Contoh Pidato Bahasa Inggris Singkat Tema Pendidikan untuk Anak Sekolah

pidato singkat bahasa inggris anak sekolah

Dalam belajar Bahasa Inggris, kamu juga harus menguasai empat kemampuan, salah satunya speaking. Cara belajar Bahasa Inggris juga beragam, kamu bisa mulai menulis kosa kata, membuat kalimat hingga belajar membacakan pidato dalam Bahasa Inggris.

Kamu pasti pernah diberikan tugas membuat pidato Bahasa Inggris singkat oleh guru? Karena pidato salah satu metode belajar speaking yang efektif. Tidak hanya speaking tetapi juga kemampuan lainnya seperti reading, dan writing.

Pidato Bahasa inggris pada dasarnya sama dengan pidato dalam Bahasa Indonesia, yang membedakan hanyalah bahasa yang digunakan. Mulai dari topik, jenis dan struktur cenderung sama. Kamu dapat memilih tema apapun misalnya pidato Bahasa Inggris singkat tentang Pendidikan.

Apa itu pidato? 

Menurut kamus Bahasa Indonesia, definisi pidato adalah suatu pengungkapan pikiran dalam bentuk rangkaian kata-kata yang akan ditujukkan ke khalayak ramai dan disiapkan untuk diucapkan di depan umum.

Sesuai dengan definisinya, pidato mengungkapkan pikiran, ide, serta gagasan yang akan ditujukkan pada banyak orang dan memiliki tujuan tertentu. Dalam berpidato, kamu harus bisa menguasai bahasa lisan dengan benar dan baik bahkan wajib percaya diri.

Temui materi bahasa Inggris untuk anak sekolah lainnya, mulai dari bahasa Inggris SD, bahasa Inggris SMP, hingga bahasa Inggris SMA!

Struktur penulisan pidato Bahasa Inggris 

Setiap bentuk teks di dalam Bahasa inggris sudah ditentukan formatnya. Setiap teks memiliki struktur yang berbeda-beda. Jadi, ada lima elemen yang harus diperhatikan dalam penulisan pidato Bahasa inggris.

  1. Pendahuluan (Introduction)

Meskipun kamu membuat pidato Bahasa inggris singkat, juga tetap harus didahului dengan introduction atau pendahuluan. Pada bagian ini, kamu harus memperkenalkan diri dan topik yang dibahas.

  1. Isi atau pesan (Body)

Isi pidato adalah inti dari pidato Bahasa Inggris. Kamu akan menyampaikan semua pembahasan terkait topik tersebut.

  1. Kesimpulan (conclusion)

Ini merupakan bagian yang terakhir dalam penulisan pidato singkat Bahasa Inggris. Pada bagian kesimpulan berisi bagaimana cara mengatasi masalah, solusi, dan upaya yang sedang disampaikan. Selain itu, juga terdapat kata-kata penutup seperti terima kasih dan mohon maaf.

Selain pidato, pelajari juga materi bahasa Inggris lainnya yang sering muncul di sekolah, misalnya seperti nama-nama hari dalam bahasa Inggris atau contoh percakapan bahasa Inggris sehari-hari!

Contoh pidato Bahasa Inggris singkat tentang pendidikan

Berikut contoh pidato Bahasa inggris dengan tema pentingnya menuntut ilmu beserta artinya:

Introduction 

Good morning, Ladies and gentlemen.

First, let us pray and give thanks to Allah. SWT, because of His pleasure and blessings, we can all meet in this place. It is such a great honour to stand here in front of all you to give a speech “the importance of seeking knowledge.

Furthermore, I would like to say thank you for the opportunity that was given to me.

Pendahuluan 

Selamat pagi, Tuan dan Nyonya.

Pertama, mari kita berdoa dan bersyukur kepada Allah. SWT, karena atas izin dan ridho-Nya, kita semua dapat bertemu di tempat ini. Merupakan suatu kehormatan besar untuk berdiri di sini di depan Anda semua untuk memberikan pidato “pentingnya mencari ilmu.

Selanjutnya, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya.

Body

Education has an important role to develop our personality. It decides and shapes what we think or see in life. It also helps us to solve our problems or obstacles in a good way. As Francis Bacon said, knowledge is a power.

Especially in Islam, we are required to seek knowledge and practice it. The obligation to seek knowledge has existed since the time of the Prophet and Allah has promised, for his servants who seek knowledge in His way, Allah will increase their level.

The most important thing you need to know, being well educated does not only mean you have to obtain a certificate or a good salary. But it helps us to determine whether something is good or bad for other people related to us.

You should know seeking knowledge can be seen as a passport to get a better future. Finding knowledge is considered a lifelong learning process. So, there is no excuse to stop seeking knowledge.

Isi pesan 

Pendidikan memiliki peran penting untuk mengembangkan kepribadian kita. Itu memutuskan dan membentuk apa yang kita pikirkan atau lihat dalam hidup. Ini juga membantu kita untuk memecahkan masalah atau hambatan kita dengan cara yang baik.

Apalagi dalam Islam, kita dituntut untuk menuntut ilmu dan mengamalkannya. Karena dengan bekal ilmu, kita bisa menjalankan hidup dengan sangat mudah. Kewajiban menuntut ilmu sudah ada sejak zaman Nabi dan Allah telah berjanji, bagi hambanya yang menuntut ilmu di jalan-Nya, Allah akan meninggikan derajatnya.

Hal terpenting yang perlu Anda ketahui, menjadi orang yang berpendidikan tidak hanya tentang harus mendapatkan sertifikat atau gaji yang baik. Tapi itu harus membantu kita untuk menentukan apakah sesuatu itu baik atau buruk bagi orang lain yang berhubungan dengan kita.

Anda harus tahu bahwa mencari ilmu dapat dilihat sebagai paspor untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.Mencari pengetahuan dianggap sebagai proses belajar sepanjang hayat. Jadi, tidak ada alasan untuk berhenti mencari ilmu.

Closing

Ladies and gentlemen, to end this speech today. I would like to give the quotation by Benjamin Franklin “an investment in knowledge pays the best interest”.

Hopefully what I say can be useful and beneficial for all of us. Thank you so much.

Penutupan

Hadirin sekalian, untuk mengakhiri pidato hari ini. Saya ingin memberikan kutipan yang dikatakan oleh Benjamin Franklin “investasi dalam pengetahuan membayar bunga terbaik”.

Semoga apa yang disampaikan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih banyak.

Demikianlah struktur dan cara membuat pidato Bahasa Inggris singkat tentang Pendidikan. Kamu harus memperhatikan strukturnya agar bisa menyusun pidato dengan baik. Di samping itu, pada saat penyampaian pidato harus percaya diri, lugas dan bermanfaat bagi para audiens.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


%d bloggers like this: