Pengertian Present Perfect Tense dan Rumus yang Mudah Dimengerti

Present Perfect

Tenses menjadi hal pokok dalam berbahasa Inggris baik dalam bagian writing maupun speaking. Salah satu tenses yang banyak digunakan atau sering digunakan dalam belajar atau di kehidupan sehari-hari adalah present perfect tense.

Tenses jenis ini merupakan tenses yang berfungsi untuk menggambarkan suatu peristiwa pada masa lalu, namun tidak memiliki waktu (timestamp) yang spesifik. Singkat cerita, Simple present perfect tense merupakan tenses yang tidak menjabarkan kapan waktu itu terjadi di masa lampau.

Selain itu, tenses ini juga bisa menggambarkan suatu kejadian yang dimulai dan berakhir di masa lampau tetapi efeknya masih dirasakan sampai saat sekarang. Lebih singkatnya, tenses ini digunakan sebagai penghubung antara masa lalu dan masa sekarang.

Present Perfect Tense ini juga merupakan suatu tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu aksi atau situasi yang telah dimulai di masa lalu dan masih berlanjut hingga sekarang. Misal: I have lived in Manado for one year. (Saya sudah tinggal di Manado selama 1 tahun). Nah, dari contoh kalimat tersebut kita bisa mengetahui bahwa, peristiwa saya tinggal di Manado sudah 1 tahun dan masih berlanjut hingga kini.

Dalam penggunaan Present Perfect Tense ada kaidah kaidah dan rumus yang harus diperhatikan. Yuk simak penjelasan dibawah ini untuk mengerti lebih tentang Present Perfect Tense!

Temukan daftar tempat kursus bahasa Inggris terbaik di kotamu >

Rumus Present Perfect Tense

Simple present tense memiliki rumus yang merangkai tenses tersebut. Jika kita mendapati struktur rumus tersebut maka kita bisa dengam udah mengidentifikasinya sebagai simple present perfect tense.

Secara sederhana, rumusnya terdiri dari:

Kalimat Verbal

(+) S + Auxiliary Verb (Have/Has) + V3

*Contoh: I have finished my home work

(-) S + Auxiliary Verb (Have/Has) + not + V3

*Contoh: I have not finished my home work

(?) Auxiliary Verb (Have/Has)   + S + V3

*Contoh: Have I finished my home work

Baca juga: Pengertian Past Perfect Tense, Lengkap dengan Rumusnya!

Kalimat Nominal

(+) S + Auxiliary Verb (Have/Has) + been + O

*Contoh: We have been back from school

(-) S + Auxiliary Verb (Have/Has) + not + been + O

*Contoh: We have not been back from scool

(?) Auxiliary Verb (Have/Has) + S + been + O

* Contoh: Have we been back from school?

Note:

Auxiliary verb has untuk digunakan jika subjeknya adalah He, She, dan It

Auxiliary verb have digunakan jika yang berlaku sebagai subjek adalah I, You, We, dan They

Penting juga untuk memahami grammar bahasa Inggris >

Bentuk Present Perfect Tense

Rumus present perfetct tense ini terdiri dari 3 bentuk utama, sama seperti tenses lainnya.

Agar lebih memudahkan kita semua untuk memahaminya, berikut ini rumus present perfect tense dalam bentuk tabel:

Bentuk Rumus Present Perfect Tense

Positif

(+)        · I/You/We/They + have + verb 3

  • He/She/It + has + verb 3

 

  • I have lived in Jambi for a long time
  • She has learned Match for one year

 

Negatif

(-)        · I/You/We/They + have + not + verb 3

  • He/She/It + has + not + verb 3

 

  • I have not lived in Jambi for a long time
  • She has not learned Match for one year

 

Interogatif

(?)        · Have + I/You/We/They + verb 3?

  • Has + He/She/It + verb 3?

 

  • Have I lived in Jambi for a long time?
  • Has she learned Match for one year?

Temukan pentingnya belajar bahasa Inggris agar kamu semakin semangat >

Penggunaan Tenses Simple Present Perfect Tense

Nah, setelah kita tahu rumus present perfect, penggunaan auxalary verb, penggunaan since dan for, kini kita tentu sudah bisa menggunakan kalimat ini dengan benar dalam kehidupan sehari-hari, baik itu untuk tugas di sekolah atau untuk percakapan sehari-hari di rumah.

Baca juga: Belajar Simple Present Tense yang Mudah 

Berikut ini beberapa contoh penggunaan simple present perfect tense yang benar:

Kejadian Dimasa Lampau dan Masih Berlanjut

Bentuk pertama dari simple present perfect tense berfungsi untuk menjelaskan suatu kejadian yang dimulai pada masa lampau (past) dan masih berlanjut sampai sekarang. Berikut ini contoh kalimat present perfect tense bentuk ini:

They have lived in Bali for four years.

He has studied in New York since five years ago.

Nah, dari dua contoh di atas kita bisa mengetahui bahwa peristiwa pertama yakni orang-orang tinggal di Bali sudah terjadi selama 4 tahun dan mereka masih tinggal di Bali. Sementara untuk yang kedua, seorang pria belajar di New York sejak 5 tahun yang lalu, hingga hari ini.

Kejadian Mulai dan Selesai di Masa Lampu

Bentuk kedua present perfect tense ini berfungsi untuk menggambarkan peristiwa yang dimulai dan berakhir di masa lampau dan efeknya masih berlanjut sampai sekarang.

We have tasted the bread

Joko has lied to all of us

Kedua contoh di atas merupakan peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau dan selesai juga di masa lampau. Kita sudah mencicipi roti, artinya roti tersebut sudah pernah kita makan, dan peristiwa tersebut tentu sudah selesai pada waktu itu juga.

Begitu juga Joko, dia berbohong kepada kita pada masa lalu, dan peristiwa itu selesai di waktu itu juga. Dan kita masih merasakan efek dari kebohongan Joko itu hingga hari ini.

Jadi bentuk peristiwa yang kedua dari simple present perfect tense ini menggambarkan suatu peristiwa yang terjadi dan selesai di suatu masa itu juga, tapi efeknya atau imbasnya masih bisa kita rasakan hingga kita.

Kejadian Berulang di Masa Lampau

Kamu pernah mengalami peristiwa yang berulang di masa lampu? Atau suatu kegiatan yang kita lakukan terus menerus di masa lampau? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak pada ulasan berikut ini:

Nanda has called you six times

We have read the book several times

Nah, Nanda sudah memanggil atau menelpon seseorang berulang kali, sampai enam kali. Peristiwa ini disebut kejadian yang berulang. Sehingga tenses yang kita gunakan adalah simple present perfect tense.

Nah untuk peristiwa yang kedua sudah jelas sekali, bahkan disebutkan kita atau kami sudah membaca buku tersebut berulang kali, pastilah lebih dari sekali, ya kan!

Kejadian yang Baru Saja Terjadi

Tense ini juga digunakan untuk menggambarkan suatu peristiwa yang baru saja terjadi. Bagaikana maksudnya? Berikut ini contohnya untuk memudahkan kita memahaminya:

My uncle has just gone to the office.

They have just announced the winner.

Nah, dari contoh tersebut bisa kita mengetahui peristiwa tersebut baru saja terjadi. Biasanya kata adverb just digunakan untuk tujuan ini.

Ada satu catatan yang perlu kamu ingat, bahwa tenses ini seringkali dipakai pada peristiwa yang menghubungkan antara masa lalu (past) dan masa sekarang (present). Dengan mengingat hal ini, tense ini adalah hal yang mudah untuk dimengerti dan dipelajari untuk kita semua.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya. Selamat berlatih!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: