Mengenal Islamic Boarding School, Apa Bedanya dengan Sekolah Biasa?

islamic boarding school

Sekolah merupakan lembaga pendidikan di mana pengajar atau guru mendidik, mengajar, dan mengelola murid dengan pendirinya negara atau pihak swasta. Selain itu terdapat sekolah yang berbasis Islam di mana pengajaran tentang agama Islam lebih banyak. Islamic Boarding School adalah sekolah berbasis agama Islam dengan fasilitas asrama.

Jenis-jenis Sekolah

A. Menurut jenisnya ada 5 jenis sekolah, yaitu.

1. Sekolah Konvensional

Merupakan jenis sekolah yang paling umum terdapat di berbagai daerah. Terdapat gedung untuk kegiatan belajar mengajar. Siswa akan mendapatkan pendidikan dengan jadwal tertentu dan jam-jam tertentu. Siswa akan mengikuti pelajaran dan kemudian pulang ke rumah setelah pelajaran selesai. Namun ada juga yang menerapkan sistem asrama seperti Islamic Boarding School.

2. Sekolah Terbuka

Pada dasarnya sekolah terbuka mempunyai kesamaan dengan sekolah konvensional pada hal pendaftaran, pembelajaran, dan ujian. Hanya saja waktu pertemuan antara guru dan murid yang lebih singkat daripada sekolah konvensional. Pada sekolah ini murid-murid cenderung lebih mandiri dalam mempelajari bahan pelajaran.

3. Sekolah Kejar Paket

Pemerintah memfasilitasi sekolah nonformal bagi siswa yang belajarnya tidak dengan jalur sekolah atau belajar di sekolah berkurikulum non-pemerintah. Terdapat Paket A setara dengan SD, Paket B setara dengan SMP, dan Paket C setara dengan SMA.

4. Sekolah Rumah dan Sekolah Alternatif

Merupakan jenis pendidikan nonformal yang mempelajari bidang tertentu saja seperti kursus memasak, menjahit, dan lain-lain. Waktu pembelajaran singkat dan hanya mendalami satu keterampilan saja. Dalam akhir pembelajaran peserta akan mendapatkan sertifikat.

Menurut statusnya ada 2 jenis sekolah, yaitu.

1. Sekolah Negeri

Lembaga pendidikan di mana pemerintah adalah sebagai penyelenggaranya. Memiliki jenjang pendidikan sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan perguruan tinggi.

2. Sekolah Swasta

Lembaga pendidikan di mana penyelenggaranya adalah pihak swasta atau non-pemerintah. Penyelenggaranya adalah badan berbentuk yayasan pendidikan yang mana badan hukumnya masih berbentuk rancangan peraturan pemerintah.

Simak rekomendasi sekolah Internasional lainnya seperti:

Mengenal Islamic Boarding School

Seperti namanya, Islamic Boarding School yaitu sekolah asrama berbasis Islam. Dengan adanya asrama, siswa boarding school akan tinggal jauh dari rumah dan keluarga. Dalam boarding school siswa tidak hanya mendapatkan pendidikan ilmu pengetahuan saja tetapi juga pendidikan keagamaan. Siswa akan tinggal di asrama dalam kurun waktu tertentu dengan jadwal yang terstruktur, konkret, ketat, dan jelas selama 24 jam. Dengan sistem pendidikan tersebut siswa mampu menjadi pribadi yang
beriman dan bertakwa, serta dapat hidup mandiri dalam lingkungan.

Di Indonesia sendiri istilah pondok pesantren lebih familiar daripada Islamic Boarding School. Keduanya memiliki kesamaan yaitu memberikan fasilitas untuk tempat tinggal para peserta didiknya. Siswa berasal dari berbagai penjuru negeri bahkan luar negeri.
Pesantren sendiri lebih mengutamakan untuk membentuk pribadi yang berakhlak dengan waktu belajar tanpa batas. Tidak ada batasan umur bagi orang yang ingin belajar di pesantren.

Pesantren memiliki fasilitas yang sederhana dengan biaya pendidikan yang terjangkau.
Boarding school adalah tempat segala aktifitas belajar dan yang mendukungnya dan ada tempat tinggal di dalamnya. Ada batasan usia dan waktu penempuhan pendidikan di sekolah ini. Berbagai macam fasilitas yang tergolong mewah terdapat di boarding school sehingga biayanya mahal.

Keunggulan Pendidikan Boarding School

Sekolah dengan sistem pendidikan boarding school seperti Islamic Boarding School memiliki keunggulan
sebagai berikut.

1. Program pendidikan yang terbaik

Boarding school menerapkan kegiatan pendidikan dengan memadukan pendidikan keagamaan, peningkatan akademik, life skill, hingga membangun wawasan global. Pembelajaran tidak hanya teori saja tetapi juga penerapan dalam konteks belajar ilmu atau belajar hidup.

2. Fasilitas yang lengkap

Boarding school memiliki fasilitas dari kelas, laboratorium, perpustakaan, klinik, sarana berbagai cabang olahraga, tempat hijau, dan lain-lain. Tentu saja dengan sarana lain yang mendukung kenyamanan dan kelancaran kegiatan.

3. Guru yang berkualitas

Guru pada boarding school memiliki kualitas yang lebih baik daripada di sekolah konvensional untuk kecerdasan intelektual, spiritual, sosial, dan lainnya. Selain itu tenaga pendidik harus memiliki kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Arab, bahasa Inggris atau lainnya.

Kelemahan Pendidikan Boarding School

Islamic Boarding School sebagai sekolah berasrama juga memiliki kelemahan sebagai berikut.

1. Sistem pembelajaran pada boarding school tidak jarang membuat siswanya merasa bosan. Sehingga untuk menjalani pendidikan pada sekolah ini perlu kesiapan secara psikologis maupun fisik, dan intelektual.

2. Sampai saat ini tidak ada perguruan tinggi yang menghasilkan pendidik khusus sekolah berasrama di mana boarding school membutuhkannya. Dampaknya lembaga memberikan pendidikan sendiri untuk guru asrama sesuai kemampuannya.

3. Boarding school membutuhkan biaya yang mahal untuk memenuhi fasilitas yang lengkap dan menunjang kenyamanan siswa. Dengan hal tersebut kemungkinan akan membuat siswa terbiasa hidup mewah dan jauh dari kesederhanaan. Akan mengkhawatirkan jika siswa tidak siap menjalani kehidupan berikutnya yang mungkin akan berbeda.

Itu dia penjelasan tentang konsep Islamic Boarding School. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu dalam memilih sekolah terbaik untuk anak!

Simak juga artikel lainnya mengenai rekomendasi sekolah internasional hingga tips berbahasa Inggris hanya di Edu2Review Indonesia!


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: