Jangan Berkecil Hati, Ini Buku Persiapan IELTS untuk Pemula!

Tahap awal memang selalu menjadi tahapan yang paling sulit, begitu juga dalam persiapan IELTS untuk pemula. Tapi jangan berkecil hati! Sebab, Edu2Review akan merekomendasikan sejumlah buku persiapan IELTS yang cocok untuk dipelajari pemula. Tahapan ini pun bisa menjadi langkah yang besar untukmu mencapai tujuan yang kamu mau: mendapatkan skor IELTS tinggi!

Di era teknologi seperti saat ini, mungkin hampir sebagian besar orang mengesampingkan peran buku sebagai media belajar. Padahal belajar melalui buku tak selalu membosankan. Apalagi dibandingkan internet, isi buku bisa dibilang jauh lebih lengkap dan spesifik untuk menambah wawasan. Bahkan tak jarang, belajar dan berlatih melalui buku bisa memberikan hasil lebih baik.

Termasuk dalam mempelajari IELTS. Jika kamu baru mau mulai mempelajarinya, kamu tak perlu mencari cara yang sulit. Cukup dengan menemukan buku yang tepat, maka kemampuanmu pun bisa berkembang dengan pesat. Yuk, catat daftar buku persiapan IELTS untuk pemula di bawah ini!

Apa yang perlu diketahui oleh kamu yang baru mulai mempelajari IELTS?

IELTS merupakan salah satu tes kemampuan bahasa Inggris yang paling sulit, sehingga kamu calon peserta tes pun harus siap meluangkan waktu dan menemukan metode belajar yang paling efektif. Di tengah banyaknya buku persiapan IELTS yang ada di pasaran, cara terbaik untuk menemukan buku yang paling sesuai dan relevan dengan tingkat kemampuanmu adalah menggunakan sumber buku yang resmi dari luar negeri.

Tapi pertama-tama, baca materi yang paling dasar terlebih dahulu tentang IELTS, dan pastikan untuk menetapkan targetmu. Jika mau menargetkan skor IELTS yang besar, maka kamu harus memilih buku dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Untuk memiliki fondasi bahasa Inggris yang kuat kemudian menaklukan skor IELTS yang tinggi, kamu bisa mulai dengan buku persiapan IELTS untuk pemula. Sekali lagi, kamu harus mampu menilai kemampuanmu sendiri. Sebab dengan begitu, kamu akan semakin mudah dalam memilih metode pembelajaran yang tepat, sehingga hasil yang didapatkan nantinya pun memuaskan.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Dalam Persiapan Tes IELTS

article 1.1Untuk hasil IELTS yang maksimal, kamu perlu menentukan strategi pembelajaran jangka panjang

  1. Cambridge IELTS volume 1 – 13

Ini merupakan 13 koleksi buku yang diterbitkan oleh Cambridge Examination Publishing, sehingga kamu bisa belajar dengan efektif karena mendapatkan pengalaman yang sama seperti tes IELTS sedang berlangsung. Hampir semua peserta yang menggunakan buku ini untuk latihan mengatakan bahwa buku volume 7 – 13 sangat cocok dengan modul ujian IELTS saat ini.

article 1.2.jpg

  1. Focus on Academic Skills for IELTS

Sesuai dengan judulnya, buku yang diterbitkan tahun 2010 ini lebih terfokus pada kemampuan akademik peserta saat ujian IELTS. Terdapat latihan intensif yang mencakup keempat keterampilan dalam IELTS, khususnya untuk keterampilan membaca dan menulis. Buku ini mampu menambah dan meningkatkan kosakata akademik yang akan dibutuhkan saat ujian. Metode penilaian mandiri yang terdapat di sini juga membantumu menilai kemampuanmu sendiri, sesuai dengan hasil latihan yang telah dikerjakan.

article 1.3

  1. Cambridge Grammar/ Vocabulary for IELTS

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Grammar for IELTS dan Vocabulary for IELTS yang diterbitkan oleh Cambridge merupakan kunci dalam latihan persiapan ujian IELTS. Cambridge Grammar for IELTS berisi tentang grammar bahasa Inggris yang sering digunakan dalam ujian, sehingga peserta pun nantinya sudah tahu apa yang harus dikerjakan.

Sedangkan Cambridge Vocabulary for IELTS, sangat kamu butuhkan untuk pembelajaran yang tepat tentang kosakata. Pelajaran dalam buku ini dibagi berdasarkan topik sehingga kamu bisa lebih mudah mencernanya. Kosakata yang disediakan juga tepat untuk digunakan dalam setiap konteks kalimat.

article 1.4

  1. Improve Your IELTS Reading/ Writing/ Listening & Speaking Skills

Improve Your IELTS terdiri dari 3 set buku yang ditulis oleh Barry Cusack Sam McCarter. Buku ini bukan hanya ditujukan untuk peserta ujian dan mempelajarinya sendiri, melainkan juga untuk kamu yang mau mengajar IELTS. Menariknya lagi, ketiga buku ini memberikan penjelasan langkah demi langkah di setiap topik hingga bisa membantumu untuk mencapai skor 7.0 atau bahkan di atasnya.  

article 1.5

  1. English Pronunciation/ English Grammar/ English Vocabulary in Use

Dalam buku English Pronunciation, terdapat beberapa contoh suara yang bisa dipraktekkan secara bertahap. Buku ini akan menjelaskan juga cara membaca, memandu pelafalan dengan menggunakan contoh suara tersebut, dan latihan-latihan yang akan menyempurnakan tes berbicara nanti.

Buku English Grammar memberikanmu penjelasan tentang grammar bahasa Inggris dasar secara ilmiah, sehingga peserta pun bisa lebih mudah dalam mencerna pengetahuan dalam buku.

Buku English Vocabulary bisa dibilang sangat baik untuk membantumu mempelajari kosakata populer bahasa Inggris dengan efektif, cepat, sehingga membantumu dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Buku ini juga akan memandumu untuk mempelajari kosakata dan menerapkannya dalam percakapan.

article 1.6

  1. Get Ready For IELTS Speaking / Reading / Writing

Dibandingkan dengan Cambridge, buku Get Ready For IELTS terbilang cukup baru dan lebih mudah, sangat cocok untuk kamu para pemula. Buku ini terfokus pada empat keterampilan IELTS, dan berisi 12 pelajaran yang dijelaskan secara cermat, dengan contoh yang sangat jelas.

Selain itu, setiap pelajaran memiliki grammar dan kosakata akademik tambahan yang membantu para pemula dengan mudah mengakses dan berlatih IELTS. Buku ini juga diperbarui dengan bacaan yang bisa digunakan untuk berlatih.  

article 1.7

Dengan sejumlah buku persiapan IELTS untuk pemula di atas, kamu bisa mulai mengatur dan merencanakan jadwal latihan mulai dari sekarang. Tak perlu terburu-buru, yang terpenting kamu merasakan adanya kemajuan setelah membaca dan berlatih dari buku-buku di atas. Selamat belajar dengan lebih efektif!

Untuk meningkatkan skill IELTS mu, kunjungi 15 Situs Terbaik berikut untuk Belajar IELTS secara online

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: