Perlu Gak Sih Ikut Kursus untuk Mendapatkan Sertifikat Bahasa Inggris IELTS?

Bagi kamu yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri terutama benua Eropa, mungkin saat ini sedang mempersiapkan diri melengkapi salah satu persyaratan terpenting yaitu sertifikat bahasa Inggris IELTS (International English Language Testing System). IELTS merupakan tes berskala internasional yang mengukur kemampuan berbahasa Inggris kamu. Tes satu ini terkenal cukup sulit untuk ditaklukkan, oleh karena itu saat ini banyak lembaga bahasa Inggris yang menawarkan program kursus persiapan IELTS. Nah, apakah kursus ini benar-benar diperlukan? Yuk kita simak pembahasan di bawah ini.

Biaya yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikat bahasa Inggris IELTS

Biaya mengikuti tes untuk mendapatkan sertifikat bahasa Inggris IELTS ini bisa dibilang tidak murah, bahkan tes bahasa Inggris IELTS paling tinggi dibandingkan tes serupa lainnya seperti TOEFL. Saat ini kamu perlu menyiapkan sekitar $200 atau Rp2,9 juta untuk sekali tes. Mahalnya biaya sertifikat bahasa Inggris satu ini disebabkan beberapa hal.

Pertama adalah biaya pembuatan soal-soal tes yang selalu dikalibrasi agar tidak sama, karena dalam 1 tahun ada 48 kali penyelenggaraan tes. Kemudian biaya penilaian terutama untuk sesi writing dan speaking. Untuk memeriksa hasil writing, penguji harus membaca satu per satu tulisan tangan para peserta ujian. Sementara untuk menguji speaking, mereka juga harus mewawancarai dan merekam ucapan peserta satu per satu.

Biaya yang mahal ini menyebabkan calon mahasiswa mau tidak mau belajar keras untuk mendapatkan hasil yang memuaskan pada percobaan pertama. Karena jika gagal memenuhi skor minimum yang ditetapkan universitas, mau tidak mau peserta harus mengambil tes lagi atau mencari universitas lain yang menerapkan minimal skor lebih rendah.

Biaya yang diperlukan untuk mengikuti kursus IELTS

Dengan pertimbangan biaya tes yang mahal, biasanya calon mahasiswa memilih untuk memanfaatkan waktu persiapan dengan mengikuti kursus IELTS Preparation. Kursus ini banyak diselenggarakan oleh lembaga bahasa Inggris ternama di kota besar dengan biaya bervariasi, mulai dari Rp1 juta hingga Rp5 juta-an.

Mengikuti kursus sertifikat bahasa Inggris IELTS, seberapa perlu?

Mungkin bagi kamu yang sedang merencanakan kuliah ke luar negeri saat ini sedang mempertimbangkan perlu ikut kursus IELTS atau tidak. Nah, tanyakan dulu beberapa hal di bawah ini kepada diri sendiri untuk mengetahui jawabannya, ya.

1. Apakah kemampuan bahasa Inggris kamu sudah cukup baik?

Bagi kamu yang belum terlalu percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggris sendiri dan merasa membutuhkan bimbingan untuk setiap section yang akan diujikan di IELTS, sebaiknya memilih mengikuti kursus. Sebab, waktu yang kamu miliki dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya dari sumber berpengalaman. Namun jika kamu merasa hanya butuh sedikit tips dan trik dalam mengerjakan salah satu section yang kurang dikuasai, kamu bisa mencarinya dengan mudah di Youtube.

2. Apakah kamu memiliki waktu untuk mengikuti kursus?

Setiap tempat kursus memiliki program yang berbeda-beda. Ada yang berdurasi lebih dari 3 bulan untuk setiap levelnya, ada yang hanya berjalan selama 2 bulan, bahkan ada yang menawarkan kelas privat dengan masa belajar 1 minggu saja. Jadwal kursus juga berbeda-beda. Ada lembaga yang waktu kursusnya di hari kerja malam hari, akhir pekan saja, bahkan ada yang dilaksanakan setiap hari kerja secara intensif. Kamu bisa menghubungi setiap lembaga terdekat dari rumah atau kantor-mu untuk mengetahui jadwal serta kelas yang tersedia. Lalu, kamu bisa sesuaikan dengan jadwal dan waktu luang yang kamu miliki.

3. Apakah kamu memiliki waktu untuk belajar otodidak?

Jangan salah, sebagian orang justru merasa sulit jika harus mencari informasi sendiri dari berbagai sumber dan merasa hal tersebut membuang-buang waktu karena belum tentu efektif. Jika kamu hanya memiliki waktu sedikit untuk mempersiapkan diri sebelum tes dan merasa tidak bisa mengatur waktu untuk belajar sendiri, lebih baik mempertimbangkan mengikuti kursus intensif berdurasi singkat.

4. Apakah kamu memiliki bujet untuk mengikuti kursus?

Sekali lagi, setiap tempat kursus memiliki program yang berbeda-beda. Biasanya tiap lembaga mengadakan entry/placement test terlebih dahulu untuk mengetahui level kemampuan bahasa Inggris kamu. Semakin tinggi level, durasi yang diperlukan untuk belajar semakin singkat, oleh karena itu biayanya juga semakin murah. Ada juga tempat yang menawarkan kelas khusus privat dengan tutor dengan jam kursus fleksibel, yang biasanya mematok biaya lebih mahal dari tempat lain.

Kelebihan yang didapatkan dengan mengikuti kursus IELTS

Tempat kursus persiapan sertifikasi bahasa Inggris IELTS pasti memiliki tutor atau pengajar yang berpengalaman menaklukkan soal-soal tes. Mereka dapat mengajarkan kamu tips dan trik menjawab setiap section tes IELTS. Biasanya informasi seperti ini tidak tersurat dalam buku soal, dan harus kamu cari tahu sendiri melalui blog, vlog, atau pengalaman orang yang sudah pernah mengikuti tes yang sama. Selain itu, tempat kursus umumnya mengadakan prediction atau simulation test yang bisa membantu kamu mempersiapkan diri sebelum menghadapi ujian sebenarnya. Kamu akan dikondisikan mengerjakan ujian sesuai format dan durasi ujian asli. Kursus sangat cocok bagi kamu yang merasa belum cukup mahir berbahasa Inggris dan belum cukup memiliki pengetahuan dasar mengenai IELTS.

Kelebihan yang didapatkan dengan belajar IELTS sendiri

Selain tentunya kamu bisa banyak berhemat, belajar secara otodidak membebaskan kamu dari keharusan mengikuti jadwal kursus yang mungkin saja kurang cocok dengan jadwal kantormu, belum lagi biaya dan tenaga tambahan yang harus dikeluarkan untuk mencapai tempat kursus. Kamu juga bisa menyesuaikan materi yang ingin didalami tergantung dari kemampuanmu. Misalnya, jika kamu merasa sudah cukup menguasai section reading namun sangat kurang di bagian writing, kamu bisa langsung mempelajari tips dan trik menaklukkan tes menulis IELTS dari Youtube atau artikel di internet untuk menghemat waktu.

Perlu atau tidaknya kursus untuk mendapatkan sertifikat bahasa Inggris IELTS tergantung dirimu

Jadi, perlu tidaknya mengikuti kursus untuk mendapatkan sertifikat bahasa Inggris tergantung dari kebutuhan dan kemampuanmu. Yang terpenting, maksimalkan waktu yang ada untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya  mengenai format ujian IELTS dan jangan lupa banyak berlatih mengerjakan soal simulasi, ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: