Penjelasan Lengkap dan Contoh Passive Voice dalam Bahasa Inggris

Passive Voice

Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari di Indonesia. Beberapa orang mengakui bahwa belajar bahasa Inggris adalah hal yang sulit. Bahasa yang tidak familiar dan pengucapan yang kaku seringkali menjadi alasan orang tidak menyukai bahasa Inggris.

Selain itu, saat pertama kali belajar bahasa Inggris, orang akan menghadapi banyak rumus mulai dari tenses, part of speech, konjungsi, active voice, dan passive voice. Kalimat pasif seringkali membingungkan. Namun, jika kamu sudah mengetahui rumusnya, membuat kalimat pasif itu ternyata mudah lho!

Cara mudah untuk mengingatnya adalah, kalimat pasif terdiri dari semua bentuk kata. Jadi, ada baiknya jika siswa mengingat hampir semua rumus. Artikel ini akan membahas tentang kalimat pasif dengan contoh kalimat dan pertanyaan yang bisa dipelajari. Salah satu cara terbaik untuk belajar kalimat pasif adalah otodidak karena kamu berniat untuk berbicara bahasa Inggris dengan lancar.

Berawal dari pengertian kalimat pasif, yaitu kalimat yang digunakan untuk memfokuskan pada suatu tindakan yang terjadi. Tidak peduli siapa, apa, atau bagaimana itu terjadi. Kalimat pasif terdiri dari bentuk kata seperti simple present tense, simple past, present perfect tense, future, past perfect tense, dan tenses lainnya.

Jika kalimat aktif dibuat dari kalimat simple present, maka subjek yang berada di depan akan diletakkan di belakang jika kalimat simple present diubah menjadi kalimat aktif. Lihat contoh berikut:

Active voice

She sings a song. (Dia menyanyikan sebuah lagu)

Passive voice

A song is sung by her. (Sebuah lagu dinyanyikan olehnya)

Dari kalimat di atas dapat diperoleh rumus passive voice yaitu S + menjadi + V3 (past participle). Kalimat pasif selalu ditandai dengan kata ‘by’ untuk menunjukkan tindakan yang telah dilakukan oleh subjek. Kata kerja pertama, ‘sing’, ketika diubah menjadi kalimat pasif, menjadi kata kerja bentuk ketiga.

Jadi selain menghafal rumus dan tenses, siswa juga disarankan untuk menambah kosa kata mereka, baik dari kata kerja biasa (regular verbs) maupun kata kerja tidak beraturan (irregular verbs). Jika kosakata melimpah maka kalimat yang dibuat akan lebih berkembang. Contoh lain dari kalimat pasif termasuk:

Apakah Contoh Lain dari Passive Voice?

-I have swept the floor. (Saya telah menyapu lantai)

Mau memahami active & passive voice lebih mendalam? Temukan daftar tempat kursus bahasa Inggris terbaik di kotamu >

Kalimat aktif past perfect

Subjek + had+ V3 + objek

Lantainya telah disapu olehku. (lantai telah tersapu olehku)

kalimat pasif untuk past perfect

Object + had + been+ V3 + subyek

Dona akan belajar bahasa Inggris. (Dona akan belajar bahasa Inggris)

kalimat aktif masa depan pertama

Subjek + akan + V1 + objek

Bahasa Inggris akan dipelajari oleh Dona. (Bahasa Inggris akan dipelajari oleh Dona)

kalimat pasif untuk masa depan

Objek + akan + menjadi + V3 + subjek

  • Egi akan memasak dagingnya. (Egi akan memasak daging)

kalimat aktif bersyarat

Subjek + akan + V1 + objek

Dagingnya dimasak oleh Egi. (dagingnya akan dimasak oleh Egi)

kalimat pasif bersyarat

Objek + akan + menjadi + V3 + subjek.

  • Dian sedang mencuci kacamata. (Dian sedang mencuci kacamata)

kalimat aktif progresif masa lalu

Subjek + menjadi + V1-ing + Objek

Gelasnya dicuci oleh Dian. (gelas dicuci oleh Dian)

kalimat pasif progresif masa lalu

Objek + menjadi + menjadi + V3 + Subjek

Baca juga: 9 Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris dalam 3 Bulan, Pemula Juga Bisa! 

Jenis Suara Passive Voice

Ada beberapa jenis kalimat pasif yang dipelajari dalam bahasa Inggris. ketika di sekolah menengah pertama hanya diajarkan dasar-dasar kalimat dan rumus aktif dan pasif, sedangkan di perguruan tinggi siswa akan terbiasa dengan kalimat pasif dalam arti luas.

Saat membuat kalimat pasif, perlu diingat bahwa subjek pada kalimat aktif akan berubah menjadi objek pada kalimat pasif, begitu pula sebaliknya, objek pada kalimat aktif akan mengubah subjek pada kalimat pasif. Lihat contoh kalimat:

  • Pencuri itu mencuri mobil Rina. (pencuri mencuri mobil Rina)

suara aktif

  • Mobil Rina dicuri oleh pencuri. (Mobil Rina dicuri oleh pencuri)

kalimat pasif

Pencuri pada kalimat pertama berada di depan karena merupakan subjek, namun ketika diubah menjadi kalimat pasif, posisinya berubah menjadi objek dengan menambahkan artikel ‘oleh’. Dari kalimat di atas.

Anda juga bisa mengidentifikasi bahwa ada tambahan be dalam bentuk ‘ada’ pada kalimat pasif, padahal sebelumnya di kalimat aktif tidak ada. Untuk kejelasan, kalimat pasif dibagi menjadi beberapa bagian. Pada dasarnya semua bagian dari kalimat pasif itu sama, yang membedakan hanya kalimat yang digunakan:

Pasif Impersonal

Jenis kalimat pasif impersonal selalu dicirikan oleh kata kerja yang tidak dapat diprediksi seperti think, now, say. Contoh:

Saya mengatakan bahwa semua pria egois. (dikatakan bahwa semua pria egois)

“Buka pintunya!” Kata Rina. (Rina berkata untuk membuka pintu)

Jangan lupa, enting juga lho untuk memahami grammar bahasa Inggris >

Pasif Pribadi

Personal passive voice mengubah objek pada kalimat aktif menjadi subjek pada kalimat pasif. Artinya, setiap kata kerja yang membutuhkan objek bisa menjadi kalimat pasif pribadi. Contoh:

Saya menulis surat itu – Surat itu tertulis.

Kalimat Pasif dengan Dua Objek

  • Saat menghadapi kalimat dengan dua objek dan satu subjek, solusinya adalah dengan satu objek menjadi subjek dan objek lainnya tersisa. Lihat contoh:
  • Mereka menyanyikan sebuah lagu dengan keras (Subjek + Kata Kerja + Objek + Objek)
  • Sebuah lagu dinyanyikan dengan keras oleh mereka (Object + to be + Verb + Object + Subject)
  • Kalimat pasif dengan dua objek dalam kalimat, membuatnya tergantung pada Anda sebagai penulis, yang mana Anda ingin fokus pada kalimat pasif.

Apa Contoh Pertanyaan Passive Voice?

Hal ini dikarenakan banyaknya tenses yang digunakan dalam bahasa inggris, sehingga mempengaruhi bentuk kalimat saat kita menerjemahkannya. Tense ini kemudian mempengaruhi bentuk kalimat dari masa sekarang, masa lampau, dan masa depan sehingga ketika kita mencoba menerjemahkannya tidak akan memiliki arti yang sama.

Contoh Pertanyaan Suara Pasif

Smoothing English sangat penting untuk menambah wawasan tentang bahasa asing yang merupakan bahasa wajib di dunia internasional. Untuk lebih memahami tentang kalimat pasif, belajar dengan mempraktikkan soal adalah solusinya. Berikut beberapa contoh pertanyaan kalimat pasif yang bisa dipelajari:

  1. Henry menutup pintu.
  2. Saya telah mencuci pakaian.
  3. Mereka akan menerima hukuman.
  4. Dia menonton film.

 

Ini adalah latihan yang bagus untuk membantu kamu memahami bahasa Inggris dengan lebih baik. Karena pada dasarnya tidak ada yang sulit untuk dipelajari jika sudah memiliki keinginan atau motivasi untuk lebih maju. Kalimat pasif dapat dipelajari dengan lambat karena membutuhkan ketelitian yang tinggi untuk dapat mengidentifikasi jenis Passive Voice yang ada pada tes atau ujian bahasa Inggris.

Selamat berlatih dan belajar!


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: