Cara Tepat Menuliskan Pendahuluan Esai dalam IELTS Writing Task 2

IELTS Writing Task 2 merupakan sebuah esai formal.

Topik dari esai tersebut pada umumnya berupa Opinion (opini), Discussion (diskusi), Advantage/Disadvantage (keuntungan/kerugian), Direct Questions (pertanyaan langsung), dan Solutions (solusi).

Pada bagian ini, kamu akan diminta untuk menuliskan argumenmu tentang topik yang diberikan sebanyak lebih dari 250 kata, dan harus menyelesaikannya dalam waktu 40 menit. 

Bukan hanya perihal panjang kata, namun kamu juga harus memperhatikan struktur tulisan tersebut.

Salah satu yang menjadi penilaian adalah penulisanmu pada bagian introduction alias pengantar.

Penulisan yang tepat pada introduction esai IELTS Writing Task 2 bisa memberikan perbedaan nilai yang signifikan

Tahukah kamu, bahwa penulisan pengantar yang kuat dapat membuat perbedaan nilai yang signifikan (bahkan dari band score 6 menjadi band score 8) dalam IELTS Writing Task 2? 

Artikel ini akan membantumu menulis pengantar yang lebih baik dalam esai Writing Task 2.

Edu2Review Indonesia juga akan menunjukkan beberapa contoh kalimat khusus yang disarankan untuk digunakan saat menulis pengantar di Writing Task 2.

Pendahuluan adalah bagian pertama dalam esai yang akan dibaca oleh penguji, dan itu akan memberi mereka kesan pertama yang baik tentang apa yang diharapkan dalam sisa esai.

Pengantar yang buruk dalam penulisan IELTS Writing Task 2 ibaratnya sama saja dengan berbicara dan bersikap kasar kepada penguji.

Jika penguji tidak senang dengan hasil tulisanmu, mereka cenderung akan memberimu nilai lebih rendah.

Untuk itu, perhatikan baik-baik seperti apa cara penulisan yang tepat.

Kesalahan yang sering terjadi dalam penulisan IELTS Writing Task 2

1. Menulis tentang topik secara umum

Sebagian besar peserta menuliskan esai dan memulainya dengan ‘Nowadays……’ atau ‘In modern life….’ diikuti oleh informasi umum tentang topik tersebut. 

Ini adalah contoh perkenalan buruk yang harus kamu hindari. 

Ingatlah bahwa kamu seharusnya menjawab pertanyaan, bukan menulis tentang topik secara umum.

2. Tidak memasukkan thesis statement

Thesis statement atau pernyataan tesis merupakan salah satu kalimat terpenting dalam esai. Jika kamu tidak memasukkan setidaknya satu saja kalimat tersebut, kamu akan kehilangan nilai.

3. Tidak menguraikan apa yang akan kamu lakukan

Jika kamu tidak memasukkan kalimat yang menguraikan poin-poin apa yang akan dikatakan esaimu, penguji tidak benar-benar tahu apa yang akan kamu tulis di sisa esaimu. 

Kesalahan ini juga akan membuatmu kehilangan nilai. 

4. Menulis kalimat yang bersifat menghibur

Ingat, yang sedang kamu kerjakan adalah ujian IELTS, bukan esai universitas. 

Tidak ada poin tambahan jika kamu menuliskan sesuatu untuk terlihat menarik.

Bahkan sebaliknya, menuliskan esai dengan formal dan terkesan membosankan justru bisa membantumu meningkatkan nilai. 

Sebab, dengan menulis secara formal, kamu akan terhindar dari kalimat yang ‘berbunga-bunga’.

5. Menggunakan gaya penulisan informal

Sekali lagi, pahamilah siapa pembaca dari esaimu. Kamu sedang menuliskan sebuah esai akademik. Jadi, hindari gaya penulisan informal. 

Contoh penulisan IELTS Writing Task 2 yang salah dan benar

Dilansir dari ieltsadvantage.com, berikut merupakan contoh penulisan yang salah dan benar pada Writing Task 2:

Question: There is a good deal of evidence that increasing car use is contributing to global warming and having other undesirable effects on people’s health and well-being.

To what extent do you agree or disagree with this statement?

Pertanyaan: Ada banyak bukti bahwa peningkatan penggunaan mobil berkontribusi terhadap pemanasan global dan memiliki efek lain yang tidak diinginkan pada kesehatan dan kesejahteraan manusia.

Contoh jawaban yang baik

Rising global temperatures and human health and fitness issues are often viewed as being caused by the expanding use of automobiles. This essay agrees that increasing use of motor vehicles is contributing to rising global temperatures and certain health issues. Firstly, this essay will discuss the production of greenhouse gases by vehicles and secondly, it will discuss other toxic chemicals released by internal combustion engines.

Meningkatnya suhu global dan masalah kesehatan manusia sering dianggap disebabkan oleh meningkatnya penggunaan mobil. Esai ini setuju bahwa peningkatan penggunaan kendaraan bermotor berkontribusi terhadap kenaikan suhu global dan masalah kesehatan tertentu. Pertama, esai ini akan membahas tentang produksi gas rumah kaca oleh kendaraan. Kedua, akan membahas bahan kimia beracun lainnya yang dikeluarkan oleh mesin pembakaran internal.

Contoh jawaban yang buruk

Nowadays, cars are a very popular way of getting around. Day by day many more people drive cars around but others feel that they cause global warming. Global warming is one of the most serious issues in modern life. They also affect people’s health and well-being which is also a serious issue.

Saat ini, mobil adalah moda transportasi yang sangat populer untuk berjalan-jalan. Hari demi hari semakin banyak orang mengendarai mobil di sekitar, tetapi tak jarang mereka juga merasa bahwa mereka menyebabkan pemanasan global. Pemanasan global adalah salah satu masalah paling serius dalam kehidupan modern. Mereka juga memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan orang-orang yang juga merupakan masalah serius.

Seperti yang bisa dilihat, contoh penulisan yang buruk lebih banyak berbicara tentang topik secara umum, menyalin kata dan frasa dari pertanyaan dan tidak menyertakan pernyataan tesis atau pernyataan garis besar.

Struktur penulisan pendahuluan yang baik

Jika kamu menggunakan struktur ini, kamu tidak hanya akan mendapatkan nilai lebih tinggi tetapi juga bisa menghemat waktu dalam ujian.

Apabila kamu cukup berlatih, menuliskan pendahuluan akan menjadi lebih mudah dan kamu akan melakukannya hanya dalam beberapa menit. 

Ini akan membuatmu memiliki banyak waktu untuk fokus pada paragraf utama, yang menjadi penilaian lebih penting lagi. 

IELTS Writing Task 2 harus memiliki tiga kalimat berikut ini:

1. Pertanyaan parafrase

Di sini, kamu bisa menyatakan pertanyaan di atas lagi, tentu dengan kata-kata yang berbeda namun memiliki makna yang sama. 

Gunakan sinonim dari kata-kata yang terdapat di pertanyaan dan balik urutan kalimat.

2. Pernyataan tesis

Ini adalah kalimat terpenting dalam esaimu. Pernyataan tesis merupakan ide utama atau argumenmu tentang keseluruhan masalah, yang kamu tuangkan dalam satu kalimat.

Dalam pernyataan ini, kamu memberi tahu penguji bahwa kamu telah memahami pertanyaan itu dan akan mengarah pada esai yang jelas dan koheren.

3. Pernyataan garis besar

Sekarang setelah kamu memparafrasekan pertanyaan dan memberi tahu pemeriksa apa argumenmu dalam pernyataan tesis, sekarang kamu akan memberi tahu penguji apa yang akan kamu diskusikan dalam paragraf utama. 

Dengan kata lain, kamu akan menguraikan poin-poin apa saja yang akan dibaca oleh penguji di sisa esai.

Pernyataan garis besar harus menjadi satu kalimat saja.

Itu dia tips dan cara menuliskan pendahuluan esai pada IELTS Writing Task 2. 

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, dan bisa membantumu mendapatkan skor tinggi pada ujian IELTS nanti. 

Dapatkan juga informasi menarik seputar IELTS dan bahasa Inggris lainnya hanya di https://edu2review.id/!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: