Mengenal IELTS Liz, Situs Gratis untuk Belajar IELTS

IELTS LIZ

Bagi kamu yang berminat untuk kuliah di luar negeri, tentunya banyak sekali yang perlu dipersiapkan, salah satunya mempersiapkan diri untuk mengikuti tes IELTS agar mendapatkan skor yang tinggi, hal ini dikarenakan perguruan tinggi di luar negeri biasanya memberikan syarat minimum skor IELTS agar bisa diterima di perguruan tinggi tersebut.

Apa itu Tes IELTS?

International English Language Testing System atau lebih dikenal dengan IELTS merupakan tes Bahasa Inggris yang hasilnya bisa digunakan secara internasional untuk keperluan studi, imigrasi, serta bekerja. Dalam tes ini kamu akan diuji kemampuan Bahasa Inggrisnya melalui empat keterampilan berbahasa yaitu membaca (reading), mendengar (listening), menulis (writing), dan berbicara (speaking)

Tes IELTS dilakukan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris seseorang, semakin tinggi nilai skor-nya menunjukan semakin baik Bahasa Inggris yang dikuasai, tes ini biasanya digunakan sebagai salah satu prasyarat sebelum mendaftar kuliah di perguruan tinggi yang ada di Eropa maupun Australia.

Masalahnya, biaya tes IELTS ini cukup mahal sekitar 2,9 juta dan jika saat tes pertama skornya tidak memenuhi target, kamu harus mengulang tes lagi sampai target skor terpenuhi. Maka dari itu dibutuhkan persiapan yang benar-benar matang sebelum memutuskan untuk mengikuti tes ini. Salah satunya adalah mempelajari materi untuk tes IELTS.

Persiapan ini bisa dilakukan dengan mengikuti lembaga kursus untuk Bahasa Inggris, atau bisa juga belajar secara otodidak melalui situs belajar IELTS, yaitu IELTS Liz. Dalam situs ini tersedia berbagai materi persiapan IELTS dengan penyampaian yang menyenangkan dan tidak membuat bosan.

Mengenal Situs Belajar IELTS Liz

IELTS Liz adalah situs belajar secara mandiri untuk mempersiapkan IELTS yang menyediakan beragam materi yang bisa diakses secara gratis, materi-materi ini tersedia secara lengkap dalam bentuk video, contoh esai, model jawaban, dan yang lainnya, dalam situs ini juga tersedia tips tes IELTS, yang mana semua materi diajarkan langsung oleh native speaker.

Situs ini dibuat oleh Elizabeth (Liz) yang juga berperan sebagai pengajar setiap materinya, ieltsliz.com merupakan situs personal yang tidak berafiliasi dengan IELTS. Walaupun begitu, materi-materi yang diajarkan sangatlah bermanfaat terlebih Liz sudah memiliki banyak pengalaman dalam mengajar untuk persiapan IELTS.

Tersedia lebih dari 300 halaman pada situs ini yang memudahkan kamu dalam belajar, setiap materi juga sudah dikelompokan dengan rapi sehingga kamu hanya perlu mengikuti urutan yang telah disediakan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa materi yang akan kamu dapatkan saat belajar untuk persiapan IELTS dari IELTS Liz,

  • IELTS Listening

Pada halaman IELTS Listening ini kamu akan mendapatkan informasi mengenai latihan tes listening, video yang berisi tips saat melakukan listening test, video yang berisi materi listening, dan juga 33 materi praktik atau latihan listening test yang disertai dengan jawaban dan penjelasannya.

  • IELTS Reading

Halaman IELTS Reading ditujukan untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan membaca atau reading skill. Sama halnya dengan halaman listening, di halaman reading ini kamu juga akan mendapatkan informasi tes, tips, dan juga 29 materi latihan yng disertai dengan jawaban dan penjelasannya.

  • IELTS Vocabulary

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dalam Berbahasa Inggris adalah dengan memperbanyak kosakata atau vocabulary, pada halaman IELTS Vocabulary kamu akan mendapatkan daftar kata dari topik yang tersedia disertai dengan cara pengucapannya.

Tentunya hal tersebut akan sangat membantu tidak hanya dalam kemampuan menulis dan mendengar, tetapi juga membantu meningkatkan kemampuan berbicara. Terdapat 16 topik vocabulary untuk  IELTS yang disertai dengan latihan dan juga jawaban, Selain itu tersedia juga materi tentang parafrase, uncountable nouns, idiom, dan yang lainnya.

  • IELTS Writing T1 (Academic)

Pada halaman IELTS untuk penulisan akademik ini berisi tips yang bisa membantu selama pembelajaran, video penjelasan mengenai materi yang diajarkan, dan juga materi praktik yang bisa digunakan untuk latihan menulis.

  • IELTS Writing T1 (GT Letter)

Berbeda dengan halaman writing sebelumnya, halaman IELTS Writing T1 ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis pada General Training Letter, berisi tips agar mendapatkan skor tinggi, berbagai tipe dan cara penulisan surat, grammar, spelling, struktur dan paragraf, serta berbagai materi latihan yang bisa dipelajari.

Dapatkan tips tips IELTS bermanfaat lainnya di artikel ini

  • IELTS Writing T2 (Academic & GT)

Setelah berhasil mempelajari Writing Task 1, kamu bisa meningkatkan kemampuan menulis di Writing Task 2 yang digunakan baik untuk akademik maupun GT letter. Pada halaman ini berisi informasi tes, lebih dari 100 pertanyaan essai dengan berbagai topik pembahasan, video tentang tips dan juga materi yang akan dipelajari, model essai dan lebih dari 30 materi praktek untuk dipelajari.

  • IELTS Speaking

Sama halnya dengan kemampuan IELTS lainnya, dalam halaman ini juga berisi video tentang tips dan teknik dalam speaking, serta 33 materi latihan dengan berbagai topik yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris kamu.

  • Tips

Yang tidak kalah penting dari materi praktik pada halaman tersebut diatas, tersedia juga halaman yang berisi berbagai tips saat melakukan tes IELTS, dan juga tips yang akan membantu saat mengerjakan tes listening, reading, writing, dan juga speaking.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai IELTS Liz, situs yang sangat berguna untuk belajar IELTS secara mandiri. Jangan lupa untuk belajar dengan giat ya agar hasil skor  IELTS yang didapat memuaskan. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: