola kalimat yang menceritakan peristiwa yang  masih berlangsung.
  • Adverbs of frequency adalah 

Nah, setelah mengetahui materi apa saja yang perlu kamu siapkan, lebih baik kamu pelajari lebih awal agar nanti menjadi mudah saat mempraktekannya. Selain materi di atas, kamu juga bisa menerapkan beberapa  cara ampuh yang akan segera kita bahas, supaya skill Bahasa Inggris kamu terasah dengan cepat. 

Pelajari juga materi bahasa Inggris lainnya seperti:

Tips Paling Ampuh Mempelajari Materi Bahasa Inggris Kelas 8

1. Rajin Membaca Buku dan Menulis

Salah satu cara paling ampuh supaya bisa Bahasa Inggris adalah dengan rajin membaca buku dan menulis.  Dengan membaca buku kamu akan mengetahui bagaimana susunan kalimat dalam Bahasa Inggris yang kompleks. Jika sudah terbiasa membaca dan menulis Bahasa Inggris akan lebih cepat membuat kamu paham.  Selain itu tulisannya bisa kamu buka ulang untuk dipelajari.

2. Jangan Takut Salah Saat Berbicara Bahasa Inggris

Peraturan selanjutnya agar cepat belajar Bahasa Inggris adalah percaya diri. Dengan percaya diri pasti kamu tidak takut salah dalam mengucapkan kata Bahasa Inggris.kesalahan tersebut bisa kamu evaluasi. Kamu bisa merekam suara kamu saat berbicara Bahasa Inggris kemudian evaluasi dan tunjukan pada orang yang lebih berpengalaman. 

3. Mendengarkan, menghafalkan, dan menyanyikan lagu Inggris

Belajar Bahasa inggris menggunakan lagu adalah cara paling menyenangkan. Jika kamu merasa bosan dengan cara belajar yang monoton. Cara ini bisa kamu coba. Lagipula lagu dengan lirik Bahasa Inggris sangat mudah ditemui dalam dunia maya. Selain menambah kosakata baru, cara ini juga bisa membantu kamu memahami pelafalannya dan cara penggunaannya.

4. Menonton Film Bahasa Inggris

Menonton film adalah salah satu cara ampuh lainnya agar kamu cepat  mempelajari Bahasa Inggris. Hal ini akan memudahkan kamu mempelajari kalimat yang digunakan dalam percakapan.

Berikut rekomendasi film untuk melatih kemampuan Bahasa Inggris-mu!

5. Kamus Kosakata Yang Kamu Buat Sendiri

Membuat kamus sendiri seperti ini, bertujuan untuk mempermudah kamu dalam perbendaharaan kata-kata baru. Kamus tersebut juga bisa kamu buka ulang untuk dipelajari. Dengan sering menambahkan kosakata dalam kamus akan membuat kamu semakin cepat menghafalkannya dan menambah jumlah kosakata. 

6. Rajin Berbicara dengan Orang Asing

Semakin banyak kamu berbicara dengan orang asing yang native asli, tentu akan membantu kamu mendengar pelafalannya. Di tempat-tempat wisata pasti banyak orang asing yang berlibur, datang dan temuilah, kemudian ajak mereka berbicara. Dengan begitu keterampilan  Bahasa Inggrismu akan terasah dan  melatih tingkat kepercayaan dirimu.

7. Mengunjungi Kampung Inggris

Ada banyak tempat yang membuka Kampung Inggris. Tempat ini membiasakan warganya untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini tentukan akan membantu kamu dalam melatih keterampilan berbahasa Inggris. 

8. Belajar Melalui Aplikasi

Sekarang ini banyak sekali aplikasi yang memudahkan kita dalam belajar Bahasa Inggris. Kamu harus memanfaatkan aplikasi ini untuk menambah cara agar cepat berbahasa Inggris. 

Di atas telah dijelaskan beberapa materi yang bisa kamu pelajari dalam Bahasa Inggris dan juga beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengasah keterampilan berbahasa Inggris kalian. Kuncinya adalah terus melakukan praktek  berbicara Bahasa Inggris secara rutin.

Simak juga artikel lainnya seputar bahasa Inggris hanya di Edu2Review.id!


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: