Nama – Nama Hari Dalam Bahasa Inggris dan Fakta Menarik Dibaliknya!

Hari minggu

Mengingat nama – nama hari dalam bahasa Inggris sebenarnya tidaklah sulit, walaupun hanya ada tujuh saja yaitu, Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday, Sunday. Tapi banyak orang yang sering lupa, karena hari Selasa dan Kamis terdengar mirip dalam penyebutannya Tuesday /ˈtuːz.deɪ/ dan Thursday /ˈthurz.deɪ/. Kalaupun tidak, dalam otak pasti sempat mengurutkannya terlebih dulu, dan itu pun untuk memastikan.

Pengucapan Nama Hari Dalam Bahasa Inggris

Dalam penulisan dan pelafalan kata – kata dalam bahasa Inggris terdapat perbedaan yang cukup jauh, termasuk untuk nama harinya. Buat kamu yang sedang belajar pengucapan nama hari dalam bahasa Inggris agar terdengar fasih, bisa dicoba pratik pelafalannya berdasarkan Kamus Cambridge berikut ini.

  • Monday – noun – UK /ˈmʌn.deɪ/ – US /ˈmʌn.deɪ/ – di singkat Mon.
  • Tuesday – noun – UK /ˈtʃuːz.deɪ/ a – US /ˈtuːz.deɪ/ – di singkat Tue., Tues.
  • Wednesday – noun – UK /ˈwenz.deɪ/ – US /ˈwenz.deɪ/ – di singkat Wed.
  • Thursday – noun – UK /ˈθɜːz.deɪ/ – US /ˈθɝːz.deɪ/ – di singkat Thur.
  • Friday – noun – UK /ˈfraɪ.deɪ/ – US /ˈfraɪ.deɪ/ – disingkat Fri.
  • Saturday – noun – UK /ˈsæt.ə.deɪ/ – US /ˈsæt̬.ɚ.deɪ/ – disingkat Sat.
  • Sunday – noun – UK /ˈsʌn.deɪ/ – US /ˈsʌn.deɪ/ – di singkat Sun.

Selain nama – nama hari dalam bahasa Inggris juga terdapat istilah weekends dan weekdays. Istilah weekends adalah akhir pekan, yang digunakan untuk menyebut hari Sabtu dan Minggu, contoh: I’ll be home this weekend (saya akan pulang akhir pekan ini).

Sementara, untuk istilah weekdays untuk menyebutkan hari kerja yaitu hari Senin hingga Jumat, contoh: the weekday rush hour (hari – hari kerja yang sibuk). Tapi berbeda arti dengan days of the week (hari dalam minggu), jadi jangan sampai tertukar, ya.

Asal – Usul Nama Hari Dalam Bahasa Inggris

Pernahkah terpikirkan oleh kamu, dari mana asal – usul nama hari dalam bahasa Inggris? Nah untuk membahas hal itu, terdapat beberapa sumber sejarah yang menyebutkan bahwa penamaan hari mulai pada abad ke 6 sebelum masehi ditentukan oleh Bangsa Babilonia. Namun dengan menggunakan istilah hari pertama hingga hari ketujuh, berdasarkan kepercayaan bahwa Tuhan menciptakan bumi selama 6 hari dan di hari ke tujuh untuk beristirahat.

Ada pun sumber yang menyebutkan bahwa penamaan hari pada saat zaman kekaisaran Romawi, saat Julius Caesar berkuasa. Penetapan nama – nama hari pada saat itu berdasarkan posisi matahari, bulan, dan planet – planet. Selain itu, penamaan hari berasal dari dewa – dewa yang mereka percayai.

Namun, asal – usul nama hari dalam bahasa Inggris yang paling populer hingga kini ialah berasal dari bangsa Germanic, yaitu orang – orang yang bermukim di Eropa bagian utara, yang merupakan leluhur dari bangsa Inggris (Anglo – Saxon), Norwegia, Swedia, Denmark, dan bangsa Eropa utara lainnya. Banyak kata bangsa Germanic yang menjadi serapan atau diadopsi ke dalam bahasa Inggris, termasuk untuk penamaan hari yang mengadopsi bahasa atau mitologi bangsa Germanic.

Sunday (Minggu)

Kata yang merupakan serapan dari bahasa bangsa Germanic, Sunnandæg yang artinya sun’s day atau hari matahari. Banyak kepercayaan pada lampau yang menganggap matahari sebagai sosok atau figur dewa utama atau dewa yang derajatnya paling tinggi. Dan di masa tersebut hari matahari atau hari minggu menjadi awal dari hari – hari lain, namun kini Sunnandæg atau Sunday (Minggu) menjadi akhir sebuah minggu dan dikenal sebagai hari libur.

Monday (Senin)

Jika ada matahari tentunya ada bulan, Monday berasal dari kata Mōnandæg yang berarti moon’s day. Merupakan hari dimulainya kembali aktifitas pekerja setelah hari libur. Bahkan ada istilah populer di kalangan pekerja mengenai nama hari dalam bahasa inggris yang satu ini, yaitu “I hate Monday”

Tuesday (Selasa)

Tuesday (hari Selasa) adalah serapan dari Bahasa Inggris kuno yaitu Tīwesdæg yang berarti Tiw’s day, Tiw atau Tyr adalah Dewa Perang dalam mitologi Nordik. Terdapat kisah dibalik penamaan hari itu, dimana saat perang terakhir ragnarok, Tyr berhasil membunuh srigala raksasa Garmr namun disaat itu pula Tyr juga tewas.

Wednesday (Rabu)

Berasal dari kata Wōdnesdæg yang artinya Woden’s day. Woden sendiri merupakan salah satu dewa dalam mitologi bangsa Germanic, namun dalam mitologi Nordik, Woden dikenal dengan nama Odin yang digambarkan bermata satu dengan bersenjatakan tombak Gungnir, dan merupakan ayah dari dewa – dewa Nordik seperti Thor dan Bald.

Thursday (Kamis)

Nama hari dalam bahasa Inggris kuno yang didedikasikan untuk Thor, karena di hari tersebut Thor ditasbihkan menjadi dewa – dewa dalam kepercayaan bangsa Nordik. Thursday berasal dari kata Þūnresdæg yang arti harfiahnya adalah The Thunder’s Day atau hari petir. Petir dalam bahasa Nordik, ditulis Þunor dan pelafalannya adalah ‘Thor’.

Selain memahami penamaan hari dalam bahasa Inggris, temukan materi bahasa Inggris menarik lainnya :

Friday (Jumat)

Di ambil dari kata Frīgedæg yang artinya adalah Frige’s day, hari yang didedikasikan untuk dewi Frige dalam mitologi bangsa Germanic yang tertuang dalam kebudayaan Anglo – Saxon. Sedangkan oleh bangsa Norse atau yang lebih dikenal dengan bangsa Scandinavia, digunakan untuk menyebut planet Venus yang masa itu disebut Friggjarstjarna atau Frigg’s star.

Saturday (Sabtu)

Nama hari dalam bahasa Inggris yang satu ini, diambil dari nama dewa dalam mitologi Romawi yaitu Dewa Saturn. Karena Dewa Saturn dipercaya telah memberikan kesejahteraan pada semesta dan dikenal sebagai dewa kesejahteraan juga dewa pembebasan. Maka budaya Anglo – Saxon Inggris kuno menyebutnya Sæturnesdæg.

Itulah tadi sekilas mengenai sejarah penamaan hari dalam bahasa inggris serta cara pelafalan nama dalam bahasa inggris menurut kamus cambridge, semoga dapat memberikan pengetahuan dan membantu kamu.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: