Mengenal Zona Waktu AM, PM dan Cara Penggunaannya!

AM PM adalah

Belajar bahasa itu tak melulu hanya tentang penguasaan kosakata dan grammar bahasa Inggris yang baik saja, kita juga perlu mengenal kebudayaannya. Begitu pula saat kamu memilih untuk belajar bahasa Inggris.

Ada banyak sekali hal berbeda dari budaya para pengguna bahasa Inggris di Eropa dan Amerika Serikat, salah satunya adalah format waktu. Seperti yang kamu ketahui, di Indonesia, kita menggunakan format waktu 24 jam, yang dimulai dari 00.00 hingga 23.59.

Nah, sementara di banyak negara berbahasa Inggris atau yang berada di belahan dunia barat, format waktu yang digunakan adalah format 12 jam. AM PM adalah nama lain dari format waktu 12 jam yang lumrah digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat penutur bahasa Inggris asli.

Perbedaan antara kedua format waktu ini penting untuk diketahui, supaya penguasaan bahasa Inggris kamu semakin baik. Lantas, apa saja sih perbedaannya? Mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah!

Apa Itu AM PM?

Sebelum mengenal lebih lanjut mengenai perbedaan format waktu 12 dan 24 jam, kamu wajib tahu kepanjangan dari AM dan PM terlebih dahulu. Dilansir dari Dictionary, AM PM adalah singkatan dari bahasa Latin, yakni ante merīdiem (AM) atau sebelum tengah hari dan post merīdiem atau setelah tengah hari.

Dalam penulisan, kamu dapat menggunakan beberapa opsi seperti yang terlampir berikut:

  • AM – PM
  • M – P.M
  • am – pm
  • m – p.m

Kamu bebas memilih salah satu dari penulisan di atas ketika ingin mencantumkannya saat memberikan informasi waktu. Tentunya, penulisannya secara tepat harus kamu ketahui agar tidak terjadi miskomunikasi saat berinteraksi dengan para penutur bahasa Inggris yang menggunakan format waktu ini.

Format Waktu 12 Jam

Dalam format AM PM, waktu dibagi menjadi 12 jam setiap harinya (format 12 jam). Jadi, saat kamu ingin menulis waktu, hanya bisa menggunakan jam 1 sampai 12 saja. Terus, bagaimana cara mengetahui yang mana waktu malam dan pagi?

Itulah sebabnya, setelah penulisan angka jam, AM PM adalah informasi wajib yang tidak boleh ketinggalan untuk dicantumkan. Dengan demikian, orang bisa tahu, waktu yang kamu maksud itu adalah pukul berapa.

Contoh sederhana, untuk merujuk ke waktu pagi, kamu cukup menuliskan jam 06.00. Lalu untuk waktu sore bisa dengan 18.00. Sementara untuk format waktu 12 jam, kamu perlu menulis 6AM yang berarti pagi hari dan 6PM yang berarti sore hari.

Penggunaan AM dimulai dari pukul 12:00 (00:00 atau tengah malam) hingga 11:59 (siang). Lalu untuk PM dapat digunakan ketika waktu menunjukkan pukul 12:00 siang sampai 11:59 (23:59 atau tengah malam).

Selain mengetahui format waktu AM PM, pelajari juga penamaan hari yang benar dalam bahasa Inggris di sini

Contoh Perbandingan Waktu AM PM dengan Format 24 Jam

Setelah kamu mengenal perbedaan antara kedua format jam tadi, berikut adalah beberapa contoh perbandingan waktu yang bisa kamu jadikan referensi.

  • Saat jam menunjukkan pukul 12.00 AM, artinya waktu tepat jam 12 malam, atau kalau dalam format 24 jam pukul 00.00.
  • Jam 01.00 AM menunjukkan jam 1 dini hari atau pukul 01.00
  • Jam 10.00 AM menunjukkan jam 10 pagi atau pukul 10.00
  • Jam 11.59 AM menunjukkan jam 11 pagi lewat 59 menit atau pukul 11.59
  • Jam 12.00 PM menunjukkan jam 12 siang atau pukul 12.00
  • Jam 01.00 PM menunjukkan jam 1 siang atau pukul 13.00
  • Jam 02.00 PM menunjukkan jam 2 siang atau pukul 14.00
  • Jam 09.00 PM menunjukkan jam 9 malam atau pukul 21.00
  • Jam 11.59 PM menunjukkan jam 11 malam lewat 59 menit atau pukul 23.59

 

Kunci utama untuk mengingat perbandingan kedua format jam di atas adalah dengan melihat penulisannya di belakang angka. Jika ada AM berarti dari setelah jam 12 malam sampai sebelum 12 siang. Kemudian PM yang jadi penunjuk waktu setelah 12 siang sampai sebelum 12 malam

Meskipun terdengar sepele, perbedaan format waktu yang digunakan di negara pengguna AM PM adalah hal krusial yang harus dipahami betul saat kamu belajar bahasa Inggris. Tidak jarang terjadi kesalahan akibat kurangnya pemahaman akan salah satu aspek penting dari kebudayaan penutur bahasa Inggris yang satu ini.

Dalam format waktu 24 yang digunakan di Indonesia, kita bisa dengan mudah mengetahui waktu yang ditunjukkan oleh jam, apakah itu malam atau siang hari. Kontras dengan yang terjadi saat kamu menggunakan format 12 jam.

Kesalahan yang paling sering dilakukan ketika belajar bahasa Inggris adalah penggunaan AM dan PM saat masuk tengah hari atau malam hari. Jika kamu merujuk pada 12AM, berarti waktunya adalah tengah malam di hari berikutnya.

Setelah itu, kamu terus menggunakan AM hingga pukul 11.59 sampai waktu berganti menjadi 12 PM yang berarti sudah lewat tengah hari. Maka tak heran, AM juga sering disebut sebagai singkatan dari after midnight atau lewat tengah malam. Nah, untuk PM kemudian menjadi kepanjangan dari post-midday untuk mempermudah orang memahami perbedaan waktu.

Belajar mengetahui banyak kosakata baru dalam bahasa Inggris dengan mengakses situs kamus bahasa Inggris online terbaik disini

Negara Pengguna AM PM

Ini dia fakta unik dari penggunaan format AM PM yang ternyata hanya ada di beberapa negara saja. Jadi, pengguna format 24 jam jauh lebih banyak dibanding format 12 jam yang mayoritas ada di belahan dunia barat.

Beberapa negara format ini adalah Amerika Serikat, Kanada (kecuali Québec), Selandia Baru, Filipina, dan Australia. Lalu, bagaimana dengan Britania Raya atau Inggris? Ternyata, di negara ini, kamu dapat menggunakan kedua format waktu secara bersamaan, baik itu 24 jam maupun AM PM loh.

Semoga informasi di atas bisa membantu kamu untuk lebih jago dalam berbahasa Inggris yah. Baca juga berbagai artikel menarik lainnya di sini!


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: