4 Persiapan Wajib Sebelum Menjalani Tes IELTS

Apabila kamu berencana untuk mengambil sertifikat bahasa Inggris IELTS, baik itu untuk keperluan studi, pekerjaan, maupun imigrasi, dan lain-lain, maka kamu harus mempersiapkan diri dengan matang sebelum mengikuti tes.

Sebab, tak sedikit peserta tes IELTS yang mendapatkan nilai rendah karena mereka tak mengenal betul apa yang akan dikerjakannya.

Jangan sampai kamu tak memahami seperti apa struktur tes IELTS tersebut, seperti apa pembagian waktunya, dan segala hal yang akan kamu hadapi ketika tes.

Maka dari itu, di sini Edu2Review akan membahas persiapan tes IELTS yang sebaiknya kamu lakukan sbelum benar-benar melaksanakan tes yang sebenarnya.

Yuk, simak bersama-sama!

Ketahui detail mengenai bagaimana tes IELTS akan berjalan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam persiapan tes IELS  adalah mengetahui secara mendalam seputar IELTS. Hal esensial yang wajib diketahui antara lain:

  • IELTS memiliki tiga versi tes yang berbeda-beda, yaitu Academic, General Training, dan UKVI atau Life Skill
  • Tes Academic ditujukan untuk calon mahasiswa yang mau mendaftar di universitas
  • General Training dimaksudkan untuk tujuan profesional, misalnya seperti visa pekerja
  • UKVI atau Life Skill ditujukan untuk mereka yang mau mendapatkan izin tinggal di Inggris
  • Dalam seluruh jenis tes IELTS, terdapat 4 kompetensi yang akan diuji yaitu  mendengar, membaca, menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris
  • Tes listening IELTS alias tes mendengarkan  terdiri dari 40 soal untuk dikerjakan selama 30 menit 
  • Tes reading IELTS alias tes membaca  terdiri dari 40 soal untuk dikerjakan selama 30 menit 
  • Tes writing IELTS atau tes menulis, terdiri dari 2 jenis tugas yang dikerjakan dalam waktu 60 menit
  • Tes speaking IELTS atau tes berbicara, berlangsung selama 15 menit yang terdiri dari perkenalan, presentasi topik, dan diskusi.

Latihan secara intensif  sejak kamu mendaftar hingga seminggu sebelum ujian berlangsung

Memahami bagaimana tes berjalan tentu saja tak akan cukup untuk persiapan tes IELTS. Kamu juga harus berlatih secara rutin untuk benar-benar terbiasa dan tahu dimana kekuranganmu.

Paling tidak, latihan harus dilakukan sejak kamu mendaftar untuk tes IELTS hingga seminggu sebelum tes tersebut berlangsung. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berlatih secara intensif. Baik itu melalui kursus di tempat les bahasa Inggris, atau belajar secara mandiri.

Jika kamu memilih untuk belajar secara mandiri, bisa melalui situs online yang menyediakan modul pelatihan gratis, channel YouTube, atau melalui buku IELTS yang memberikan latihan tes menyeluruh. 

Namun idealnya untuk kamu para calon peserta yang hendak belajar secara mandiri, gunakan buku IELTS seperti buku The Cambridge yang menyediakan contoh soal tes IELTS tahun-tahun sebelumnya. 

Dengan begitu, kamu bisa punya gambaran penuh akan tes yang akan dihadapi nantinya.

Kamu pun bisa mengetahui bagian mana yang masih menjadi kelemahanmu, sehingga bisa memperbaiki diri sampai hasil yang didapatkan maksimal. 

*Penting untuk diketahui

Pastikan untuk menyingkirkan barang elektronik ketika latihan. Sebab, pada tes asli nanti, kamu tak diperbolehkan untuk membawa gadget.

Berlatih dari jauh-jauh hari tanpa ada distraksi sedikitpun. Buat suasana latihan seakan-akan kamu sedang berada dalam tes sebenarnya. 

Sedangkan untuk berlatih sesi berbicara, ajak satu orang teman atau anggota keluarga untuk memberikan pertanyaan padamu.

Buat target skor yang ingin dicapai dan strategi dalam mencapainya

Mengingat untuk mengikuti tes bahasa Inggris IELTS butuh biaya yang tidak sedikit, tentu kamu tak mau kan menghasilkan skor yang buruk?

Apalagi untuk beberapa tujuan, misalnya seperti untuk melanjutkan studi, ada standar skor minimal yang harus dicapai.

Maka dari itu, kamu harus menargetkan berapa skor yang mau kamu capai. Baik itu skor secara keseluruhan, maupun skor dari masing-masing bagian tes. 

Bagaimana cara mengetahui berapa skor yang seharusnya didapatkan?

Kamu bisa melihat dari alasanmu terlebih dahulu. Untuk apa kamu mengikuti sertifikasi bahasa Inggris IELTS?

Jika alasanmu adalah untuk melanjutkan studi, cek situs universitas yang ingin dituju. Biasanya mereka akan memberikan informasi soal kualifikasi skor IELTS yang harus dicapai oleh para calon mahasiswa.

Begitu juga untuk urusan pekerjaan atau imigrasi, pergi ke situs pemerintah atau perusahaan setempat dan mereka juga akan memberikan informasi tentang skor IELTS minimal yang harus dicapai.

Setelah mengetahui target skor keseluruhan, kamu bisa membuat strategi untuk mencapai skor tersebut.

Misalnya target skor keseluruhan adalah 7. Kamu lemah dalam menulis dan unggul dalam membaca, artinya kamu bisa menargetkan skor 6 pada sesi membaca, skor 8 pada sesi menulis, dan skor 7 pada sesi mendengarkan dan berbicara.

Apabila tak ada skor spesifik yang dituju, maka maksimalkan pada hal yang paling kamu kuasai, dan cukup kerjakan dengan rata-rata sesi yang menjadi kelemahanmu.

Persiapkan mental

Siapapun itu, terutama non penutur asli akan terkuras energi dan pikirannya ketika mempersiapkan tes IELTS.

Untuk itu, bukan hanya pengetahuan seputar IELTS saja yang harus disiapkan, tapi juga mental. 

Seperti membuat target skor dan strategi untuk mencapainya, butuh manajemen yang tepat dalam melakukannya.

Sebab, tes seperti IELTS bukan hanya tentang pengetahuan seputar tes itu, namun juga tentang bagaimana kamu mempersiapkannya, bagaimana kamu bisa fokus untuk mencapai target, bagaimana kamu bisa melakukan apa yang harus dilakukan.

Bisa karena terbiasa, buat mentalmu terbiasa akan bahasa Inggris dengan melakukan semuanya dengan bahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari. 

Di malam sebelum ujian berlangsung, jangan belajar ataupun berlatih lagi. Lakukan hal-hal yang menyenangkan sehingga otak dan tubuh menjadi rileks.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: