8 Rahasia Sukses IELTS oleh Mr. Simon!

Seperti yang kalian tahu, Mr. Simon adalah pakar IELTS yang bertahun-tahun mendalami bidang ini. Apa rahasia sukses IELTS menurut Mr. Simon? Simak artikel Edu2Review berikut!

  1. Tentukan metode belajar IELTS yang diinginkan

Ketika kalian ingin mengasah skill dalam IELTS, tentukan metode yang kamu anggap efektif. Misalnya kamu ingin berlatih mengasah skill menulis, tulislah dengan metode yang dianggap nyaman, seperti menulis dengan metode per bagian, bukan menulis satu artikel penuh apabila kamu kurang menguasainya.

Begitu juga dengan skill membaca. Jika kamu kurang bisa menemukan maksud dari paragraf yang dibaca, temukan kata kunci yang dimaksud agar lebih paham maksud artikel tersebut.

article 14.1Metode yang tepat akan membantu Anda mempelajari IELTS secara efektif

  1. Pelan tapi pasti

Jangan takut apabila progress belajar IELTS kamu lambat. Tidak ada proses belajar yang instan. Yang penting belajar dengan cara yang paling disukai, dan catat setiap perkembanganmu. Niscaya skor IELTS yang diinginkan akan menjadi kenyataan.

  1. Perbanyak persiapan

Bagi sebagian orang,  melakukan tes pra IELTS secara berulang menjadi satu cara untuk mengasah skill, padahal ini kurang efektif. Perbanyak latihan seperti membaca kamus, pengetahuan tentang kosakata, grammar, sebelum melakukan tes. Ini akan membantuMU memperdalam wawasan tentang IELTS.

article 14.2Mr. Simon sedang membimbing siswa untuk persiapan tes IELTS

  1. Pelajari cara penerapan kata

Tujuan utama dalam IELTS adalah tahu cara penerapan kata yang benar. Pahami struktur kata dan kalimat, sehingga kamu tahu penempatan kata yang baik dan sesuai kaidah bahasa.

  1. Belajar dari Kesalahan

Catat dan ingat kesalahan yang sering ditemui, dan dihindari. Itulah cara untuk meningkatkan skor IELTS-mu. Jika melakukan  kesalahan, cari tahu mengapa itu salah.

Misalnya ada kesalahan dalam tes mendengarkan dan membaca, garis bawahi kesalahanmu dan cari jawaban benar, lalu bandingkan dengan cermat. Ini menjadi cara terbaik untuk meningkatkan tata bahasa dan keterampilan menulis, karena kamu tahu letak kesalahanmu dan tidak mengulanginya lagi.

  1. Hindari Penggunaan Kata dan Struktur Kalimat yang Rumit

Banyak orang berpikir bahwa menggunakan kosakata dan struktur kalimat yang sulit akan membantu meningkatkan skor. Namun, menurut pengalaman  Mr. Simon, menggunakan cara itu hanya akan membuat tutur bahasamu kurang alami dan terdengar asing bagi penutur asli. Apa jawaban untuk masalah ini? Lihat tips 7.

article 14.3Kata-kata yang sulit dan struktur gramatikal yang kompleks dapat membuat tulisan Anda menjadi tidak alami

  1. Berfokus kepada Jawaban Pertanyaan

Untuk menyelesaikan masalah diatas, fokuslah kepada jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan ketimbang memilih menggunakan struktur kalimat rumit.

  1. Perhatikan Penggunaan Kosa Kata Spesifik

Gunakanlah kosakata spesifik dan ditujukan ke topik  tertentu. Misalnya kosakata kedokteran di pertanyaan artikel kedokteran, kosakata otomotif di pertanyaan artikel otomotif, akan meningkatkan skor ketimbang hanya menggunakan kosakata umum.

* Keputusan yang salah akan membuat hasil IELTS buruk. Kunjungi Edu2Review untuk mendapatkan rahasia sukses IELTS lainnya!

Untuk IELTS pemula, bacalah beberapa fakta seputar IELTS yang perlu kamu ketahui dan hal yang harus dilakukan dalam persiapan Tes IELTS

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: