Metode Belajar Bahasa Inggris Otodidak yang Efektif untuk Anak

Belajar bahasa Inggris otodidak di rumah juga bisa meningkatkan kemampuan mereka kok! - Edu2Review
Belajar bahasa Inggris otodidak di rumah juga bisa meningkatkan kemampuan mereka kok! – Edu2Review

Siapa bilang untuk menjadikan anak jago bahasa Inggris harus melalui les? Kemampuan bahasa Inggris mereka juga bisa kok diasah secara mandiri. Ada pendekatan khusus belajar bahasa Inggris otodidak yang bisa dilakukan. Dengan sejumlah cara yang akan dijelaskan di dalam artikel ini, para orang tua bisa menerapkannya. Sehingga kemampuan anak yang dari nol sekalipun, melambung menjadi standar bahasa Inggris akademik, hanya dalam waktu 6 bulan sekalipun.  

Memang sih, tak dipungkiri les bahasa Inggris secara intensif akan memudahkan anak untuk lebih cepat mengerti. Walaupun uang yang dikeluarkan besar, tentu tak akan sia-sia. Namun jika dana terbatas, atau ada keperluan lain yang membutuhkan dana lebih besar, maka belajar bahasa Inggris otodidak juga bisa kok diterapkan. 

Persyaratan pertama yang kamu butuhkan adalah menetapkan tujuan. Tetapkan dalam benak bahwa anak-anak sangat memerlukan belajar bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Sebab, bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional nomor satu. Hampir setiap warga asing berkomunikasi dengan satu sama lain menggunakan bahasa Inggris. Untuk masa depan anak-anak, tentu hal ini sangat penting. Baik itu untuk sekolah, bahkan hingga mereka memasuki dunia kerja nantinya. Nah, tanpa lama-lama berbasa-basi, langsung saja simak beberapa cara untuk belajar bahasa Inggris otodidak berikut ini!

Menonton Film dengan Subtitle Bahasa Inggris

Berikan anak-anak tontonan berbahasa Inggris. Biasakan mereka menontonnya secara rutin supaya lama kelamaan menjadi suka. Sebelum memilih film, sesuaikan terlebih dahulu dengan usia anak. Apabila mereka masih berusia 0-5 tahun, maka film kartun bisa jadi pilihan tepat. Sedangkan apabila sudah memasuki usia SD, kamu bisa memberikan film live action yang masih bertemakan anak-anak. Seperti Diary of a Wimpy Kid, The Wizard of Oz, Harry Potter and the Philosopher’s Stone, Harry Potter and the Chamber of Secrets misalnya. 

Anak-anak merupakan peniru yang ulung. Maka dari itu, coba ulangi berkali-kali tontonan tersebut agar karakternya menjadi kuat dan menempel di ingatan anakmu. Ulangi terus hingga mereka mengenal vocab bahasa Inggris dan memahami setiap kalimat dengan sangat baik dan tahu kapan kata itu diucapkan.

Untuk anak usia SD, pastikan pastikan terdapat terjemahan bahasa Indonesia di dalam film tersebut. Mereka pun akan mulai mengaitkan frasa bahasa Inggris dengan artinya. Frasa bahasa Inggris menjadi akrab bagi mereka .

Berlatih Menyusun dan Menulis Kalimat

Aktivitas lain yang perlu dilakukan adalah melatih memori tulisan dan meningkatkan pengetahuan tentang berbagai struktur kalimat bahasa Inggris. Ambil frasa apa pun yang memiliki struktur baru untuk anak (misalnya dari film), dan tuliskan. Kemudian minta mereka untuk menulisnya lagi dan ulangi selama 10 kali. Kemudian ubah satu kata menggunakan sinonim dari suku mata tersebut.

Jangan berhenti sampai anak menulis setidaknya 20 kalimat untuk setiap kata! Praktik ini akan memungkinkan untuk mempelajari berbagai aturan tata bahasa yang digunakan dalam kalimat bahasa Inggris.

Cobalah Juga Metode Belajar Bahasa Inggris Otodidak Berikut Ini!

Mempelajari dan Menyusun Topik

Ini akan melatih memori motorik dan meningkatkan ejaan anak secara signifikan. Ambil beberapa tulisan bahasa Inggris. Cetak teks dan kemudian tulis dengan tangan sambil melihat versi cetak. Periksa apakah terdapat kesalahan pada tulisan anak. Apabila tidak ada kesalahan, maka ambil selembar kertas kosong dan sembunyikan sisi teks yang dicetak sehingga mereka tidak dapat melihat dua huruf di akhir setiap baris. Minta mereka untuk tulis seluruh teks lagi. Periksa kesalahan. Tidak ada kesalahan? Pindahkan lembar lebih jauh dan ulangi. Ada yang salah? Minta mereka untuk mulai dari awal.

Melatih Berbicara

Untuk belajar bahasa Inggris, idealnya diperlukan penutur asli dan lakukan percakapan bahasa Inggris dengan mereka selama 2 jam sekitar 3 kali seminggu. Sebagai alternatif, kamu dapat mengunjungi klub berbahasa Inggris. Masing-masing akan memberi kamu banyak kesempatan untuk berlatih dan meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan. Anak-anak akan meningkatkan kosakata, pelafalan, pemahaman tentang bahasa Inggris kehidupan nyata dan juga akan meningkatkan rasa percaya diri mereka sampai batas tertentu.

Itulah dia beberapa metode belajar bahasa Inggris untuk anak secara otodidak dari Edu2Review. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: