Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Terlengkap, Pahami Yuk!

materi bahasa inggris kelas 9
Sumber: Tribunnews.com

Materi Bahasa Inggris kelas 9 yang akan kami rangkumkan beberapa cuplikan mendasarnya berikut semoga bisa membantu menambah referensi untuk pembaca sekalian ya. Tentunya ada cukup banyak materi pembelajaran yang akan dibahas pada kelas 9 baik itu selama kurun semester ganjil maupun genap.

Dan tak dapat dipungkiri juga memang jika Bahasa Inggris ini termasuk Bahasa terpopuler global yang jadinya pembelajarannya dasarnya dinilai penting untuk anak didik sekolah. Buat para pendidik maupun siswa yang tengah mencari referensi pembelajaran Bahasa ini untuk kelas 9 bisa langsung simak berikut.

Beberapa Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester Ganjil

  1. Asking for Certainty

Topik pembelajaran terkait pelajaran Bahasa inggris kelas 9 ini membahas tentang asking for certainty atau jika diterjemahkan berarti sebagai ungkapan untuk mempertanyakan sebuah kepastian. Menjadi penting untuk dipelajari dasarnya lantaran ujaran ini juga cukup sering digunakan dalam sebuah percakapan ya.

Contoh kalimat Asking for Certainty:

  • Do you think so? ( Apakah kamu berpikir begitu? )

Contoh kalimat Giving Certainty:

  • I have no doubt about it. ( Saya tidak punya keraguan tentang itu. )

Contoh dialog Asking for Certainty:

A : Anyway, when should I drive you to the airport? ( Omong-omong, kapan aku harus mengantarmu ke bandara? )

B :  At nine twenty. ( Pukul 09.20. )

A : Are you sure about it? ( Apakah kamu yakin tentang itu? )

B : Yes, I’ve checked it twice. My flight to Manado will begins soon. ( Ya, aku sudah mengeceknya dua kali. Penerbanganku ke Manado akan segera dimulai. )

  1. Asking for Repetition

Materi pembelajaran terkait ekspresi dalam Bahasa Inggris selain membahas tentang asking for certainty pastinya juga ada materi terkait dengan asking for repetition. Asking for repetition penting gunanya dalam percakapan keseharian untuk meminimalisir salah paham. Jadi fungsinya untuk memastikan kejelasan ya.

Contoh kalimat Asking for Repetition :

  • Would you mind repeating that? ( Apakah kamu tidak keberatan mengulanginya lagi? )

Contoh dialog Asking for Repetition :

A : Here is my phone number 081907463782. ( Ini dia nomor teleponku 081907463782. )

B : I’m sorry, can you repeat that again? (Aku minta maaf, bisakah kamu mengulanginya kembali? )

A : It is 0 – 8 – 1 – 9 – 0 – 7 – 4 – 6 – 3 – 7 – 8 – 2. ( Nomor teleponku 0 – 8 – 1 – 9 – 0 – 7 – 4 – 6 – 3 – 7 – 8 – 2. ) 

B : Thank you, Friend. ( Terima kasih, Teman. )

Yuk, pahami juga materi bahasa Inggris kelas 7 SMP berikut ini!

Beberapa Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester Genap

  1. Grammar : Present Perfect Tense

Membahas grammar terkait dengan Present Perfect Tense bisanya memiliki fungsi spesifik dalam menjelaskan sebuah kalimat. Bisa digunakan untuk menunjukkan aktivitas yang dilakukan berulang, aktivitas yang selesai telah selesai tanpa waktu spesifik serta aktivitas yang baru saja selesai dilakukan ya.

Rumus serta Contoh Present Perfect Tense Positive ( + )

Subject + have or has + verb 3

I have done my laundry. ( Aku telah menyelesaikan cucianku. )

Rumus serta Contoh Present Perfect Tense Negative ( – )

Subject + have or has + not + verb 3

I have not done my laundry. ( Aku belum menyelesaikan cucianku. )

Rumus serta Contoh Present Perferct Tense Interrogative ( ? )

Have or has + S + verb 3 + ?

Have I done my laundry? ( Sudahkah aku menyelesaikan cucianku? )

  1. Narrative Text

Biasanya materi Narrative Text dalam pelajaran Bahasa inggris lumayan sering dibahas baik di bangku SMP maupun juga SMA. Narrative Text sendiri memiliki artian sebagai sebuah cerita dongeng, karangan atau juga fiksi. Tujuannya dibuat yakni untuk bisa menghibur pembacanya  serta menyampaikan maksud.

Sebuah Narrative Text biasanya harus memiliki unsur bagian orientation sebagai pengenalan segala latar belakang terkait cerita tersebut. Ada juga bagian unsur complication yang berisi bangunan ketegangan permasalahan dalam cerita. Terakhir ada unsur resolution sebagai penyelesaian cerita berisi pesan moral.

Beberapa Ciri Narrative Text : 

  • Grammar yang digunakan dalam bentuk lampau. Karena memang Narrative Text menceritakan sebuah kejadian yang sudah terjadi lalu dikisahkan ulang ya. Bisa itu berupa past future continuous, past perfect continuous, past continuous atau juga past perfect.
  • Menggunakan sebutan nouns tertentu untuk setiap kata ganti tokoh dalam cerita tersebut. ( Contoh : the princess etc. )
  • Mempergunakan adjectives tertentu untuk kemudian membentuk sebuah noun phrase. ( Contoh : the poisoned apple etc. )
  • Mempergunakan time connectives ataupun juga conjunctions yang digunakan untuk mengurutkan beberapa kejadian dalam cerita tersebut. ( Contoh : before etc. )
  • Menggunakan jenis action verb dalam bentuk lampau atau juga past tense. ( Contoh : walked etc. )
  • Mempergunakan adverbs atau juga adverbial phrase yang difungsikan untuk menunjukkan di mana lokasi suatu peristiwa cerita tersebut telah terjadi. ( Contoh : happily ever after etc. )

Beberapa ulasan pokok terkait beberapa materi Bahasa Inggris kelas 9 di semua semester di atas semoga bisa membantu makin mempermudah jadi pedoman pembelajarannya. Ada cukup banyak topik materi menarik serta tentunya penting secara mendasar untuk dipelajari oleh para peserta didik sekalian tersebut.

Simak juga artikel menarik lainnya seputar bahasa Inggris hanya di Edu2Review Indonesia!


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: